Hakim, Sofwatul Widad (2024) Pengaruh destination image terhadap revisit intention dengan tourist satisfaction sebagai variabel intervening pada objek Wisata Bangsring Underwater di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
200501110072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pariwisata dapat digunakan untuk mengembangkan potensi daerah yang lebih baik. Dalam hal ini kabupaten banyuwangi yang memiliki beragam destinasi wisata. Objek wisata Bangsring Underwater merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dan menawarkan wahana-wahana unik yang sebelumnya tidak pernah ada di objek pariwisata lainnya. Pantai menjadi destinasi yang paling digemari oleh masyarakat banyuwangi dan membuat masyarakat banyuwangi terdorong untuk melakukan revisit intention. Adapun yang termasuk elemen dalam wisata adalah destination image yang ditawarkan dan mampu menarik minat masyarakat banyuwangi untuk melakukan revisit intention. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara langsung variabel destination image terhadap tourist satisfaction maupun terhadap revisit intention, serta mengetahui pengaruh tidak langsung destination image terhadap revisit intention yang dimediasi oleh tourist satisfaction.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan terhadap 100 masyarakat kabupaten banyuwangi. Secara spesifik, lokasi penelitian ini dilakukan pada 3 bagian wilayah kabupaten banyuwangi yang terdiri atas banyuwangi bagian selatan, banyuwangi bagian tengah dan banyuwangi bagian timur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form dan diolah dengan menggunakan perangkat lunak statistik Smart-PLS 4.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap tourist satisfaction. Variabel tourist satisfaction wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention. Variabel destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention. Variabel destination image terhadap revisit intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap tourist satisfaction sebagai variabel intervening.
ABSTRACT
Tourism can be used to develop better regional potential. In this case Banyuwangi regency which has a variety of tourist destinations. Bangsring Underwater tourist attraction is a tourist spot that offers natural beauty and offers unique rides that have never existed before in other tourism objects. The beach is the most popular destination for Banyuwangi people and makes Banyuwangi people encouraged to do revisit intention. The elements included in tourism are the destination image offered and are able to attract the interest of Banyuwangi people to revisit intention. The purpose of this study is to determine the direct effect of destination image variables on tourist satisfaction and on revisit intention, as well as to determine the indirect effect of destination image on revisit intention mediated by tourist satisfaction.
This research is quantitative research with a descriptive approach conducted on 100 people in Banyuwangi district. Specifically, the location of this research was carried out in 3 parts of the Banyuwangi district area consisting of southern Banyuwangi, central Banyuwangi and eastern Banyuwangi. Sampling in this study was carried out using a questionnaire distributed online via Google Form and processed using Smart-PLS 4 statistical software.
The results of this study indicate that the destination image variable has a positive and significant effect on tourist satisfaction. Tourist satisfaction variables have a positive and significant effect on revisit intention. The destination image variable has a positive and significant effect on revisit intention. The destination image variable on revisit intention has a positive and significant effect on tourist satisfaction as an intervening variable.
مستخلص البحث
يمكن استخدام السياحة لتطوير إمكانيات المناطق بشكل أفضل. في هذا السياق، تتمتع مقاطعة بانيووانجي بتنوع وجهات السياحة. معلم السياحة بانغسرينغ تحت الماء هو مكان سياحي يقدم جمال الطبيعة ويقدم ألعاب فريدة لم تكن موجودة من قبل في معالم السياحة الأخرى. الشاطئ هو الوجهة الأكثر شعبية بين سكان بانيووانجي، مما يدفع سكان بانيووانجي إلى القيام بنية الزيارة مرة أخرى. ومن العناصر التي تشملها السياحة هي صورة الوجهة المقدمة والتي تستطيع جذب اهتمام سكان بانيووانجي للقيام بنية الزيارة مرة أخرى. الهدف من هذه الدراسة هو معرفة التأثير المباشر لمتغير صورة الوجهة على رضا السياح وكذلك على نية الزيارة مرة أخرى، بالإضافة إلى معرفة
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Vania, Amelindha |
Keywords: | Destination Image; Revisit Intention; Tourist Satisfaction; Destination Image; Revisit Intention; Tourist Satisfaction; صورة الوجهة السياحية، نية الزيارة، ورضا السائحين صورة الوجهة السياحية، نية الزيارة; ورضا السائحين المشرف الكلمات المفتاحية |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Sofwatul Widad Hakim |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 13:50 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 13:50 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/72985 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |