استخدام المجلة الخائطية المدرسية لترقية مهارة الكتاب: بحث تجريبي في مدرسة بلانجكجرين الثانوية الحكومية بكايو لويس أتشية

Saputra, Aji (2011) استخدام المجلة الخائطية المدرسية لترقية مهارة الكتاب: بحث تجريبي في مدرسة بلانجكجرين الثانوية الحكومية بكايو لويس أتشية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Menulis dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang paling penting dan merupakan tujuan pokok pembelajaran bahasa asing. Dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab di MTsN Blangkejeren Gayo Lues Aceh dijumpai sejumlah permasalahan diantaranya adalah rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam menulis bahasa Arab; %) cara penyajian materi yang monoton dan kurangnya variasi metode dan strategi pengajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran.

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti telah melakukan penelitian dengan judul “Penggunaan Majalah Dinding (Mading) Sekolah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses penggunaan Mading Sekolah dalam proses pembelajaran keterampilan menulis pada siswa kelas VIII di MTsN Blangkejeren Gayo Lues Aceh. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan Mading Sekolah untuk meningkatkan keterampilan menulis.

Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok (Kontrol dan Eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs, dengan Sampel berjumlah .œ siswa yang terdiri dari %œ siswa di kelas kotrol dan %œ siswa di kelas eksperimen.

Hasil dari penelitian ini adalah: ( ) Ada dua Proses yang dilalui dalam penelitian ini yaitu: pertama, proses pengajaran menulis materinya mendukung proses penyusunan rubrik mading, dan proses kedua adalah proses penerbitan majalah dinding yang isinya diasosiasikan dengan materi pengajaran menulis yang telah ditentukan oleh silabus materi pengajaran menulis pada kelas VIII MTs. (%) hasil eksperimen menunjukkan bahwa pemanfaatan Mading dalam pengajaran menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Dari hasil yang disebutkan diatas, Mading Sekolah dengan bahasa Arab dapat direkomendasikan untuk menjadi salah satu kegiatan yang harus ada dan dikelola dengan benar agar dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan siswa

dalam pembelajaran menulis. Selain itu penulis berharap agar penelitian ini menjadi referensi untuk penelitian lanjutan yang berhubungan dengan penelitian ini sehingga dapat dikembangkan ke dalam bentuk lain dari Mading sekolah untuk meningkatkan kemahiran berbahasa lainnya.

ABSTRACT

Writing is considered as the most important language skill and a principal aim at foreign language teaching. In Arabic writting teaching process in MTsN Blangkejeren Gayo Lues Aceh was found several problems, some of those problems are: ) the lack of students’ Arabic writing competence and; %) the teaching method was applied uninterestingly and the poor of method varieties and teaching strategies used by teacher in teaching process. A solution to overcome these problems, the researcher has done a research in title “Use of School Wall Magazine to Improve Writing Skill”.

This research aims to describe the process of school’s wall magazine in writing skill teaching process for the students of žth grade of MTsN Blangkejeren Gayo Lues Aceh. Besides. At another side, it aims to finds out the effectiveness of
school’s wall magazine use to improve writing skill.

This research uses the experimental method that the researcher design pre- test and post-test for both groups (Experiment and Control group). From the total of population in the žth grade students, the researcher has taken .œ students consisting of %œ students for control group and %œ students for experiment group.

The results of the research are obtained as follow: ( ) there are two processes passed in this research. first, that the material of writing teaching process supports the process of school wall magazine rubric layout. Second, that the rubcic of school’s wall magazine publishing is assosiated by the writing teaching material determined by syllabus of writing teaching material for the th grade MTsN. %) The experiment appointed that the use of school wall magazine in writing teaching could improve students’ writing ability.

Based on these result, school’s Arabic wall magazine can be recommended as one of necessary activites and managed rightly in order to be a solution to overcome students’ problems in writing learning. Besides, the researcher hopes that this research can be a refference for futher researches connected by this research and can be developed to other forms of school’s wall magazine to improve other language skills.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Asrori, Imam and Allah Babiker Mustofa, Gareeb
Keywords: المجلة الخائطية المدرسية; مهارة الكتاب; مدرسة بلانجكجرين الثانوية الحكومية بكايو لويس أتشية; Majalah dinding sekolah; Kemampuan menulis; MTsN Blangkejeren; School Wall Magazine; Writing Skill; MTsN Blangkejeren
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:16
Last Modified: 04 Aug 2017 08:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7488

Actions (login required)

View Item View Item