اعداد برنج سويش ماكس الحاسوبي لتعليم مهارة القراءة: بحث تطويري وتجريبي: في مدرسة المحمدية المتوسطة سنجاساري مالانج جاوي الشرقية

Abdurrohim, Muhammad (2011) اعداد برنج سويش ماكس الحاسوبي لتعليم مهارة القراءة: بحث تطويري وتجريبي: في مدرسة المحمدية المتوسطة سنجاساري مالانج جاوي الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Membaca dipandang sebagai ketrampilan mendasar dari keterampilan- keterampilan belajar bahasa asing manapun dan merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendesak. Oleh karena itu, pengajaran dan pembelajarannya menjadi perkara yang sangat penting. Namun kemampuan para siswa khususnya di SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang masih sangat rendah. Berdasarkan pengamatan, rendahnya kemampuan siswa dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang menarik dan metode pengajaran yang klasik. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang baru,

Program swishmax adalah program untuk melakukan gerakan animasi yang menarik pandangan dan mirip dengan flash. Program ini bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran dengan basis Animasi Flash yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang. Penggunaan produk program ini dalam pembelajaran kemampuan membaca membuat siswa belajar membaca dengan menyenangkan dan tidak merasa kesulitan, Berkaitan dengan hal itu, maka penelitian tentang penyiapan program siwshmax untuk pengajaran kemampuan membaca dipandang sebagai perkara yang sangat penting dan bermanfaat.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk program SWiSHmax untuk pengajaran kemampuan membaca dan mengetahui sejauh mana efektivitasnya dalam pengajaran kemampuan membaca di SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan rancangan penelitian Research and Development, karena peneliti menggunakan penelitian untuk menghasilkan produk tertentu, penerapannya dan tingkat efektivitasnya.

Sumber data dalam penelitian ini adalah apa saja yang bisa menghasilkan data. Adapun data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah apa saja yang diambil oleh peneliti ketika melakukan penelitian, baik sesuatu yang ditulis, didengar, atau dilihat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara : diskusi dengan kepala sekolah, kegiatan belajar mengajar, pembuatan produk SWiSHmax, validasi ahli, eksperimen produk, validasi guru mata pelajaran, penyempurnaan produk, evaluasi dan kuesioner.

Berdasarkan data dan sumber data diatas, dihasilkan produk media pembelajaran untuk pengajaran kompetensi membaca dan juga hasil experiment terhadap siswa dimana data yang ada menunjukkan bahwa sebelum menggunakan program SWiSHmax rata-rata nilai ujian siswa SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang adalah 69,33 sedangkan setelah menggunakan program SWiSHmax, rata-rata nilai ujian siswa menjadi 84,5. Ini menunjukkan bahwa produk Swishmax efektif untuk meningkatkan kompetensi membaca siswa SMP Muhammadiyah 4
Singosari Malang.

ABSTRACT

Reading is one of the basic skills among others in any foreign language and is an urgent need for human being. Therefore, the teaching and learning of reading is crucial. However, the students’ ability, specifically students in SMP 4
Muhamadiyah Singosari Malang, is low. Based on the researcher’s observation, the students’ low ability is due to the fact that the method and media in teaching Arabic are the classic and traditional ones. Consequently, an innovative and current media in teaching Arabic is urgently needed.

Swishmax is an attractive program which is able to show animate movement and is resemble to flash program. Swishmax was used to make teaching media based on Flash animation which suitable to the need of students in SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang. By using this program to teach reading, it was believed that students would enjoy learning Arabic and feel no difficulty. Regarding that fact, then research in Swishmax program preparation in teaching reading is significant to be done.

The objective of this research was to create the Swishmax program to teach reading and to know the effectiveness of using Swishmax to teach reading in SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang. This research was descriptive analysis research; meanwhile, the design was research and development (R and D) since the researcher produced a specific product, used it, and test its effectiveness.

Sources of data of this study were everything related to the study that leads to the data. Thus, the researcher himself was both the instruments and the data collector at the same time. The data collection was a set of activities start from discussion with the school’s headmaster, the teaching action, producing Swishmax program, expert validation and teacher validation, product experiment, product completion, evaluation, and last, questioner distribution.

Based on the analysis of the data, the results of this research were media to teach reading and also the result of experiment to the students. The result of the experiment showed that students’ average score in the test was 69,33 before they were taught by using Swishmax program; nevertheless, after Swishmax program was applied their average score improved to 84,5. This showed us that Swishmax as a product is effective to upgrade students’ competence in reading.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Al-Kamil, Mohamed and Wargadinata, Wildana
Keywords: مهارة القراءة; برنج سويش ماكس الحاسوبي; Reading Skill; Swishmax Program; Ketrampilan membaca; Program Swishmax
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 05 Jun 2017 09:04
Last Modified: 05 Jun 2017 09:04
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6981

Actions (login required)

View Item View Item