Responsive Banner

Adversity quotient pada guru generasi Z di SLB River Kids Malang

Diningrum, Nahda Tarisha (2025) Adversity quotient pada guru generasi Z di SLB River Kids Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210401110178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(2MB)

Abstract

INDONESIA

Guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) menghadapi tantangan pekerjaan yang kompleks, baik secara emosional, administratif, maupun pedagogis. Dalam konteks tersebut, Adversity Quotient (AQ) menjadi konstruk penting yang menjelaskan bagaimana individu mampu bertahan, mengatasi, dan bangkit dari kesulitan. Sementara itu, guru generasi Z kerap mendapat stereotip sebagai generasi yang kurang tahan terhadap tekanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika AQ dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi AQ pada guru generasi Z di SLB River Kids Malang.

Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah dua guru generasi Z yang dipilih secara purposive berdasarkan tingkat stres kerja sedang hingga tinggi, dengan latar belakang dan karakteristik berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, dan dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga melalui teknik member checking dan triangulasi teori.

Aspek AQ (Control, Origin–Ownership, Reach, dan Endurance) muncul secara bervariasi pada masing-masing subjek, tergantung pada latar belakang pengalaman serta cara individu dalam memaknai dan merespons kesulitan. Penelitian ini juga menemukan adanya aspek temuan berupa motivasi dan passion terhadap profesi yang berperan penting dalam memperkuat AQ, khususnya dalam dimensi control dan endurance. Penelitian ini menemukan bahwa keyakinan spiritual, dukungan sosial dan lingkungan kerja yang suportif turut sebagai faktor membentuk daya tahan individu dalam menghadapi tantangan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru generasi Z di SLB River Kids Malang tidak dapat digeneralisasi sebagai generasi yang rentan, melainkan memiliki kapasitas adaptif yang unik dalam membangun ketahanan kerja. Temuan ini memberikan kontribusi ilmiah dalam memperluas pemahaman tentang AQ di konteks pendidikan khusus, serta dapat menjadi bahan pertimbangan praktis bagi lembaga pendidikan dalam mengembangkan intervensi psikologis yang mendukung kesejahteraan guru muda di lingkungan kerja yang menantang.

ENGLISH

Teachers in Special Education Schools (SLB) face complex professional challenges especially emotionally, administratively, and pedagogically. In this context, Adversity Quotient (AQ) serves as an important construct to explain how individuals endure, overcome, and recover from difficulties. Meanwhile, Generation Z teachers are often stereotyped as being less resilient to pressure. This study aims to explore the dynamics of AQ and identify the factors that influence AQ in Generation Z teachers at SLB River Kids Malang.

This study employed a qualitative approach using a case study method. The research subjects were two Generation Z teachers selected through purposive sampling based on criteria of moderate to high work-related stress levels and diverse personal backgrounds. Data were collected through semi-structured interviews and analyzed using Miles and Huberman’s interactive model, which includes data reduction, data display, and conclusion drawing. Data validity was ensured through member checking and theoretical triangulation.

The dimensions of AQ (Control, Origin–Ownership, Reach, and Endurance) emerged in varying degrees across participants, depending on their personal backgrounds and how they interpreted and responded to adversity. This study also revealed emergent aspects such as intrinsic motivation and professional passion,
which played a significant role in strengthening AQ, particularly in the dimensions of control and endurance. Spiritual beliefs, social support, and a supportive work environment were also found to be key factors shaping individual resilience in the face of challenges.

This study concludes that Generation Z teachers at SLB River Kids Malang should not be generalized as a vulnerable group; instead, they possess a unique adaptive capacity in building occupational resilience. The findings contribute to the academic understanding of AQ in special education contexts and offer practical insights for educational institutions in designing psychological interventions to
support the well-being of young teachers in demanding work environments.

ARABIC

. ةصاخلا ةيبرتلا سرادم يف نوملعملا هجاوي )SLB( ةيرادلإاو ةيفطاعلا يحاونلا نم ةدقعم ةينهم تايدحت
دئادشلا لصاح دعي ،قايسلا اذه يفو .ةيجوغاديبلاو AQ نكمتي فيك رسفت يتلا ةمهملا ةيسفنلا ىنبلا نم
نوملعملا فصوي ام ابلاغ ،ىرخأ ةهج نمو .اهنم يفاعتلاو تابوعصلا ىلع بلغتلاو دومصلا نم دارفلأا
لصاح تايكيمانيد فاشكتسا ىلإ ةساردلا هذه فدهتو .طوغضلا لمحت ىلع ةردق لقأ مهنأب دز ليجلا نم
ةسردم يف دز ليجلا يملعم ىدل هيف ةرثؤملا لماوعلا ديدحتو دئادشلا SLB River Kids غنلاام.
ناملعم امهو ،نيكراشملا رايتخا مت دقو .ةلاحلا ةسارد بولسأ مادختساب يعون جهنم ةساردلا هذه يف دمتعا
ىلإ طسوتملا ينهملا داهجلإا ىوتسم لمشت ريياعم ىلع ءانب كلذو ،ةيدصقلا ةنيعلا مادختساب ،دز ليجلا نم
اهليلحت متو ،ةلكيهم هبش تلاباقم للاخ نم تانايبلا عمج مت .ةينهملاو ةيصخشلا تايفلخلا عونتو ،يلاعلا
صلاختساو ،اهضرعو ،تانايبلا صيلقت لمشي يذلاو ،نامربوهو زليامل يلعافتلا جذومنلا مادختساب
ثيلثتو نيكراشملا نم ققحتلا نيكراشملا نم ققحتلا للاخ نم تانايبلا قدص نامض مت امك .تاجاتنتسلاا
تايرظنلا.
لصلأا ،مكحتلا( دئادشلا لصاح داعبأ ترهظأ
اعبت نيكراشملا نيب انيابت )لمحتلاو ،دادتملاا ،ةيكلملا
فغشلاو يلخادلا عفادلا لثم ،ةفشتكم لماوع نع ةساردلا تفشك امك .تايدحتلل ةيدرفلا مهتاريسفتو مهتايفلخل
ىرخأ لماوع كلذك تزربو .لمحتلاو مكحتلا اميس لاو ،لصاحلا داعبأ ضعب زيزعت يف مهست يتلاو ،ينهملا
ةهجاوم ىلع درفلا ةردق ليكشت يف ،ةمعادلا لمعلا ةئيبو يعامتجلاا معدلاو ينيدلا ناميلإاك ،ةرثؤم
تابوعصلا.
ةسردم يف دز ليجلا يملعم نأ ىلإ ةساردلا صلختو SLB River Kids ةئف مهنأب مهفصو ميمعت نكمي لا
يملعلا مهفلا ءارثإ يف جئاتنلا هذه مهستو .ينهملا دومصلا ءانب يف ةديرف ةيفيكت ةردق نوكلتمي لب ،ةشه
ةيسفنلا ةحصلا معدل ةيميلعتلا تاسسؤملل ةيلمع تايصوت مدقتو ،ةصاخلا ةيبرتلا قايس يف دئادشلا لصاحل
ةبعصلا لمعلا تائيب يف بابشلا نيملعملل.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sholichatun, Yulia
Keywords: Adversity Quotient (AQ); Resiliensi; Guru ABK; Pendidikan di Indonesia; Beban Kerja; Adversity Quotient (AQ); Resilience; Special Needs Teachers; Education in Indonesia; Workload; لمعلا ءبع ؛ ايسينودنإ. يف ميلعتلا ؛ ةصاخلا تاجايتحلاا يوذ لافطلأا يملعم ؛ ةنورملا ؛ لمحتلا لماعم
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Departement: Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi
Depositing User: Nahda Tarisha Diningrum
Date Deposited: 30 Jun 2025 15:01
Last Modified: 30 Jun 2025 15:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/77883

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item