Kurniangga, Diananda Rifqy (2025) Pengaruh metode pembelajaran digital terhadap minat belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMK 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
18110176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode digital dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Jenangan. Dari latar belakang dalam penelitian ini berdasarkan dengan perkembangan teknologi informasi yang mendorong perubahan dalam metode pembelajaran, termasuk pada pelajaran PAI. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana metode tersebut merupakan Suatu pendekatan dalam penelitian yang menggunakan data numerik dan analisis statistik untuk menguji hipotesis dan menjawab pertanyaan penelitian. Pada penelitian ini menggunakan sampel sekitar 60 siswa yang dipilih secara acak dari kelas X sampaikan kelas XII. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data itu sendiri menggunakan teknik kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data regresi sederhana. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran, selesai itu juga antusiasme dalam mengakses materi digital, serta respons positif terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Dengan demikian, dapat peneliti simpulkan, bahwa metode pembelajaran digital dalam pembelajaran PAI dapat dikatakan efektif karena dapat memudahkan siswa dalam memahami dan juga mengakses materi yang disampaikan oleh gurunya sehingga penggunaan digital ini dapat digunakan untuk pembelajaran PAI di SMK 1 JENANGAN Ponorogo.
ENGLISH:
This study aims to determine the influence of digital methods in Islamic Religious Education learning at SMKN 1 Jenangan. From the background of this study based on the development of information technology that drives changes in learning methods, including in Islamic Religious Education lessons. The method used by researchers in this study uses a quantitative method where the method is an approach in research that uses numerical data and statistical analysis to test hypotheses and answer research questions. This study used a sample of around 60 students selected randomly from class X to class XII. The techniques used in data collection itself used questionnaire techniques, observation, interviews, and documentation. While the data analysis used simple regression data analysis. The results of this study indicate that digital learning methods have a significant influence on increasing student interest in learning. This can be seen from the increase in student participation in learning, after that also enthusiasm in accessing digital materials, as well as positive responses to the use of technology-based learning media. Thus, researchers can conclude that digital learning methods in Islamic Religious Education learning can be said to be effective because they can make it easier for students to understand and also access the material presented by their teachers so that the use of this digital can be used for Islamic Religious Education learning at SMK 1 JENANGAN Ponorogo.
ARABIC:
ﺩﻳﺎﻧﺎﻧﺪﺍ ﺭﻓِﻘْﻲ ﻛﻮﺭﻧﻴﺎﻧﻐﺎ، .٢٠٢٤ ﺗَﺄْﺛﻴِﺮُ ﻃﺮَﻳِﻘَﺔِ ﺍﻟﺘَّﻌَﻠُّﻢِ ﺍﻟﺮَّﻗْﻤِﻴَّﺔِ ﻋﻠَﻰَ ﺍﻫﺘْﻤِﺎَﻡِ ﺍﻟﻄُّﻼَّﺏِ ﺑِﺘَﻌَﻠُّﻢِ ﺍﻟﺘَّﺮْﺑِﻴَﺔِ ﺍﻹِﺳْﻼَﻣِﻴَّﺔِ. ﻗﺴﻢ ﺍﻟﺘﺮﺑﻴﺔ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔ، ﻛﻠﻴﺔ M.A. ،S.Th.I ،ﻋﻠﻮﻡ ﺍﻟﺘﺮﺑﻴﺔ ﻭﺍﻟﺘﻌﻠﻴﻢ، ﺗﺤﺖ ﺇﺷﺮﺍﻑ ﺍﻟﺪﻛﺘﻮﺭ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻐﻔﺎّﺭ ﺗﻨﻄﻠﻖ Jenangan. 1 SMKN ﻳﻬﺪﻑ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺤﺚ ﺇﻟﻰ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﻣﺪﻯ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﺍﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔ ﻓﻲ ﺗﻌﻠﻴﻢ ﻣﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﺮﺑﻴﺔ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔ ﻓﻲ ﻣﺪﺭﺳﺔ ﺧﻠﻔﻴﺔ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺤﺚ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻄﻮﺭ ﺍﻟﺘﻜﻨﻮﻟﻮﺟﻲ ﻓﻲ ﻣﺠﺎﻝ ﺍﻟﻤﻌﻠﻮﻣﺎﺕ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﺩﻯ ﺇﻟﻰ ﺗﻐﻴﺮّﺍﺕ ﻓﻲ ﻃﺮﻕ ﺍﻟﺘﻌﻠﻴﻢ، ﺑﻤﺎ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﻣﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﺮﺑﻴﺔ .ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔnﻭﻗﺪ ﺍﺳﺘﺨﺪﻡ ﺍﻟﺒﺎﺣﺚ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺤﺚ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺍﻟﻜﻤﻲ، ﻭﻫﻮ ﻣﻨﻬﺞ ﻳﻌﺘﻤﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺒﻴﺎﻧﺎﺕ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔ ﻭﺍﻟﺘﺤﻠﻴﻞ ﺍﻹﺣﺼﺎﺋﻲ ﻻﺧﺘﺒﺎﺭ ﺍﻟﻔﺮﺿﻴﺎﺕ ﻭﺍﻹﺟﺎﺑﺔ ﻋﻦ ﺃﺳﺌﻠﺔ ﺍﻟﺒﺤﺚ .ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺤﺚ، ﺗﻢ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭ ﻋﻴﻨﺔ ﻣﻜﻮﻧﺔ ﻣﻦ ﺣﻮﺍﻟﻲ 60 ﻃﺎﻟﺒﺎً ﺗﻢ ﺍﺧﺘﻴﺎﺭﻫﻢ ﻋﺸﻮﺍﺋﻴًﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻒ ﺍﻟﻌﺎﺷﺮ ﺣﺘﻰ ﺍﻟﺼﻒ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻋﺸﺮ. ﺃﻣﺎ ﺃﺩﻭﺍﺕ .ﺟﻤﻊ ﺍﻟﺒﻴﺎﻧﺎﺕ ﻓﻘﺪ ﺗﻢ ﺍﺳﺘﺨﺪﺍﻡ ﺍﻻﺳﺘﺒﻴﺎﻥ، ﻭﺍﻟﻤﻼﺣﻈﺔ، ﻭﺍﻟﻤﻘﺎﺑﻠﺔ، ﻭﺍﻟﺘﻮﺛﻴﻖ. ﺃﻣﺎ ﺗﺤﻠﻴﻞ ﺍﻟﺒﻴﺎﻧﺎﺕ ﻓﻘﺪ ﺍﺳﺘﺨﺪﻡ ﺍﻟﺒﺎﺣﺚ ﺗﺤﻠﻴﻞ ﺍﻻﻧﺤﺪﺍﺭ ﺍﻟﺒﺴﻴﻂ. ﻭﻗﺪ ﺃﻇﻬﺮﺕ ﻧﺘﺎﺋﺞ ﺍﻟﺒﺤﺚ ﺃﻥ ﺍﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻌﻠﻴﻢ ﺗﺆﺛﺮ ﺑﺸﻜﻞ ﻛﺒﻴﺮ ﻋﻠﻰ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺭﻏﺒﺔ ﺍﻟﻄﻼﺏ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻌﻠﻢ. ﻭﻳﺘﻀﺢ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺧﻼﻝ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻣﺸﺎﺭﻛﺔ ﺍﻟﻄﻼﺏ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻌﻠﻢ، ﻭﺣﻤﺎﺳﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺻﻮﻝ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻮﺍﺩ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺭﺩﻭﺩ ﺃﻓﻌﺎﻟﻬﻢ ﺍﻹﻳﺠﺎﺑﻴﺔ ﺗﺠﺎﻩ ﺍﺳﺘﺨﺪﺍﻡ ﺍﻟﻮﺳﺎﺋﻞ .ﺍﻟﺘﻌﻠﻴﻤﻴﺔ ﺍﻟﺘﻜﻨﻮﻟﻮﺟﻴﺔ. ﻭﺑﺎﻟﺘﺎﻟﻲ، ﻳﻤﻜﻦ ﻟﻠﺒﺎﺣﺚ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﻨﺘﺞ ﺃﻥ ﺍﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔ ﻓﻲ ﺗﻌﻠﻴﻢ ﻣﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﺮﺑﻴﺔ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔ ﺗﻌﺪُ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﻓﻌﺎﻟﺔ، ﻷﻧﻬﺎ ﺗﺴُﻬﻢ ﻓﻲ ﺗﺴﻬﻴﻞ ﻓﻬﻢ1 SMK ﺍﻟﻄﻼﺏ ﻟﻠﻤﺎﺩﺓ ﻭﺍﻟﻮﺻﻮﻝ ﺇﻟﻴﻬﺎ، ﻣﻤﺎ ﻳﺠﻌﻞ ﺍﺳﺘﺨﺪﺍﻡ ﺍﻟﺘﻜﻨﻮﻟﻮﺟﻴﺎ ﺍﻟﺮﻗﻤﻴﺔ ﻣﻨﺎﺳﺒﺎً ﻟﺘﻌﻠﻴﻢ ﻣﺎﺩﺓ ﺍﻟﺘﺮﺑﻴﺔ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔ ﻓﻲ ﻣﺪﺭﺳﺔ .ﻓﻲ Jenangan ﺑﻮﻧﻮﺭﻭﺟﻮ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ghaffar, Abdul |
Keywords: | Pembelajaran Digital; Minat Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Diananda Rifqy Kurniangga |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 11:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 11:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/79011 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |