تعليم مهارة الكلام بنموذج برنامج التلفاز: "بوكان اومفات ماتا" دراسة تجريبية في المدرسة الإسلامية الحكومية بلانجفيدي جنوب غرب أتشية

Armawi, Sullati (2012) تعليم مهارة الكلام بنموذج برنامج التلفاز: "بوكان اومفات ماتا" دراسة تجريبية في المدرسة الإسلامية الحكومية بلانجفيدي جنوب غرب أتشية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10720033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Salah satu ketrampilan dalam berbahasa yang harus dimiliki siswa madrasah islamiyah adalah berbicara bahasa arab. Kita mengetahui bahwa ketrampilan berbicara itu merupakan hal yang sangat urgen dalam mempelajari bahasa. Dan juga ketrampilan berbicara itu merupakan bagian yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran. Karena berbicara adalah aspek pertama yang dilihat ketika seseorang belajar bahasa.

Strategi talkshow Bukan Empat Mata merupakan salah satu strategi yang mana banyak melakukan praktek-praktek dan latihan-latihan dalam berbahasa baik dalam bentuk dialog, percakapan dan lain sebagainya yang diharapkan siswa bisa berbicara seperti pemilik bahasa itu sendiri.

Madrasah Aliyah Negeri Blangpidie Aceh Barat Daya sebagai salah satu tempat untuk pembelajaran bahasa arab yang mana di madrasah ini di galakkan pengembangan kebahasaan dengan mengacu kepada empat ketrampilan : istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah. Mayoritas siswa dimadrasah itu memahami bahasa arab hanya dengan istima’,qiro’ah, dan kitabah saja.

Akan tetapi lemah dalam berbicara bahasa arab. Melihat fenomena tersebut, maka peneliti ingin menerapkan strategi talkshow Bukan Empat mata untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab mereka.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan strategi Bukan Empat mata terhadap siswa MAN Blangpidie Aceh Barat Daya? (2) Sejauhmana pengaruh pengajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan strategi Bukan Empat mata terhadap pengucapan bunyi bahasa arab? (3) Sejauhmana pengaruh pengajaran ketrampilan berbicara dengan menggunakan strategi Bukan Empat mata terhadap penggunaan kosakata bahasa arab ?

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi talkshow bukan empat mata dalam pembelajaran ketrampilan berbicara, selanjutnya untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan strategi talkshow bukan empat mata dalam pembelajaran ketrampilan berbicara dari segi pengucapan bunyi dan penggunaan kosakata.

Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti didalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang melakukan uji coba keberhasilan dalam bidang kalam dengan strategi yang dimaksud. Populasi dari penelitian ini meliputi para siswa kelas XI di MAN Blangpidie Aceh Barat Daya Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun instrument penelitian adalah wawancara, angket, observasi dan tes.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwasanya penerapan strategi talkshow bukan empat mata dalam pembelajaran kalam mempunyai nilai, yang menerapkan strategi talkshow bukan empat mata menghasilkan nilai rata-rata yang baik dan tingkat keberhasilannya menempati angka signifikan.

Adapun kelas yang tidak menerapkan strategi talkshow bukan empat mata atau kelas control hanya menghasilkan nilai rata-rata cukup.

ABSTRACT

Speaking is one skill of skills in language. In Arabic, speaking is categorized in skill which is easy. But, almost of students Islamic in Indonesia can’t be speaking Arabic well. Actually, we need such of practices and applied the dialogue with others.

The Bukan Empat mata Talkshow strategy is one of strategies that contain more actions and practice in terms of dialogue, conversation, etc, in order to make students are able to speak as well as native speaker.

Islamic Senior High School Blangpidie south west aceh applies Islamic Senior School curriculum determined by Department of Religion Indonesia. Most of students in this school recognize how to listen, read, and write Arabic language.

Nevertheless, based on the explore done by researcher they can not speak Arabic language, pupils realize the meaning of what they have or they have written, but after speaking Arabic they can not speak using Arabic communicatively.

Problem statement in this research were: (1) How is the learning of speaking skill by using Bukan Empat mata Talkshow strategy toward MAN Blangpidie south west aceh ? (2) How does the learning of speaking skill by using Bukan Empat mata Talkshow strategy Influences the students in Pronouncing Arabic ? (3) How does the learning of speaking skill by using Bukan Empat mata Talkshow strategy Influences the students in using Arabic Vocabulary?

The functions of this kind research is to produce some knowledge about Bukan Empat Mata strategy activity in the speaking learning and also it can produce some knowledge about successfulness level in the Bukan Empat mata Talkshow Strategy in the developing of the composition skill in the Islamic Senior High School of Blangpidie south west aceh.

The research which is used to analyses is quantitative research which cover student’s worksheet in the speaking learning by Bukan Empat mata Talkshow Strategy, while the research design is experiment research which is done by trying and quality of the composition with this kind of strategy. Subject of this research was students of class XI of MAN Blangpidie south west aceh in academic year 2011/2012. Instruments for this research were interview schedule, questioner, observation and test.

The result which was got from this kind of research is that application of the Bukan Empat Mata Talkshow Strategy in the speaking skill has effective value and the successfulness level, and it takes place in the significant rate. The class which is applied Bukan Empat Mata Talkshow Strategy is better than another class which is not applied Bukan Empat Mata Talkshow Strategy.

It can be proved that be class which used Bukan Empat Mata Talkshow Strategy the score on the average standard, and the class which is without any control just get the score in the average or under average.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis and Baa Bakar Mushthofa, Qoribullah
Keywords: مهارة الكلام; التعليم; بنموذج برنامج التلفاز Bukan Empat Mata; Speaking skill; learning; Bukan Empat Mata Talkshow Strategy; Ketrampilan Berbicara; Pembelajaran; Strategi Talkshow Bukan Empat Mata
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Muhammad Syahriel
Date Deposited: 02 Sep 2017 06:20
Last Modified: 02 Sep 2017 06:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7968

Actions (login required)

View Item View Item