Ichwanti, Diba Aldillah (2014) Studi komparatif pemikiran pendidikan K.H Ahmad Dahlan dan K.H Hasyim Asy’ari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11770005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Komparatif adalah berkenaan atau berdasarkan perbandingan. Pemikiran adalah proses mencari makna serta usaha mencapai keputusan yang wajar. Sedangkan pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman. Seperti kita ketahui bersama bahwa KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari adalah dua tokoh besar yang mempunyai pengaruh yang cukup besar di Indonesia. Keduanya juga memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang studi komparatif pemikiran pendidikan KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari, dan juga untuk mendeskripsikan kendala yang mungkin akan dihadapi. Dengan sub fokus mencakup: (1)pemikiran pendidikan KH. Ahmad Dahlan, (2)pemikiran pendidikan KH. Hasyim Asy’ari, dan (3)komparasi pemikiran keduanya dalam bidang pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber-sumber kepustakaan yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu orientasi, eksplorasi, dan tahap penelitian terfokus. Teknik analisis data meliputi menentukan tema atau pola tertentu, mencari hubungan logis antar pemikiran sang tokoh dalam berbagai bidang sehingga dapat ditemukan alasan mengenai pemikiran tersebut, mengklasifikasikan, mencari generalisasi gagasan yang spesifik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)KH. Ahmad Dahlan mencoba membuat terobosan baru dengan membuat sekolah yang mengintegrasikan antara pelajaran agama dan pelajaran umum sekaligus, sehingga diharapkan dapat menjadi “ulama yang intelek dan intelek yang ulama”. (2)KH. Hasyim Asy’ari mendirikan pondok pesantren dan mengasuhnya sendiri, juga memberikan pelajaran umum seperti matematika, ilmu bumi, bahasa latin selain mengajarkan ilmu agama. (3)Keduanya sama-sama mempunyai sumbangsih yang besar terhadap pengembangan pendidikan Islam di Indonesia
ENGLISH:
Comparability is regarding or based comparison. Thought is the process of searching for meaning and a reasonable effort to reach a decision. While education is a process of renewal of the meaning of experience. As we all know that KH. Ahmad Dahlan and K.H. Hasyim Asy’ari are two major figures who have considerable influence in Indonesia. Both also provide a substantial contribution in the development of education in Indonesia.
This study aimed to describe the comparative study of educational thought from KH. Ahmad Dahlan and KH. Hashim Asy'ari, and also to describe the obstacles that may be encountered. With a sub focus include: (1) educational thought of KH. Ahmad Dahlan, (2) educational thought of KH. Hashim Asy'ari, and (3) a comparison of thought both in the field of education.
This study used a qualitative descriptive approach. Data collection is done by exploring sources of literature conducted in three phases, namely orientation, exploration, and focused research stage. Data analysis techniques include determining a particular theme or pattern, look for a logical relationship between the thought leaders in various fields in order to discover the reasons for thinking, classifying, searching for specific ideas generalization.
The results showed that: (1) KH. Ahmad Dahlan tried to make a new breakthrough by creating a school that integrates between religious studies and general studies as well, which is expected to be a "religious with intellect and intellect that religious". (2) KH. Hasyim Asy’ari establish boarding and caring for themselves, also provide general subjects such as mathematics, earth sciences, in addition to teaching Latin theology. (3) Both have contributed greatly to the development of Islamic education in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Tamrin, Dahlan and Rasmianto, Rasmianto | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Komparatif; Pemikiran; Pendidikan; Comparative; Thought; Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2017 18:12 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2017 18:12 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7903 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |