فعالية استخدام وسيلة القصة على الأوراق المقطعة فى ترقية مهارة القراءة

Latifah, Latifah (2011) فعالية استخدام وسيلة القصة على الأوراق المقطعة فى ترقية مهارة القراءة. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Media pembelajaran yang membantu pengajaran membaca melalui pembelajaran yang efektif dan menarik. Guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran bukan hanya mudah dan murah saja tetapi media pembelajaran yang digunakan yang dapat memberi manfaat yang dapat meningkatkan pembelajaran kemahiran membaca pemahaman teks, kosakata dan struktur bahasa. Media pembelajaran strip story yang dimaksud adalah media pembelajaran yang berbentuk kartu potongan-potongan kertas sebagai alat bantu yang dapat membantu proses kemahiran membaca siswa. Menurut ali ahmad madkur bahwa kepingan-kepingan kertas yang berjenis kartu media pembelajaran yaitu kartu yang berisi potongan-potongan cerita, setiap siswa diminta untuk menyusun kartu yang berisi potongan cerita menjadi cerita yang lengkap.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektitas penggunaan strip story dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami teks di Pondok Pesantren Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu Jawa Barat, mengetahui efektifitas penggunaan media strip story dalam kemahiran membaca pada kekayaan bahasa siswa di Pondok Pesantren Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu Jawa Barat, efektifitas penggunaan media strip story dalam meningkatkan motivasi belajar membaca siswa di Pondok Pesantren Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu Jawa Barat.

Penelitian eksperimen tahun ajaran 2010-2011 M, peneliti menggunakan observasi, wawancara, menggunakan angket dan test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media strip story dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pemahaman teks dan kekayaan bahasa dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran qiro’ah (muthola’ah). Berdasarkan hasil dari kedua tes pretes dan post test dengan menggunakan t-test adanya pengaruh pada kemampuan membaca. Hasil nilai t-test pada kemampuan pemahaman teks (8.8442026), > t-tabel (3.88), hasil nilai rata-rata 76.5, hasil nilai t-test pada kekayaan bahasa (10.925153), > t-tabel (3.88), hasil nilai rata-rata 78 nilai ini menunjukkan adanya peningkatan nilai pada siswa pada tingkat memuaskan. Peneliti berkesimpulan bahwa media strip story sebagai strategi pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pemahaman teks, kekayaan bahasa dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hendaknya para peneliti berikut untuk mengembangkan media dalam pembelajaran membaca atau pembelajaran yang lain yang dapat dijadikan perbandingan antara media strip story dengan media pembelajaran yang lain.

ABSTRACT

Teaching aids that help the teaching and learning process by the effective activities and interesting in using the media a teacher doesn’t choose the teaching aids that easy and cheap only, but the teaching aids that gives much benefits in developing the reading learning on the text comprehension and increase the language and language structure. Strip story is one of the media / case from teaching that helps the reading process. Ali Ahmed said this Strip Story is teaching aids a kind of a short story card that divided. And this cards is divided of story. The students is asked to arrange the cards to be a story.

The research aimed at knowing the effectiveness of strip story teaching aids application in improving and developing students’ reading skill that comprehension of the text and increase language and to know the effectiveness to develop motivation learning of students for Darussalam Boarding School Sukalila Jatibarang Indramayu West Java.

The methodology of this research is empirical research used by the researcher to obtain results of the experiment in the school year 2010-2011, the researcher discovered the data through direct observation and interview and questionnaire and test.

The results of can be concluded that : the test of pre-test and post-test results for text comprehension it showed that the t-count result (8.8442026) > t- table (3.88) at p <.1. The results of pre-test and post-test results for increase the language it showed that the t-count result (10.925153) > t-table (3.88) at p <.1. So does the result of pre-test and post test for reading skill of comprehension text an increase the language, from the aspect of average result students obtained reading skill, it showed that students’ competence in comprehension of the text is 76.5 and increase the language is 78 it means that there was significant for students’ reading competence before and after the application of Strip Story. The application of “Strip Story” had effective and significant influence in developing students’ reading skill.

Based on this result research, be desirable that for researchers after this research for expand the reading teaching aids or other learning, and to compare between the strip story teaching aids and the other teaching aids.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Allah Babekr, Gareeb
Keywords: مهارة القراءة ;القصة على الأوراق المقطعة; Media strip story; kemampuan membaca; The strip story; reading skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:36
Last Modified: 24 Jul 2017 09:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7382

Actions (login required)

View Item View Item