Rofi'ah, Fita Azkiyatur (2025) Strategi Ma’had dalam penanaman nilai-nilai Islam untuk mencegah dekadensi moral pada Santri di MAN 1 Gresik. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
230101210030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dekadensi moral di kalangan generasi muda menjadi fenomena yang mengkhawatirkan dan menuntut perhatian serius, khususnya di lingkungan pendidikan Islam. Berbagai bentuk perilaku menyimpang, menurunnya kesadaran etika, serta pelanggaran terhadap nilai-nilai agama menjadi indikasi lemahnya internalisasi nilai moral dalam kehidupan pelajar. MAN 1 Gresik melalui program Ma’had Al-Hikmah berupaya menghadirkan solusi strategis melalui pembentukan karakter santri berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji secara mendalam strategi perencanaan penanaman nilai-nilai Islam, (2) mendeskripsikan implementasi penanaman nilai-nilai Islam, serta (3) menganalisis hubungan antara strategi penanaman nilai-nilai Islam dengan upaya pencegahan dekadensi moral santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods model Sequential Exploratory Design yang diawali dengan metode kualitatif untuk mengeksplorasi strategi perencanaan dan implementasi, dilanjutkan dengan metode kuantitatif untuk menguji hasil penanaman nilai-nilai Islam dalam mencegah dekadensi moral santri. Pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan dengan kuesioner tertutup dan dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman serta analisis deskriptif kuantitatif. Dalam tahap kualitatif, teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan narasumber kunci. Sedangkan pada tahap kuantitatif, digunakan teknik random sampling untuk menjaring responden dari kalangan santri/santriwati secara representatif. Untuk memastikan validitas dan kredibilitas data, penelitian ini menerapkan triangulasi secara menyeluruh, mencakup triangulasi sumber, teknik, dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategi penanaman nilai-nilai Islam di Ma’had dilakukan secara sistematis dan berorientasi mutu melalui perumusan visi-misi, riset dan analisis SWOT, rencana operasional yang dikembangkan melalui program dan pembinaan, kebijakan mutu dan konsep mutu yang terus diperhatikan hingga pada pendanaan dan monitoring hingga evaluasi yang terstruktur. 2) Implementasi strategi mencakup kegiatan ibadah harian, pembelajaran kitab kuning dan tahfidz, bimbingan akademik dan program spektakuler, serta orientasi santri baru (OSB). Metode yang digunakan meliputi keteladanan, pembiasaan, ceramah, nasihat dan bimbingan, disiplin positif, dan evaluasi berkala. Dari sisi manajemen, pembiayaan diarahkan pada aspek strategis dan berbasis efisiensi serta transparansi, dengan keterlibatan aktif pendidik dan orang tua. 3) Hasil kuantitatif menunjukkan korelasi positif yang sangat kuat antara strategi penanaman nilai-nilai Islam dengan upaya pencegahan dekadensi moral santri, dibuktikan melalui uji Spearman dengan nilai rs = 0,838 dan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Analisis deskriptif memperlihatkan bahwa 5 program utama memiliki tingkat keberhasilan antara 74,62% hingga 88,38%, sementara 6 metode penanaman nilai seluruhnya berada di atas 80% dan masuk ke dalam kategori baik. Secara teoritik, penelitian ini memperkuat konsep bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam mampu menjadi solusi strategis dalam membentuk generasi yang bermoral di tengah tantangan globalisasi. Implikasi praktisnya, model pembinaan Ma’had ini dapat diadopsi sebagai alternatif pendidikan yang menekankan keseimbangan antara intelektualitas dan spiritualitas dalam membangun karakter bangsa.
ENGLISH:
Moral decadence among the young generation is an alarming phenomenon and demands serious attention, especially in the Islamic education environment. Various deviant behaviors, decreased ethical awareness, and violations of religious values indicate weak internalization of moral values among students. MAN 1 Gresik, through the Ma'had Al-Hikmah program, presents a strategic solution by building an Islamic values-based santri character. The research aims to: (1) examine the planning strategy of Islamic values internalization, (2) describe the implementation of Islamic values internalization, and (3) analyze the correlation between Islamic values internalization strategies and efforts to prevent moral decadence among santris.
The research employed a mixed methods approach of the Sequential Exploratory Design model, started with qualitative methods to explore planning and implementation strategies, then continued with quantitative methods to examine the results of Islamic values internalization in preventing moral decadence among santris. The researcher collected qualitative data using interviews, observation, and documentation. She collected the quantitative data using a closed questionnaire and analyzed them using the Spearman correlation test and quantitative descriptive analysis. In the qualitative stage, a purposive sampling technique was used to determine key informants. Meanwhile, in the quantitative stage, a random sampling technique was used to choose respondents from male and female santris in a representative manner. To ensure the validity and credibility of the data, this research applied triangulation comprehensively, including triangulation of sources, techniques, and methods.
The research results show that: (1) Strategic planning for Islamic values internalization in Ma'had is carried out systematically and quality-oriented through the formulation of vision-mission, research, and SWOT analysis, operational plans developed through programs and coaching, quality policies, and quality concepts that continue to be considered up to funding and structured monitoring and evaluation. 2) Strategy implementation includes daily worship activities, yellow kitab learning and tahfidz, academic guidance and spectacular programs, and new santri orientation (OSB). The methods include role model, habituation, lectures, advice and guidance, positive discipline, and periodic evaluation. Regarding management, the financing is focused at strategic aspects and is based on efficiency and transparency, with the active involvement of teachers and parents. 3) Quantitative results show a highly strong positive correlation between the strategy of internalizing Islamic values and efforts to prevent moral decadence among santris, proven through the Spearman test with a value of rs = 0.838 and significance p = 0.000 (p < 0.05). Descriptive analysis shows that the five main programs have a success rate between 74.62% and 88.38%, while the six methods of internalizing values are all above 80% and are considered good. Theoretically, this research strengthens the concept that character education based on Islamic values can be a strategic solution in shaping a moral generation amid globalization challenges. The practical implication is that the Ma'had coaching model can be adopted as an alternative education emphasizing the intellectual and spiritual balance in building the nation's character.
ARABIC:
لكلمات الرئيسيةَََّّّ:اسرتاتيجيةَّمعهد،َّغرسَّقيمَّإسالمية،َّمنعَّاحنطاطَّأخالقيََّّ ََّّ
إن َّالحنطاط َّاألخالقي َّبني َّالشباب َّأصبح َّظاهرة َّمقلقة َّتتطلب َّاهتمامًا َّجادًا، َّخاصة ًَّيف َّبيئة َّالرتبية َّاإلسالمية. َّإن َّأشكالَّ
كذلكَّالنتهاكاتَّللقيمَّالدينيةالسلوكَّاملنحرف،َّواخنفاضَّالوعيَّاألخالقي،َّوََّّتشيَّإىلَّضعفَّتكاملَّالقيمَّاألخالقيةَّيفَّحياةََّّ
الطلبة.َّتسعىَّاملدرسةَّالثانويةَّالدينيةَّاحلكومية١ََََّّّّغرسيكَّمنَّخاللَّبرانمجَّمعهدَّاحلكمةَّإىلَّتقدميَّحلولَّاسرتاتيجيةَّبتكوين
شخصية َّالطلبة َّبناء ًَّعلى َّالقيم َّاإلسالمية. َّهدفت َّهذه َّالرسالة َّإىل: َّ(١َّ)َّدراسةَّاسرتاتيجيةَّختطيطَّغرسَّالقيمََََّّّّاإلسالميةَّبشكل
عميق،َّ(٢)َّوصفَّتطبيقَّغرسَّالقيمَّاإلسالمية،َّو(٣ََّّ)َّحتليلَّالعالقةَّبنيَّاسرتاتيجيةَّغرسَّالقيمَّاإلسالميةَّوجهودَّالوقايةَّمنَّ
الحنطاطَّاألخالقيَّلدىَّالطلبةَّ.َََّّّ
استخدمت َّمنهج َّالبحث َّاملدمج َّبنموذج َّالتصميم َّالستكشايف َّالتسلسلي َّالذي َّيبدأ َّأبسلوب َّنوعي َّلستكشاف
اسرتاتََّّيجيةَّالتخطيطَّوالتنفيذ،َّمثَّيتبعَّأبسلوبَّكميَّلختبارَّنتائجَّغرسَّالقيمَّاإلسالميةَّيفَّمنعَّالحنطاطَّاألخالقيَّلدىَّالطلبة.ََّّ
متَّمجعَّالبياانتَّالنوعيةَّمنَّخاللَّاملقابلة،َّواملالحظة،َّوالواثئق،َّبينماَّمتَّمجعَّالبياانتَّالكميةَِّبستخدامَّاستبانةَّمغلقةَّوحتليلها
ِبستخدامَّاختبارَّالََّّكذلكَّالتحليلَّالوصفيَّالكمي.َّيفَّاملرحلةَّالنوعية،َّمتَّاستخدامَّتقنيةَّالعينةَّاهلادفةَّلتحديدرتباطَّسبيمانَّوََّّ
املصادرَّالرئيسية.َّأماَّيفَّاملرحلةَّالكمية،َّفقدَّمتَّاستخدامَّتقنيةَّالعينةَّالعشوائيةَّلستهدافَّاملستجيبنيَّمنَّبنيَّالطلبةَّبشكلََّّ
متثيلي.َّلضمانَّصحةَّومصداقيةَّالبياانت،َّتطبقَّهذهَّالدراسةَّالتثليثَّالشامل،َّالذيَّيشملَّتثليثَّاملصادر،َّالتقنيات،َّوالطرقَّ.َّ
أظهرتَّنتائجَّالرسالةَّأن:َّ(١ََّّكزَّعلىَّاجلودة)َّتنفيذَّختطيطَّاسرتاتيجيةَّغرسَّالقيمَّاإلسالميةَّيفَّاملعهدَّبشكلَّمنهجيَّومرََّّ
منَّخاللَّصياغةَّالرؤيةَّوالرسالة،َّوالبحثَّوحتليلَّمقاطعَّالقوةَّوالضعفSWOTَّ،َّوََّّخطةَّالعملياتَّاليتَّمتَّتطويرهاَّمنَّخاللَّ
الربامجَّواإلرشاد،َّوالسياساتَّاملتعلقةَِّبجلودةَّومفاهيمهاَّاليتَّيتمَّالنتباهَّإليهاَِّبستمرارَّحتَّالتمويلَّومراقبةَّاألداءَّوحتَّالتقيََّّيم
املنظم.َّ(٢)َّعمليةَّتنفيذَّالسرتاتيجيةَّمشلتَّأنشطةَّالعبادةَّاليومية،َّودراسةَّالكتبَّالرتاثيةَّوحفظََََّّّّالقرآن،َّواإلرشادَّاألكادمييََّّ
والربامج َّالرائعة، َّوتوجيه َّالطالب َّاجلدد. َّتشمل َّاألساليبَّاملستخدمة َّالقدوة، َّوالتعويد، َّواحملاضرات،َّوالنصائح َّواإلرشادات،
والنضباطَّاإلجيايب،َّوالتقييمَّاملنتظم.َّمنَّجانبَّاإلدارة،َّمتَّتوجيهَّالتمويلَّحنوَّاجلوانبَّالسرتاتيجيةَّاملبنيةَّعلىَّالكفاََّّءةَّوالشفافية،
كةَّالفعالةَّمنَّاملعلمنيَّوأولياءَّاألمور.َّ(معَّاملشار٣ًََّّيًَّجدًا َّبني َّاسرتاتيجية َّغرس َّالقيم ) َّالنتائج َّالكمية َّأظهرت َّارتباطًا َّإجيابيًا َّقوَّ
اإلسالميةَّوجهودَّمنعَّالحنطاطَّاألخالقيَّلدىَّالطلبة،َّكماَّثبتَّذلكَّمنَّخاللَّاختبارَّسبيمانَّبقيمةَّرسَّ=٠.٨٣٨ََََّّّّودرجةَّ
األمهيةََََّّّّفَّ=٠.٠٠٠ََََّّّّ(فَّأقلَّمن٠.٠٥ََّّ).َّأوضحتَّالتحليالتَّالوصفيةَّأن٥ََََّّّّبرامجَّرئيسيةَّحققتَّمعدلَّجناحَّيرتاوحَّبني
٧٤.٦٢ََّّ٪َّإىل٨٨.٣٨ََّّ٪،َّبينماَّكانت٦ََََّّّّطرقَّلغرسَّالقيمَّكلهاَّفوق٨٠ََّّ٪َّودخلتَّيفَّفئةَّجيدة.َّمنَّالناحيةَّالنظرية،َّتعززَّهذهََّّ
الدراسةَّاملفهومَّالقائلَّأبنَّالتعليمَّالقائمَّعلىَّالقيمَََِّّّبألخالق َّيف اإلسالمية َّميكن َّأن َّيكون َّحال ًَّاسرتاتيجيًا َّيف َّتشكيل َّجيل َّيتمتعََّّ
كزَّعلىَّالتوازنَّبنيَّالفكرَّوالروحيَّيفظلَّحتدًيتَّالعوملة.َّمنَّالناحيةَّالعملية،َّميكنَّاعتمادَّمنوذجَّرعايةَّاملعهدَّكبديلَّتعليميَّيرَّ
تكوينَّشخصيةَّاألمةَّ.
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |