Responsive Banner

Efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan numerasi siswa pada konten aljabar Kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari

Nur'aini, Luthfiah Hamidah (2025) Efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan numerasi siswa pada konten aljabar Kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210108110002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(11MB)

Abstract

INDONESIA:

Kemampuan numerasi merupakan salah satu kompetensi mendasar yang penting dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan numerasi siswa menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran discovery learning hadir sebagai alternatif karena memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat secara aktif dalam menemukan melalui proses pembelajaran yang sistematis. Tahapan dalam model pembelajaran discovery learning yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan numerasi siswa pada konten aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest nonequivalent control group design, dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan numerasi. Analisis data menggunakan uji Welch’s T-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif terhadap kemampuan numerasi siswa pada konten aljabar. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan numerasi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,386 yang berada pada kategori efektif sedang dibandingkan dengan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,079 yang berada pada kategori efektif rendah.

ENGLISH:

Numeracy skills are one of the fundamental competencies that are important for students to have in learning mathematics. The low numeracy skills of students indicate the need for an appropriate learning strategy. The discovery learning model comes as an alternative because it provides space for students to be actively involved in discovering through a systematic learning process. The stages in the discovery learning model are stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, and generalization. This study aims to determine the effectiveness of the application of the discovery learning model on students' numeracy skills in algebraic content. This research is a quantitative research with the type of quasi-experiment. The research design used is pretest posttest nonequivalent control group design, with two classes, namely the experimental class using the discovery learning model and the control group using conventional learning methods. The instrument used in this research is numeracy test. Data analysis used Welch's T-Test and N-Gain test. The results showed that the discovery learning model was effective on students' numeracy skills in algebraic content. This is evidenced by the significant difference between students' numeracy skills in the experimental and control classes, with a significance value of 0.000 and the experimental class N-Gain value of 0.386 which is in the medium effective category compared to the control class N-Gain value of 0.079 which is in the low effective category.

ARABIC:

رتايضيارلاررملعترررفررربلاطلاررر ابهررعتمتيررنأررربيجرررتيلارررةيساسلأاررتاءافكلاررىدحإررباسلحارررتاراهمرردعت.ر فاشتكلابار رمّلعتلار رجذونمر رتييأر ر.رةبسانمر رملعتر رةيجيتاترسار رلىإر رةجالحار رلىإر ربلاطلار رىدلر رةيباسلحار رتاراهلمار رضافنخار ريشير لحارلمارررلثمتتورر .رةيجهنمرررمّلعترررةيلمعرررللاخررنمررفاشتكلاارررفرررةيلعافبرررةكراشمللرربلاطللرررةحاسمرررفويرررهنلأرررليدبكر رميمعتلاوررر،ققحتلاوررر،تناايبلاررةلجاعموررر،تناايبلاررعجموررر،ةلكشلمارررنايبوررر،زيفحتلارررفررفاشتكلاباررملعتلاررجذونمررف.ر رىوتلمحارررفررةيباسلحاررربلاطلاررتاراهمرررىلعررفاشتكلابارررمّلعتلارررجذونمرررقيبطترررةيلاعفرررديدتحرررلىإرررةساردلاررر هذهررفدتهر يبلجا.ر رةعوملمجاررميمصترروهررمدختسلماررثحبلاررميمصتورر.بييرتجرررهبشررعونبررريمكر رثبحررنعررةرابعررثحبلارراذهر رملعتلاررجذونمررمدختسيرريذلارربييرجتلاررفصلارراهمرر،ينفصرردوجوررعمرر،هدعبورررابتخلاارررلبقررةئفاكتلمارريغررةطباضلار ررابتخارريهرررثحبلاررر اذهررفررةمدختسلماررةادلأارر.ةيديلقتلاررملعتلارررقرطرررمدختستررتيلارررةطباضلارررةعوملمجاوررفاشتكلابار رشليور ررابتخارتناايبلاررليلتحرفر رمدختساور ر.باسلحارT-TestررابتخاورN-Gain. ريبلجار رىوتلمحار ررفر رةيباسلحار رربلاطلار ررتاراهمر رىلعر رر الاا ّ عفر رناكر رفاشتكلابار رمّلعتلار رجذونمر رنأر رجئاتنلار ررترهظأ.ر رثيحر ر،ةطباضلار رفوفصلاور رةيبيرجتلار رفوفصلار رفر رةبلطللر رةيباسلحار رتاراهلمار رينبر ريبكلار رقرفلار رللاخر رنمر ركلذر رحضتيور ةميقورر0.000ررةللادلاررةميقرررتغلبرN-Gainرر ا ةنراقمررةطسوتلماررةيلاعفلارررةئفررفرريهورر0.386ررربييرجتلارررفصللر ةميقبرN-Gainرةضفخنلمارةيلاعفلاررةئفرفر ريهور ر0.079رةطباضلارفصلل.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mukti, Taufiq Satria
Keywords: Efektivitas; Model Pembelajaran Discovery Learning; Kemampuan Numerasi; Aljabar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Luthfiah Hamidah
Date Deposited: 30 Jul 2025 10:37
Last Modified: 30 Jul 2025 10:37
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/78997

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item