Shofiyah, Ummu (2011) فعالية استخدام "البطاقات الومضية" و " البطاقات الملائمة" في ضمن "الألعاب اللغوية" لتنمية مهارة القراءة: بتطتيق على مدرسة سوريا بوانا المتوسطة الإسلامية والمدرسة الثنوية الإسلامية الحكمية الأولى مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Setelah memperhatikan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri I Malang dan Mts Surya Buana Malang peneliti melihat bahwa sebagian besar siswa belum mampu membaca kata atau kalimat atau ungkapan dalam bahasa Arab dengan benar. Hal ini diantaranya disebabkan oleh latar belakang pendidikan agama yang belum mencukupi dan minimnya kosa kata yang dimiliki siswa serta lemahnya minat siswa terhadap pelajaran bahasa Arab.
Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa untuk belajar bahasa Arab dengan menerapkan penggunaan kartu berseri dan kartu bersesuai dalam lingkup permainan bahasa. Permainan bahasa ini diharapkan mampu menambah perbendaharaan bahasa siswa dan meningkatkan minat mereka terhadap bahasa Arab, khususnya kemampuan membaca.
Metodelogi penelitian ini menggunakan desain eksperimen satu dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan Alat dan media mengumpulkan data adalah: (1)Pre test dan Post Tes (2) Peneliti melakukan beberapa analisa data yaitu: (1) analisa hasil post-test (3)Analisa nilai beda sebelum Analisa nilai banding antara madrasah Aliyah dan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil hitung dengan rumus t-test nilai pre-test dan post-test madrasah Aliyah adalah 8,860 lebih besar dari angka yang tertera pada Tabel Nilai "t" pada t 0,975 untuk tes dua ekor dengan t.s.O,05 dan db=28 adalah 2,05 artinya ada peningkatan pemahaman materi bacaan yang signifikan setelah diterapkan pengajaran dengan mengunakan kartu berseri dan kartu bersesuai dalam permainan bahasa.
Sedangkan nilai pre-test dan post-test madrasah tsanawiyah setelah dihitung dengan t-test menunjukkan angka 3,757 lebih besar dari angka yang tertera pada Tabel Nilai "t" pada t 0,975 untuk tes dua ekor dengan t.s.0,05 dan db=22 adalah 2,07. Ini berarti pula bahwa tingkat pemahaman siswa siswi terhadap materi bacaan meningkat secara signifikan setelah diterapkan pengajaran dengan mengunakan kartu wamdhiyah dan mulaimah dalam permainan bahasa. (5) Adapun hasil hitung nilai banding dari rata-rata nilai tes sebelum dan sesudah perlakuan untuk madrasah Aliyah adalah 26,1 dan untuk madrasah Tsanawiyah adalah 11,8. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa pengajaran dengan mengunakan kartu berseri dan kartu bersesuai dalam permainan bahasa lebih efektif penerapannya di Madrasah Aliyah Negeri I Malang daripada Madrasah Tsanawiyah Surya Buana hal ini disebabkan bahwa siswa Madrasah Aliyah lebih merasa senang dengan permainan bahasa dalam mempelajari bahasa Arab sesuai dengan jawaban dari pertanyaan pada angket untuk siswa serta hasil yang diperoleh dari observasi penulis dan guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih luas lagi tentang penggunaan media kartu berseri dan kartu pembelajaran Bahasa Arab pada semua jenjang pendidikan dasar, menengah maupun tinggi.
Hasil penelitian ini penggunaan kartu berseri dan kartu bersesuai kompetensi membaca siswa Madrasah Aliyah
ABSTRACT
The purposes of studying Arabic Language are how to use it correctly, especially in reading skill, based on the level of student's language and their thought. The difficulties faced by students in reading ability or skill, such as students have low of vocabulary items and low motivation in learning Arabic Language Based on the difficulties faced by the writer in learning Arabic language, so she will try to use media that can interested in student's attention to learn reading ability of Arabic Language by using flash card in in language games.
Hopfully, language games can increase the student's vocabulary items and improve their ability toward Arabic language, especially reading ability.
This research applies experiment design. Tools and media apply to collect data are (1) Pre test and post test (2) Observation (3) Questionnaires.
The result in this research can be concluded as follows: Result with formula t-test, Senior High School pre-test and post-test than numeral listed in the Table of Score "t" 2,05, significant material understanding after apply teaching calculate with formula t-test, Yunior High School 3,757, higher than numeral listed in the Table of increasing significant material understanding after ap so, it mean that students understanding develop after treatment.
Based on the research result above, it is suggested for the next researcher to study broader about the using of the flash card media in Arabic language teaching for all education stages, either basic education stage, middle or high. This research result had showed that using of flash card actually enables to improve reading skill competence. It can be applied to improve the four linguistic competences, as such as writing and speaking competences.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al-Kamil, Mohammed Ali and Ibrahim, Muhammad Sa’ad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الألعاب اللغوية ;البطاقات الومضية و البطاقات الملائمة; مهارة القراءة; Flash Card; Language Games; Reading Ability; Kartu Berseri; Membaca | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2017 13:44 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2018 10:47 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7078 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |