Trenggana, Eka Wahyu (2011) إعداد المواد التعليمية لمهارة الكلام للمرحلة الثنوية على أساس المنهج على مستوى الوحدة الدراسية: بحث تطويري و تجريبي بمدرسة ديمفو دار المتقين الثنوية فاكر عالم سومطرة الجنوبية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah Aliyah Dempo Darul Muttaqien Pagaralam Sumatera Selatan menggunakan Kurikulum KTSP yang menuntut kesungguhan dari para guru dalam menyusun materi ajar agar tercapai tujuan dari pembelajarannya. Namun demikian, muatan materi ajar dari buku bahan ajar yang digunakan tidak sesuai dengan KTSP 2008 dan buku tersebut lebih mengutamakan pemahaman teks bacaan dan tidak mengasah kemampuan keterampilan berbahasa para siswa terutama keterampilan mereka dalam berbicara bahasa Arab.
Berangkat dari permasalahan di atas, penulis mencoba untuk mendesain materi ajar keterampilan berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbicara para siswa Madrasah Aliyah Dempo Darul Muttaqien Pagaralam Sumsel.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain materi ajar keterampilan berbicara bagi siswa Aliyah dalam perspektif KTSP 2008 untuk meningkatkan keterampilan berbicara para siswa dengan memperhatikan kecenderungan dan tingkat kemampuan berbahasa mereka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development).
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk bahan ajar keterampilan berbicara (maharah kalam) bagi siswa Madrasah Aliyah Kelas X Semester 2 (dua) berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2008 2) Penggunaan produk bahan ajar yang telah didesain berdasarkan KTSP 2008 memiliki efektifitas yang sangat baik di dalam peningkatan keterampilan berbicara para siswa.
Hal-hal yang perlu disarankan dan diusulkan dalam penelitian ini adalah: 1) guru hendaknya mendesain materi ajar dengan baik dan sesuai dengan kemampuan serta kecenderungan para siswa yang berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari menggunakan metode dan strategi yang beragam, 2) guru hendaknya menghindari penggunaan bahasa ibu dalam pengajaran bahasa Arab yang menyebabkan mereka terbiasa belajar bahasa Arab dengan terjemah, 3) materi ajar keterampilan berbicara yang didisain oleh penelitian berdasarkan KTSP 2008 adalah bagian dari materi ajar yang dapat menunjang pengajaran berbicara dalam bahasa Arab di Madrasah Aliyah Dempo Darul Muttaqien Pagaralam Sumatera Selatan atau di madrasah-madrasah lainnya.
ABSTRACT
Dempo Darul Muttaqien Islamic Senior High School (MA) Pagaralam South Sumatera uses curriculums decided by Ministry of Religious Affairs and nowdays the school has been using curriculum which is called KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Meanwile, the Arabic Language’s handbook is based on previous KTSP 2006 which gives more priority target to understand religious texts not to increase the students Arabic speaking skill that uninviting to student desire.
Speaking skills was one of more important aims in study of a foreign language an seems to be a main goal that every teacher has to upgrade it. And it wouldn’t come true when they never prepare a good material and use a good method in their teaching activity.
Based on those statement, the researcher wish to design a materials instruction intended to improve the student’s Arabic speaking skills and competency.
This research used qualitative-quantitative approach and the type of this research was a kind of “Research and Development” (R&D).
The purposes of this research are: 1) product handbook to improve student’s Arabic speaking skill based on KTSP 2008 prespective 2) test the effectiveness of handbook in improving student’s Arabic speaking skill of Madrasah Aliyah Dempo Darul Muttaqien Pagaralam South Sumatera.
The results of this research are: 1) product handbook of Arabic speaking skill in KTSP 2008 prespective based on the theories of student handbook design, 2) the experiment appointed that using product handbook could improve the ability of students to speak Arabic.
There are suggestions for the school and it’s Arabic teachers: 1) rearrange the material of Arabic lesson, especially Arabic speaking skill, based on need analysis 2) avoid the use of mother tongue when teaching Arabic speaking, because it makes the students get used to translate the lesson or explained in the mother tongue 3) the teaching materials designed for Arabic speaking skill in KTSP 2008 perspective is a tool of important tools in the teaching processthat can benefit the Arabic teachers of Madrasah Aliyah Dempo Darul Muttaqien or other Islamic senior high school.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Huda, Miftahul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | أساس المنهج على مستوى الوحدة الدراسية ;المواد التعليمية; لمهارة الكلام; Teaching Materials; Speaking Arabic Skill; KTSP; Materi Ajar; Keterampilan Berbicara; KTSP | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:11 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2018 11:26 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7529 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |