Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN).

Aziz, Huda Nur (2014) Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN). Undergraduate thesis, Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
10410189 Pendahuluan.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
10410189 Indonesia.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
10410189 Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: A rabic)
10410189 Arab.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
10410189 Bab 1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
10410189 Bab 2.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
10410189 Bab 3.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
10410189 Bab 4.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
10410189 Bab 5.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
10410189 Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
10410189 Lampiran.rar

Download (975kB)

Abstract

INDONESIA:

Ujian Nasional adalah sistem evaluasi dalam bentuk pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik tingkat dasar dan menengah secara nasional dan berfungsi memutuskan seorang siswa lulus atau tidak lulus, hal ini memunculkan perasaan tertekan, kekhawatiran, dan ketakutan akan kegagalan dalam Ujian Nasional. Kecemasan yang terjadi pada siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional adalah normal, namun sejauh mana siswa tersebut dapat mengatasi rasa cemasnya, tergantung pada kemampuan siswa tersebut untuk merespon kecemasan yang dialaminya. Pada umumnya individu membutuhkan bantuan orang lain sebagai dukungan bagi dirinya ketika menghadapi masalah. Dengan adanya dukungan sosial dapat mengontrol timbulnya kecemasan. Dalam hal ini dapat dikaitkan dengan perasaan kecemasan yang dihadapi oleh siswa kelas XII dalam menghadapi Ujian Nasional. Oleh karena itu peran teman sebaya akan sangat dibutuhkan, mengingat teman sebaya adalah orang terdekat dalam setiap interaksi di sekolah. Berangkat dari fenomena di atas, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui tingkat dukungan sosial teman sebaya, mengetahui tingkat kecemasan menghadapi ujian nasional (UN) dan untuk mengetahui adanya hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan siswa kelas XII di MAN Denanyar Jombang dalam menghadapi ujian nasional (UN) sebagai representasi latar belakang dalam penelitian ini.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 105, atau 30% dari total 347 dari total subyek yang merupakan siswa-siswi aktif kelas XII MAN Denanyar Jombang yang diambil dengan teknik teknik random sampling atau sampel acak. Dan pengambilan data menggunakan metode angket, observasi dan wawancara. Pada pengolahan data menggunakan Product Moment Correlation dari Pearson, dan uji validitas serta reliabilitas memakai Alpha Cronbach. Pengolahan data tersebut diolah dengan program SPSS 17.0 for Windows.

Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: pada tingkat dukungan sosial teman sebaya, didapatkan 76.2%(80 siswa-siswi kelas XII) dengan tingkat kategori tinggi, 2.9% (24 siswa-siswi kelas XII) dalam tingkat kategori sedang dan, 1.0% (1 siswa) dalam tingkat kategori rendah. Sedangkan tingkat kecemasan menghadapi ujian nasional (UN), mayoritas siswa dengan tingkat kategori tinggi sebesar 0%, tingkat kategori sedang sebesar 81.9% (86 siswa-siswi), sementara tingkat kategori rendah sebesar 18.1% (19 siswa-siswi). Pada hasil analisa uji hipotesis diperoleh hubungan negatif yakni sebesar -0.162 atau hubungan yang berpengaruh hingga 16.2% (rxy = -0.162; sig = 0.049 dimana p < 0,05). Dengan demikian semakin tinggi tingkat dukungan sosial teman sebaya siswa-siswi kelas XII MAN Denanyar maka akan semakin rendah tingkat kecemasan menghadapi ujian nasionalnya.

ENGLISH:

The National Exam is a system of measurement and evaluation in the form of competency assessment learners primary and secondary level nationally and serves a student decides to pass or not pass, it brought feelings of depression, anxiety, and fear of failure in the National Exam. Anxiety happens to students who will face the National Examination was normal, but the extent to which students are able to cope with anxiety, depending on the student's ability to respond to the anxiety they experienced.In general, individuals in need of help from others as a support for themselves when faced with a problem. With the onset of social support can control anxiety. In this case can be associated with feelings of anxiety faced by the students of class XII in the face of the National Exam. Therefore, the role of peers will be greatly needed, considering the closest peers are in every interaction on the school. Departing from the above phenomenon, this study aims to examine and determine the level of peer social support, knowing the anxiety level of the national exams (UN) and to determine the relationship of social support with peers in class XII student anxiety Denanyar MAN Jombang in national exams (UN) as a representation of the background in this study.

This study is a quantitative correlation. The subjects in this study amounted to 105, or 30% of the total of 347 total subjects who are active students of class XII MAN Jombang Denanyar taken with the technique of random sampling technique or a random sample. And retrieval of data using questionnaires, observations and interviews. In processing the data using Pearson Product Moment Correlation of, and test the validity and reliability of Cronbach alpha wear. Processing of the data is processed with SPSS 17.0 for Windows.

Based on the analysis of the study, obtained the following results: at the level of peer social support, obtained 76.2% (80 students of class XII) with high- level category, 2.9% (24 students of class XII) in the medium category and level, 1.0% (1 student) in the low-level category. While the anxiety level national exams (UN), the majority of students with high-level categories of 0%, the rate was at 81.9% category (86 students), while the low-level category of 18.1% (19 students). In the analysis of the results obtained by testing the hypothesis that a negative relationship at -0162 or relationships that affect up to 16.2% (rxy = - 0162; sig = 0.049 where p <0.05). Thus the higher levels of peer social support students of class XII MAN Denanyar the lower the anxiety level national exams.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Jamaluddin, Muhammad
Keywords: Dukungan sosial teman sebaya; Kecemasan; Ujian Nasional; Peer social support; Anxiety; National Exam
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Annas Al-haq
Date Deposited: 31 Jul 2015 07:29
Last Modified: 31 Jul 2015 07:29
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item