التعليم النشاطى باستخدام لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة نهضة العلماء المتوسطة الاسلامية كارنج بلوسو

Kiptiyah, Siti Mariatul (2011) التعليم النشاطى باستخدام لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة نهضة العلماء المتوسطة الاسلامية كارنج بلوسو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Untuk mempelajari sesuatu dengan baik maka kita perlu mendengarnya, melihatnya sekaligus mengerjakanya serta mengajukan pertanyaan tentangnya dan membahasnya dengan orang lain. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitianya pada pembelajaran aktif yang lazim disebut dengan active learning. Pembelajaran aktif dirancang untuk menyemarakkan kelas dengan cara yang menyenangkan dan bertujuan untuk memperdalam proses belajar dan memperkuat ingatan. Adapun cara yang dimaksud adalah belajar dengan menggunakan snowball Throwing.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajarn aktif dengan menggunakan snowball throwing untuk meningkatkan kemahiran membaca pada mata pelajaran bahasa Arab baik membaca dengan keras dan memahami isi bacaan serta efektifitasnya di MTs Nahdlatul Ulama Karangploso – Malang khususnya kelas VII.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing dan mengetahui sebarapa jauh efektifitas penggunaanya dalam meningkatkan kemahiran membaca yang dimaksud pada mata pelajaran bahasa Arab.

Hipotesa dalam penelitian ini adalah pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemahiran membaca baik membaca dengan keras atau dalam memahami isi bacaan.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok control. Adapun instrument yang digunakan dalah observasi, wawancara, angket dan tes serta dokumentasi.

Dan hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil post test dari kemampuan membaca baik membaca keras ataupun pemahaman isi dengan pembelajaran aktif yang menggunakan snowball throwing pada kelompok eksperimen adalah rata- rata 79,68 dan pada kelompok control adalah rat-rata 71,66 dan(2) tingkat efektifitas pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing dalam meningkatkan kemahiran membaca adalah dengan t-hitung 3,287 nilai ini lebih tinggi dari pada t-table 1% (2,947) dan 5% (2,131). Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing untuk meningkatkan membaca keras dan memahami bacaan adalah efektif.

ABSTRACT

The problem statement in this research is how to apply the active learning using the snowball throwing to improve the reading competency in Arabic both reading loudly and understanding the content of reading and also it’s effectiveness at MTs Nahdlatul Ulama Karangploso-Malang particularly in grade VII.

The research is aimed to obtain the description about the active learning application using snowball throwing and also to know how far the effectiveness of it’s usage in improving the reading competency on Arabic.

The hypothesis in the study is the active learning using snowball throwing effectively to improve reading competency both in reading loudly and also in understanding the content of reading.

The form of the study is experimental study using pre-test and post-test on experimental groups and controlling group. Meanwhile the instruments used are observation, interview, anquette and tests and also documentations.

And the result of the study is (1) the outcome of the post test from reading competency both reading loudly and understanding the content of reading with active learning using snowball throwing on experimental group in average is 79,68 and in control group in average is 71,66 and (2) the effectiveness rate of the active learning using snowball throwing in improving reading competency using t-calculation is 3.287 which is higher than that in the table 1% (2.947) and 5% (2.131).

It shows that the active learning using snowball throwing to improve reading loudly and understanding the content of reading is effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mahmoud Adam Ibrahim, Faisol and Hasan Abdul Bary, Nur
Keywords: التعليم النشاطى; مهارة القراءة; Active Learning; Snowball Throwing; Reading competency; Active Learning; Snowball Throwing; Kemahiran Membaca
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:05
Last Modified: 04 Aug 2017 08:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7577

Actions (login required)

View Item View Item