تعليم مهارة الاستماع بطريقة الإستجابة الجسدية الكاملة: بحث تجريبي في مدرسة نور الهدى المتوسطة الإسلامية مالانج جاوى الشرقية

Dhiauddin, Dhiauddin (2011) تعليم مهارة الاستماع بطريقة الإستجابة الجسدية الكاملة: بحث تجريبي في مدرسة نور الهدى المتوسطة الإسلامية مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mempelajari suatu bahasa apapun dimulai dengan pengajaran menyimak, kemudian berbicara, membaca dan menulis. Sehingga kemahiran menyimak merupakan kemahiran terpenting untuk mencapai kemahiran- kemahiran bahasa lainnya. Oleh karena itu, sebagai guru bahasa sebaiknya peduli tentang keterampilan ini, akan tetapi pada kenyataannya banyak guru yang tidak mengetahui bahkan mengabaikan hal ini. Begitu juga dengan metode-metode dalam pengaajran bahasa arab, banyak guru yang kurang mengikuti dan mengubah metode-metode lama dalam proses belajar mengajar, padahal yang dituntut oleh dunia pendidikan guru harus up-date dengan hal –hal baru berupa metode, media, kurikulum, dsb. Sementara beberapa dari mereka belum bahkan tidak percaya metode-metode yang baru itu punya relevan yang sesuai dengan kondisi anak didik. Dengan demikian, masalah yang coba dimunculkan dalam penelitian ini adalah penggunaan Metode lama dan bersifat menoton dalam pembelajaran bahasa arab, dan guru kurang memperhatikan kemahiran menyimak sebagai kemahairan pertama dalam berbahasa, sehingga siswa merasa bosan dan jemu dalam belajar Bahasa Arab terutama pada kemahiran mendengar. Dengan demikian Total physical Response Method ingin memberi solusi sebagai salah satu metode alternatif yang dianggap baru dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya Istima', sehingga dapat mendorong siswa untuk belajar serta mengusir bosan dan jemu ketika belajar Bahasa Arab.

Hipotesa penelitian ini adalah: Pembelajaran Kemahiran Menyimak dengan Metode Total Physical Response di MTs Nurul Huda Malang sangat efektif, Nilai siswa lebih bagus pada saat pembelajaran dengan menggunakan metode ini dibandingkan dengan metode yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimna penggunaan metode Total Physical Response dalam pembelajaran kemahiran menyimak, selanjutnya untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan metode Total Physical Response dalam Pembelajaran Kemahiran menyimak dari segi perdedaan huruf arabiyah dan pemahaman menyimak. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap one group (Eksperimen one group). Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas tujuh, dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah populasi itu juga yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 15 siswa dan 9 siswi.

Dan hasil dari penelitian ini setelah mengggunakan metode Total Physical Response adalah: (1) kemampuan menyimak siswa pada perbedaan bunyi huruf arabiyah mencapai nilai rata-rata 71,45 sedangkan untuk fahmul

masmu' atau pemahaman dalam menyimak memeperoleh nilai rata-rata adalah 70,75, dan (2) kemampuan menyimak siswa dari perbedaan huruf arabiyah bila dilihat t-hitung 3,79 t-tabel 2,80 dengan taraf kepercayaan 99%, begitu juga pada pemahaman menyimak dimana t-hitung 3,76 t-tabel 2,80 pada taraf kepercayaan 99%, Hal ini menunjukkan bahwa Pemebelajaran Kemahiran Mendengar dengan Metode Total Physical Response sangat efektif.

ABSTRACT

The listening comprehension is a basic part of language that must be studied by all people who want to study any languages in this world. The listening skill is the important skill to achieve other language skills such as speaking comprehension, reading comprehension and writing comprehension. As a teacher, we should know about this listening skill. On the contrary, there are many teachers do not realize it. Most of them do not understand new methods of teaching and learning Arabic moreover new materials such as method, media, curriculum, etc whereas as a teacher they should update themselves by all of these. Because the lack of this knowledge, they also do not apply new methods nor pay attention to students’ listening skill as the first skill in acquiring language. It seems that they prefer to use old method.

Based on the case above, this study attempts to analyze the use of old method and its problems as the method in teaching and learning Arabic and give an alternatif method in teaching and learning Arabic and try to solve its problems. This new method is called Total Physical Response Method.

The hypothesis of this study is the use of Total Physical Response Method is effective in teaching and learning Arabic than the old method.

Thus far, this study aims to know how to apply Total Physical Response Method in learning listening skill and how effective is it. This study uses experimental procedure which the researcher design pre-test and post-test in one group. The population of this study is students in class seven and the sample is 24 students that contain of 15 boys and 19 girls.

The result of this study is (1) The difference mean of students’ listening skill in voicing Arabic letters is 71,45 and the listening comprehension mean is 70,75, dan (2) Students’ listening skill in voicing Arabic letters is t-count 3,79 t-table 2,80 by validation degree 99%, and the listening comprehension is t-count 3,76 t-table 2,80 by validation degree 99%. The result shows that the Total Physical Response Method is effective in increasing listening skill.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Kamel, Muhamed and Wargadinata, Wildana
Keywords: مهارة الاستماع; طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة; Kemahiran Menyimak; Metode Total Physical Response; Listening Skill; Total Physical Response Method
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:12
Last Modified: 04 Aug 2017 08:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7527

Actions (login required)

View Item View Item