نصميم مادة تعليم المفردات للدرس الإضافي: بحث تجريبي في معهد سرمب مكة المتحد بادنج بانجانج سومطرى الغربية

Aswan Ibrahim, Muhammad (2011) نصميم مادة تعليم المفردات للدرس الإضافي: بحث تجريبي في معهد سرمب مكة المتحد بادنج بانجانج سومطرى الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penguasaan kosakata merupakan hasil dari proses mendengar, mengucapkan, membaca dan manulis. Dalam rangka peningkatan dan penguasaan kosakata semestinya ada perlakuan khusus untuk mencapai penguasaan terhadap kosakata. Diantaranya adalah mengajarkan dan mempelajarinya dengan benar dan didukung oleh instrumen-instrumen lain, salah satunya adalah materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar terhadap kosakata yang paling ia butuhkan. Instrumen ini sering kali terlupakan dalam proses pembelajaran kosakata. Terkadang pembelajar diajarkan kosakata yang tidak ia gunakan atau guru tidak memprioritaskan mengajarkan kosakata yang dibutuhkan oleh siswa. Oleh karena itu, bahan ajar merupakan instumen yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh setiap pengajar kosakata sebelum kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan (desain) materi pengajaran kosakata dan efektifitas penggunaan buku materi pengajaran kosakata dalam kegiatan pembelajaran di kelas I SMP Pesantren Terpadu Serambi Mekkah Padangpanjang. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok (Kontrol dan Eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SMP, dengan Sampel berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa di kelas kotrol dan 20 siswa di kelas eksperimen.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Proses penyusunan bahan pengajaran kosakata yaitu dengan menentukan tujuan, menentukan materi berdasarkan waktu efektif pada semester I dan II serta disesuaikan dengan jumlah kosakata dalam setiap pertemuan, pemilihan kata yang terdiri dari kata sifat, kata benda dan kata kerja, dan menentukan metode pengajaran serta membuat instrumen latihan bagi siswa. (2) hasil eksperimen menunjukkan bahwa pemanfaatan buku materi pengajaran kosakata dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk semua indikator.

Dari hasil yang disebutkan diatas, sudah semestinya materi pengajaran kosakata dapat dimanfaatkan dengan benar dalam proses pengajaran, selain itu penulis berharap agar penelitian ini menjadi referensi untuk penelitian lanjutan yang berhubungan dengan penelitian ini sehingga dapat dikembangkan ke dalam desain materi ajar kosakata untuk tingkat lanjutan.

ABSTRACT

Vocabularies mastery is a result of listening, speaking, reading and writing process. In order to improve it, must get a special action to achieve it. Some actions are serious teaching and learning and supported by other instruments and teaching media, besides using of teaching material that appropriate with students need is too important. Sometimes teaching material is forgotten in this process. And sometimes the students are though useless vocabularies or the teacher do not priority very important vocabularies for students. On these problems, teaching material is an important instrument and must be taken more attention for vocabularies teacher before entering class.

This research aims at designing process of vocabulary teaching material and finding out the effectiveness of vocabulary teaching material using in first grade at integrated Islamic Boarding School of Serambi Mekkah Padangpanjang. This research uses the experimental method that the researcher design pre-test and post-test for both groups (Experiment and Control group). From the total of population in the first grade students, the researcher has taken 40 students consisting of 20 students for control group and 20 students for experiment group.

The results of the research are obtained as follow: (1) Designing this teaching material process is started by determining the goals, finding out the learning material based on the affective weeks and days for 1st and 2nd semester and appropriated by vocabularies amount each learning, choosing the words (consists of noun, adjective and verb), determining the teaching method, and lasted by making an exercise instrument for students. (2) The experiment appointed that the use of teaching material could improve student ability for all indicators.

Based on these results, teaching material must be used as good as possible in teaching procces. Besides, the researcher hopes that the research becomes the reference for further researches which connect with it and could be developed to other teaching materials for advanced grades.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Masqon, Dihyatun and Mohamed Baheet Ahmad, Bakri
Keywords: المادة تعليم; تعليم المفردات; Teaching Material; Vocabulary Teaching; SMP Integrated Islamic Boarding School of Serambi Mekkah; Materi Ajar; Pengajaran Kosakata; SMP Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:07
Last Modified: 04 Aug 2017 08:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7565

Actions (login required)

View Item View Item