Evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada tema indahnya kebersamaan Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang

Ashariani, Alin Destiyah (2015) Evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada tema indahnya kebersamaan Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11140081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Guru sebagai ujung tombak dalam suatu proses pembelajaran diharapkan mampu merencanakan suatu pembelajaran kedalam sebuah perencanaan pembelajaran yaitu RPP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang belum sesuai dengan ketentuan standar proses yang ada maka dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dapat digunakan oleh setiap pengajar sebagai pedoman umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan. Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini pengajar akan dapat mengajar dengan sistematis, tanpa khawatir keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya, maka penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui kesesuaian indikator, tujuan, materi, metode, sumber, media, langkah dan penilaian pembelajaran pada RPP Tema Indahnya Kebersaman Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV yang disusun oleh guru SD di Kota Malang dengan Standar Proses.

Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Lokasi penelitian dilakukan dilima SDN di kota Malang yaitu SDN Sawojajar 1, SDN Tanjungrejo 3, SDN Purwantoro 1, SDN Percobaan 1 dan SDN Kauman 1. Sumber data utama yang digunakan adalah RPP yang dibuat oleh guru SDN di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik random sampling. Data dianalisis dengan cara skor yang diperoleh dibagi dengan jumlah skor maksimum.

Penelitian ini menghasilkan diskripsi evaluasi kesesuaian RPP tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku SDN di kota Malang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator RPP dapat dikatakan cukup baik dan sudah sesuai dengan standart proses karena mempunyai nilai kesesuaian RPP sebesar 65. Tujuan pembelajaran RPP dapat dikatakan sangat baik dan sudah sesuai dengan standart proses karena mempunyai nilai kesesuaian RPP sebesar 89. Materi RPP dapat dikatakan sangat kurang dan belum sesuai dengan standart proses karena mempunyai nilai kesesuaian RPP sebesar 11. Metode pembelajaran RPP dapat dikatakan kurang dan belum sesuai dengan standart proses karena mempunyai nilai kesesuaian RPP sebesar 54. Sumber dan media pembelajaran RPP dapat dikatakan cukup baik dan sudah sesuai dengan standart proses karena mempunyai nilai kesesuaian RPP sebesar 68. Langkah pembelajaran RPP dapat dikatakan cukup baik dan sudah sesuai dengan standart proses karena mempunyai nilai kesesuaian RPP sebesar 65. Penilaian pembelajaran RPP dapat dikatakan kurang dan belum sesuai dengan standart proses karena mempunyai nilai kesesuaian RPP sebesar 51 Hal ini menunjukkan bahwa, RPP yang digunakan oleh guru SDN di kota Malang dapat dikatakan cukup baik.

ENGLISH:

Teachers as the spearhead in a learning process is expected to be able to plan a lesson into a lesson plan namely RPP. Learning Implementation Plan is not in accordance with the standards provisions of the existing process, it is feared to affect the result of students learning. This lesson plan can be used by each teacher as general guidelines for implementing the learning to their students, because it contains detailed instructions, meeting for the sake of meeting, the objectives, the scope of material that must be taught, teaching and learning activities, media, and the evaluation should be used. Therefore, by referring to this RPP teachers will be able to teach systematically, without worrying out of the purpose, scope materials, teaching and learning strategies, or out of the evaluation system supposedly, the study aims to; determine the suitability of indicators, objectives, materials, methods, resources, media, measures and assessment at RPP on themes The Beauty of Togetherness Sub Theme My Nation Cultural Diversity class IV that is arranged by elementary school teachers in Malang with Standard Process.

The approach used is quantitative evaluative research. The main instrument in qualitative research is the researchers themselves with the assistance of other instruments in the form of an assessment sheet. The Location of research is conducted in five SDN at malang. They are SDN Sawojajar 1, SDN Tanjungrejo 3, SDN Purwantoro 1, SDN 1 and SDN Kauman Experiment 1. The main Sources data used is RPP made by the teacher of Elementary School in Malang. Data collected by random sampling technique. Data were analyzed by means of the scores obtained divided by the maximum total score.

This research resulted description of conformity RPP theme the beauty of togetherness subtema my nation of cultural diversity SDN in the Malang city. The results showed that the RPP indicators can be quite good and is in conformity with the standards process because it has a value of 65. The RPP learning objectives can be said to be very good and is in conformity with the standards process because it has a value of 89. Material of RPP can be said very less and is not in accordance with the standards process because it has a value of 11. The RPP learning method can be said to be less and is not in accordance with the standards process because it has a value of 54. Source and RPP learning media can be quite good and is in conformity with the standard process because it has a value of 68. Step RPP learning can be quite good and is in conformity with the standards process because it has a value of 65. Assessment of RPP learning can be said to be less and is not in accordance with the standards process because it has value by 51 This shows that, RPP used by SDN’s teachers in Malang city can be quite good.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; Kurikulum 2013; Standar Proses; SDN Kota Malang; The Learning Implementasion Plan; Curriculum; 2013; Standard Process; SDN Malang City
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 27 Apr 2017 06:00
Last Modified: 27 Apr 2017 06:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6557

Actions (login required)

View Item View Item