Afandi, Samsul (2012) إعداد الكتاب التعليمي لترقية مهارتي الاستماع والكلام: بحث تجريبي بمدرسة بني هاشم سينجاساري مالانج, جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10720070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penyusunan buku ajar merupakan suatu upaya untuk memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar bagi peserta didik maupun bagi guru, untuk memperbaiki variasi pembelajaran, serta untuk mewujudkan tujuan pembelajaran. Pembelajaran bahasa Arab akan menjadi lebih baik, ketika buku ajar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa, dapat memompa motivasi, rasa senang dan minat siswa dalam belajar. Karena itu, penyusunan buku ajar "Arabiyati al-jamiilah" bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan menyenangkan, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, dan untuk meningkatkan keterampilan siswa baik mendengar maupun berbicara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Adapun prosedur pengembangan dalam penelitian ini secara umum terbagi menjadi tiga tahap, yaitu mendesain buku ajar, tahap validasi ahli (ahli isi dan ahli desain) dan uji lapangan.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkanbuku materi ajar untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara bagi siswa SD Bani Hasyim dan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan buku ajar untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara bagi siswa SD Bani Hasyim kelas empat Singosari Malang Jawa Timur.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk buku ajar keterampilan mendengar dan berbicara yang terdiri dari halaman sampul, pendahuluan, petunjuk penggunaan buku, daftar isi, enam materi-materi pelajaran (perkenala 1, perkenalan 2, peralatan sekolah, teknologi, profesi, anggota tubuh), dan daftar pustaka. Penggunaan buku ajar "Arabiyati al-Jamiilah" terdapat pengaruh yang signifikan (efektif) bagi peningkatan keterampilan mendengar dan berbicara. Hal ini dapat diketahui pada hasil uji to; untuk hasil keterampilan mendengar adalah 3,45 dan hasil keterampilan berbicara adalah 2,88. Hasil ini lebih besar dari harga t pada ts0,05 = 2,09 dan harga t pada ts0,01 = 2,84. Dari keterangan ini diketahui bahwa penggunaan buku tersebut mempunyai pengaruh terhadap peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara siswa.
ABSTRACT
Writing of textbooks is an attempt to facititate teaching and learning for students and teachers, to improve the variety of learning and to realize the goal of learning. Learning Arabic will be better, when the textbooks are used in accordance with the needs of students, because it can improve the motivation, the feeling of pleasure and students interest in learning. Therefore, the making of textbooks "Arabiyati al-jamiilah" aims to develop good learning and fun, to achieve the intended purpose, and to improve the skills of the students, either listening or speaking.
This study uses qualitative and quantitative approaches and the method used is experimental method. The development procedure in this study is generally divided into three stages, namely textbook design, expert validation phase (content experts and design experts) and field tests.
The purpose of this research is to produce a textbook to improve listening and speaking skills of elementary school students of Bani Hasyim and to determine the effectiveness of using the textbook to enhance the listening and speaking skills of the students.
The results of this study were: 1) Listening and Speaking skills textbook that comprised of a cover page, introduction, instructions for using the book, table of contents, six learning materials (First introduction, Second introduction, school equipment, technology, profession, body parts ), and a bibliography. The use of the textbook "Arabiyati al-Jamiilah" has a significant effect (effective) to improve the listening and speaking skills. This can be seen on the t-test : the skills of listening is 3.45 and the is 2.88. These results are greater than tat ts0.05 = 2.09 and tat ts0.01= 2.84 . From this information it is known that the use of the book can improve the students' listening and speaking skills.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الكتاب التعليمي; مهارتي الاستماع والكلام; مدرسة بني هاشم; Textbook; listening; Speaking Skills; Bani Hasyim School; Buku Ajar; Keterampilan mendengar; Berbicara; SD Bani Hasyim | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:28 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:16 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8011 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |