Umam, Mohammad Fiqqi Bahrul (2017) Kinerja guru Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 16 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan proses sosialisasi untuk mencapai kompetensi pribadi dan sosial sebagai dasar untuk mengembangkan potensi dirinya sesuai kapasitas yang dimiliki. Untuk mencapai tujuan kinerja guru yang sesuai maka diperlukan upaya yang lebih baik bagi guru dalam menyiapkan strategi dan media yang sesuai dengan kompetensi tersebut. Pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dibutuhkan proses yang tidak mudah dan cepat tetapi diperlukan sarana yang tepat serta waktu yang cukup panjang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendiskripsikan Kinerja Guru Ilmu Pengatahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 16 Kota Malang, (2) mendiskripsikan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 16 Kota Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif yang di laksanakan langsung di lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan memaparkan dan mereduksi data yang kurang relevan dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) kinerja Guru Ilmu Pengetahuan Sosial kelasVII di SMP Negeri 16 Malang yaitu dalam perencanaan guru menyiapan perangat pembelajaran berupa RPP, Silabus, Promes, Prota dll. Dalam pelaksanaan guru IPS menyampaikan tujuan pembelajaran, menggunakan metode yang yang sesuai dengan materi dan kondisi kelas serta memanfaatkan media yang ada di dalam kelas berupa LCD untuk memudahkan menyampaikan materi kepada peserta didik, (2) upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru Ilmu Pengetauan Sosial yaitu pelatihan kinerja guru yaitu kegiatan pelatihan berupa pelatihan membuat perangkat, menggunakan metode, dan pelatihan K13, Pemberian fasilitas yang dibutuhkan oleh guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, dan pemberian sertifikasi ini dilakukan oleh pemerintah dengan kriteria tertentu.
ENGLISH:
Education is a socialization process to achieve personal and social competence as a basis for developing their own potentials according to the capacity possessed. To achieve the performance goals of good teachers more efforts are needed for teachers in preparing strategies and media in accordance with these competencies. The formation of qualified human resources required process is not easy and quick but needed the right tools and a fairly long time.
The purpose of this study was to: (1) describe the Teacher Performance 7th grade Social Science in SMP Negeri 16 Malang, (2) describe the efforts made by the school in improving the teachers performance of Social Sciences 7th grade SMP Negeri 16 Malang.
To achieve these goals, qualitative research approach was used which is implemented directly in the field. Key instrument is the researcher himself, and data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Data were analyzed by exposing and reducing the data less relevant and interesting conclusions.
The results showed that, (1) the Teacher performance of Social Sciences 7th grade in SMP 16 Malang,in planning learning device in the form of teachers has outlined lesson plan, Syllabus, Promes, Prota etc. In the implementation of social studies teachers convey the purpose of learning, using methods that are appropriate to the material and classroom conditions and take advantage of the media in the classroom in the form of LCD for easy conveying the material to the students, (2) the efforts made by the school in improving the teacher performance of Science Social knowledge is that through training that is about make a device using method K13, granting the facilities needed by teachers in presenting the material to learners, and this certification schemes undertaken by the government with certain criteria.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kinerja Guru; Peningkatan Kualitas Kerja; Teacher Performance; Improved Quality Of Work | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2017 16:07 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2017 16:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6890 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |