Basyir, Irham (2011) استخدام الصور الفوتوغرافية لترقية مهارة الكتابة: دراسة تجربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية فلانجان جيلاجف جاوا الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (22MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis merupakan praktik dari keterampilan berbahasa yang lain. Melalui tulisan ilmu dapat didokumentasikan, kebudayaan dapat tersebar, dan melalui tulisan juga ilmu dapat dengan mudah berpindah dari satu generasi ke generasi yang lain. Menulis merupakan tolak ukur keberhasilan pembelajaran bahasa setelah keterampilan bahasa yang lain.
Dari hasil wawancara peneliti dengan guru bahasa arab dan pengamatan terhadap siswa kelas II E dan F dapat ditarik kesimpulan bahwa mereka kurang senang terhadap mata pelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan menulis karena takut salah, sulit dalam menulis kata atau kalimat yang benar, dan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik.
Selanjutnya berdasarkan pada fakta permasalahan diatas, rumusan penelitian ini adalah Sejauh mana efektifitas Penerapan Media Gambar dalam meningkatkan Keterampilan menulis siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Planjan Cilacap Jawa Tengah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Planjan Cilacap Jawa Tengah. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data di antaranya wawancara, angket, pengamatan, dan ujian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media gambar foto dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk menyempurnakan pembelajaran keterampilan menulis. 2) Penerapan Media gambar foto terbukti efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Negeri Planjan Cilacap Jawa Tengah dengan melihat kenyataan bahwa siswa yang melaksanakan pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan media foto memperoleh nilai ujian lebih bagus dibanding siswa yang melaksanakan pembelajaran keterampilan menulis dengan tidak menggunakan media gambar dengan peningkatan signifikan. Selain itu, siswa yang melaksanakan pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan media gambar foto menjadi lebih senang belajar bahasa Arab khususnya keterampilan menulis dibanding siswa yang melaksanakan pembelajaran keterampilan menulis dengan tidak menggunakan media gambar foto.
ABSTRACT
Writing is one of four skilles and abilities of language; those are listening, speaking, reading, and writing. Writing is a practice from abilities of other language. By writing science can be documented and saved, a culture can spread, and by writing science can move from a generation to the other generation. Wr iting is a measure of a success of teaching and studying a language after language skilles other.
From monitoring of researcher and interview with the Arabic language teacher, it’s known that some of student in second level at Government Islamic Junior High School (MTs N) Planjan Cilacap Central Java are not brave to write because of afraid of missing, difficult to write a right sentence, and theacing media used not too good . And because of that, they can not write Arabic well.
Problem statement of this research is “How the application of photographs in increasing the writing Arabic skill (Experiment Research in Junior High School Planjan Cilacap Central Java) ?” This research formula born questions, that are: 1). How to develop the application of photographs in increasing the writing Arabic skill (Experiment Research in Junior High School Planjan Cilacap Central Java) ? 2) How effective study of writing skill by sequence picture media of photographs in improving student to write Arabic.
This research used Experimen research method. Subject of this research was headmaster, Arabic teacher, and students of MTs Negeri Planjan Kesugihan Cilacap Jawa Tengah in academic year 2010/2011. Instruments for this research were researcher him self, observation schedule, interview schedule, questionnaire, and test (pre test and post test).
Result of the research indicate that applying of photographs proven effectivelly about the improving of writing skill of student in second level, in school year of 2010/2011 with the facts that: 1). study of writing skill by sequence picture media effective in improving student value. 2). study of writing skill by sequence picture media effective in improving student motivation
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Al-Bari, Nur Hasan Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | ترقية مهارة الكتابة ;الصور الفوتوغرافية لترقية Penggunaan Media Foto; Pengembangan Keterampilan Menulis; Using Photographs; Writing Skill Development | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:10 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:05 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7533 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |