Azizah, Nurul lailatul (2014) Pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk buku gambar pop-up untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 3 SD Islam as-Salam Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140121.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ketrampilan berbicara merupakan ketrampilan yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Karena dengan berbicara seseorang itu bisa menyampaikan informasi atau maksud keinginan kepada orang lain, Bagi sebagian orang, berbicara atau mengungkapkan pikiran secara lisan merupakan hal yang sangat sulit. Tumbuhnya rasa minder dan takut salah saat berbicara akan menyebabkan sebagian orang menganggap bahwa berbicara didepan umum itu menjadi suatu hal yang sangat menakutkan.Permasalahan diatas juga dialami oleh sebagian besar siswa-siswi SD Islam As-Salam Malang khususnya 3 pada pembelajaran bahasa indonesia. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran bahasa indonesia dalam bentuk buku gambar pop-up untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam bentuk buku gambar pop-up, yang diharapkan mampu meningkatkan keefektifan, efisiensi, dan kemenarikan yang tinggi dalam memberikan stimulus bagi siswa untuk berani berbicara didepan kelas maupun dilingkungan sekolah.
Penelitian ini dilakukan di SD Islam As-Salam Malang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D), jenis data yang digunakan ada dua yaitu data kuantitaif dan data kualiatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model menurut Arief S. Sadiman dkk yang mengadopsi dari model Borg & Gall dan model ini memiliki enam langkah dalam prosedur pengembangannya.
Hasil pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk buku gambar pop-up ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli guru mata pelajaran mencapai kevalidan 79%, dari uji coba lapangan yang diberikan kepada siswa memcapai kevalidan 759, ahli isi mencapai tingkat kevalidan %69, dan ahli desain media pembelajaran mencapai tingakat kevalidan %4%. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test lebih baik daripada pre-test yaitu %4,45>29,51. sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 1,15 diperoleh hasil t hitung≥ t tabel yaitu 00,32>4,1%6. artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Speaking skill is the important skill in a life, not only in part education, but also in a society. Because by talking, someone can convey information or intent desire to anothers. For some people, speaking or express thoughts orally is very difficult. Appearing unconfident and fear wrong on speaking will cause some people assumed that speaking in front of common becomes fearfully thing. Problems above, also experienced by most of students in As-Salam Islamic Elementary School of Malang specially at 3rd grade on Bahasa Indonesia learning. Therefore need of Bahasa Indonesia learning media development in Pop-up images book form to improve speaking skill of students.
The purpose of this development research is resulting learning media products in the form of Pup-up Image Book, which are expected to improve the effectiveness, efficiency, and high interest in providing stimulus for students to be confident on speaking in front of the class or around the school.
This research was conducted in As-Salam Islamic Elementary School of Malang. Research form that used is a descriptive by qualitative and quantitative data analysis. The type of this research is Research and Development (R & D). The development of learning media refers to a model according to the Borg & Gall, who has six steps in the procedure of its development.
The results of Bahasa Indonesia learning media development in Pop-up Image Book form to fulfill valid criteria by test results with expert teachers of subjects achieving validity to 97%, from field trials were given to students achieved the validity to 95%, content expert achieved level of validity 86%, and expert design of learning media achieved to 82%. From research results are obtained average value of post-test is better than pre-test were 82,25>47,50. Whereas, in the calculation of t test manually by significance level 0.05 obtained results t counting ≥ t tabel namely 11,34 > 2,086 means H0 was denied and Ha was received. So there was a significant difference of learning media that be developed. This showed product that was developed had high level of validity qualification, so learning media that be developed viable to use in the study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Buku Gambar Pop-Up; Ketrampilan Berbicara; Kelas III SD/MI; Development; Learning Media; Pop-up Image Book; Speaking Skill; 3rd Grade of SDI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:56 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7416 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |