Penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Jatimulyo 3 Malang

Hidayatullah, Muhammad Nur (2013) Penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Jatimulyo 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Keterampilan menulis itu sangat penting karena merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Dengan menulis siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan atau pendapat, pemikiran, dan perasaan yang dimiliki. Selain itu, dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas siswa dalam menulis.

Metode Poster Comment ini merupakan salah satu bagian dari strategi pembelajaran aktif atau active learning. Metode ini sering juga disebut sebagai metode mengomentari gambar, yakni suatu strategi yang digunakan pendidik dengan maksud mengajak peserta didik untuk memunculkan ide apa yang terkandung dalam suatu gambar. (1) Bagaimanakah proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode poster cooment dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Jatimulyo 3 Malang ? (2) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode poster cooment dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Jatimulyo 3 Malang ? (3) Bagaimanakah proses penilaian pembelajaran (proses dan hasil) dengan menggunakan metode poster cooment dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Jatimulyo 3 Malang ? Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan meggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode poster comment terbukti ada peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Jatimulyo 3. Hal ini dapat diketahui dari hasil evaluasi yang menunjukkan peningkatan dalam setiap siklusnya, yaitu pada siklus I dengan persentas 59,01%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93.18 %. Nilai rata-rata yang diperoleh dari 62.84 menjadi 72,56, kemudian meningkat menjadi 80.84. Sedangkan bukti dari data kualitatif yang menjelaskan keantusiasan siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut adalah tumbuhnya rasa ingin tahu, susana kelas menjadi lebih hidup, dan keberanian dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keterampilan menulis karangan deskriptif pendek siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode poster comment.

ENGLISH:

Writing skills is a very important skill in life, are not only important in the life of education, but also very important in people's lives. Writing skills is very important because it is one of the language skills that must be possessed by the student. By writing students can reveal or express ideas or opinions, thoughts, and feelings owned. Also, it can develop the intellect and creativity of students in writing.

Comment Poster This method is one part of the active learning strategies or active learning. This method is often also referred to as the method of commenting on the picture, which is a strategy employed educators with the intention to invite the students to come up with the idea of what is contained in an image. (1) What is the process of planning learning poster using cooment in teaching Indonesian to improve the writing skills of fourth grade students at SDN Jatimulyo 3 Malang? (2) How is the process of the implementation of learning by using posters cooment in teaching Indonesian to improve the writing skills of fourth grade students at SDN Jatimulyo 3 Malang? (3) How does the process of assessment of learning (process and outcome) by using posters cooment in learning Indonesian improve writing skills of fourth grade students at SDN Jatimulyo 3 Malang? To find solutions to these problems, the authors conducted research is by using action research design (TOD).

The results showed that the use of proven methods of comment posters no increase writing skills in subjects Indonesian Elementary School fourth grade students Jatimulyo 3. It can be seen from the results of the evaluation showed an increase in each cycle, which in the first cycle with persentas 59.01%, then increased in the second cycle to be 93.18%. The average value obtained from 62.84 to 72.56, then increased to 80.84. While evidence from qualitative data describing the sight of people exiting students towards the learning strategy is the growing curiosity, susana classroom come alive, and courage in expressing their opinions. This study aimed to investigate the short descriptive essay writing skills of fourth grade students in the Indonesian subjects using the comment poster.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yaqien, Nurul
Keywords: Metode poster comment; Keterampilan Menulis; Bahasa Indonesia; Method of comment poster; Writing Skills; Indonesian Learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:40
Last Modified: 14 Jun 2017 07:40
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item