فعالية استخدام البرنامج الحاسوبى بور بوينت في تعليم مهارة الكتابة: دراسة تجربية بمدرسة نهضة العلماء الابتدائية الإسلامية بلولاوانج بمالانج جاوا الشرقية

Suaibah, Lilies (2011) فعالية استخدام البرنامج الحاسوبى بور بوينت في تعليم مهارة الكتابة: دراسة تجربية بمدرسة نهضة العلماء الابتدائية الإسلامية بلولاوانج بمالانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Menulis adalah salah satu aspek penting dalam pengajaran bahas aarab dan mengajarkan ketrampilan menulis dalam bahasa arab harus ada sesuatu yang bisa menarik perhatian dan menyenangkan bagi siswa agar proses pembelajaran menjadi lebihefektif,yang salah satunya menggunakan media pembelajaran.

Dari pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru bahasa arab bahwa siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang kurang mampu dalamk etrampilan menulis dalam bahasa arab, berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran ketrampilan menulis dengan menggunakan media power point di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul
‘Ulama Bululawang dan mengetahui sejauhmana efektifitas penggunaan media power point dalam pengajaran ketrampilan menulis pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘UlamaBululawang.

Metodologi penelitianini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi kelas V (lima) Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Bululawang dengan sampel kelas V (lima) A sebagai kelas Eksperimen dan Kelas V (lima) B sebagai kelas kontrol yang mana pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara sengaja (purposive sampling). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah obsevasi yang mendalam, wawancara, angket dantes (pre tesdanpost test).

Dari hasilpenelitian menunjukkan bahwa penerapan media power point terbukti efektif meningkatkan kemahiran menulis bagi siswa kelas V (lima) pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul ‘Ulama Bululawang, ini terbukti dilihat dari hasil nilai tes pada kelas control dan kelas eksperimen, yaitu (١). Hasil perhitungan nilai t- test (٨,٧٣٤) sedangakan nilai t-table (١,٩٩٧) berarti nilai t-test lebih besar daripada nilai t-tabel yang artinya bahwa H٠ ditolak dan H١ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ketrampilan menulis dalam bahasa arab dengan menggunakan media power point lebih efektif dari pada pembelajaran ketrampilan menulis dalam bahasa arab tanpa menggunakan media power point. Nilai t-test pada imlak, menyusun kalimat, merubah jumlah mubtadak khobar menjadi khobar muqoddam mubtadak muakhkhor dan membuat paragraph sederhana lebih besar dari nilai t-tabel, jadi penggunaan power point efektif digunakan dalam pembelajaran ketrampilan menulis imlak, menyusun kalimat, merubah jumlah mubtadak khobar menjadi khobar muqoddam mubtadak muakhkhor dan membuat paragraph sederhana dan (٢). Rata- rata nilai kelase ksperimen lebih baiks etelah menggunakan media power point dari pada nilai sebelum menggunakan media tersebut, yaitu yang sebelumnya rata-rata nilai sebesar ٥٨,٦٧menjadi ٨٠,١٢.

ABSTRACT

Writing is one important aspect in the teaching of Arabic Language and Arabic Writing Skill. Something interesting and pleasant for the students is required during their learning in order to have an effective and successful learning. The suitable and attractive learning media will stimulate students to increase the motivation, learning enthusiasm, happiness, and comfort, as well as to diminish the learning boredom, thus realizing the achievement of effective and successful learning.

Result of the author’s observation and the interview with the Arabic Language teacher shows that the students of Madrasah IbtidaiyahNahdlatulUlamaBululawang have less capability in the writing skill of Arabic Language. In relative to this problem, the author attempts to use the power point program medium in the Arabic Language teaching, the objective of research is to understand the implementation of the teaching of writing skill by using the power point media at Madrasah IbtidaiyahNahdlatulUlamaBululawang, and to acknowledge the effectiveness of the use of power point media in the teaching of Arabic Language writing skill at Madrasah IbtidaiyahNahdlatulUlamaBululawang.

Research methodology is an experiment study with quantitative approach. The population is Grade V (five) at Madrasah IbtidaiyahNahdlatulUlamaBululawang. The sample is Grade VA as the experiment class, while Grade VB as the control class. Sampling technique is purposive sampling. Research instruments for data collection are deep observation, interview, questionnaire, and test (pretest and posttest).

Result of research indicates that the use of power point computer program medium is truly effective to improve the writing skill of the Grade V (five) students at Madrasah IbtidaiyahNahdlatulUlamaBululawang. It is proved by the result of test for control and experiment classes. (١) The result of t-test is٨,٧٣٤ , while t-table is ١.٩٩٧. It seems that t-test is greater than t-table, thus H٠ is rejected, but H١ is accepted. It means that the learning of Arabic Language writing skill with the power point medium must be more effective than without this medium. (٢) The average of experiment class achievement is better after than before the use of the power point computer program medium. The average achievement before the use of the medium is ٥٨,٦٧, but it changes to ٨٠,١٢.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Shaikhoun Mohamed Sulaiman, Mohamed and Hasan Abdul Barry, Nur
Keywords: فعالية استخدام البرنامج الحاسوبى بور بوينت; تعليم مهارة الكتابة; The Use of Power Point Computer Program Medium; Writing Skill Learning; Penggunaan Media Power Point; Pengajaran Ketrampilan Menulis
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 01 Jun 2017 07:46
Last Modified: 01 Jun 2017 07:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item View Item