Penurunan model traffic flow berdasarkan hukum-hukum kesetimbangan

Fitria, Binti Tsamrotul (2015) Penurunan model traffic flow berdasarkan hukum-hukum kesetimbangan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10610011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini membahas tentang penurunan model makroskopis masalah traffic flow berdasarkan hukum-hukum kesetimbangan, yaitu hukum kesetimbangan massa dan hukum kesetimbangan momentum. Asumsi yang digunakan adalah bahwa sepanjang interval jalan tidak ditemukan persimpangan yang menyebabkan perubahan jumlah kendaraan. Langkah-langkah dalam penurunan model persamaan tersebut adalah: (1) menurunkan persamaan kontinuitas dan persamaan momentum sebagai persamaan pengatur, (2) menentukan variabel-variabel yang mempengaruhi traffic flow yaitu kepadatan, kecepatan dan fluks kendaraan, (3) menurunkan model berdasarkan hukum-hukum kesetimbangan tersebut.

Model yang dihasilkan dalam skripsi ini dikenal sebagai persamaan Transport, dimana persamaan tersebut menyatakan kepadatan kendaraan per satuan luas jalan yang dipengaruhi oleh kecepatan. Untuk kecepatan kendaraan yang konstan, maka model tersebut menjadi model linier. Sedangkan bila kecepatan kendaraan bergantung pada kepadatan kendaraan maka persamaan tersebut menjadi non linier. Bentuk non linier dari persamaan traffic flow ini dikenal sebagai persamaan Burger. Solusi dari model yang dihasilkan didapat dengan menggunakan metode finite difference skema FTBS untuk bentuk yang linier dan menggunakan metode Lax Wendroff skema FTCS untuk bentuk yang non linier.

ENGLISH:

This study discusses the derivation of macroscopic model of traffic flow problems based on the laws of Conservation, those are Conservation law of mass and Conservation law of momentum. The asumtion used is that in the whole of intervals there is no junction which causes the number of vehicles to change. The steps in the derivation of the equation model are: 1. Deriving continuity equation and momentum equation as the regulator equation, 2. Determining variables which nfluence traffic flow, namely density, velocity and flux of vehicle, 3. Deriving model based on the laws of Conservation.

The resulting model in this thesis is known as the Transport equation, speed of ehicle where, the equation states the vehicle density per unit area which is affected by the speed road. For a constant vehicle speed, the model becomes linear. While, when the speed of the vehicle depends on the density of the vehicle, then the equation becomes non linear. Non linear form of the traffic flow equation is known as the Burger equation. The solution of the resulting model is obtained by using the method of finite difference implementing FTB scheme for linear form and using the method of Lax Wendroff implementing FTCS scheme for non-linear form.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Jamhuri, Mohammad and Sujarwo, Imam
Keywords: Traffic Flow; Model Makroskopis; Hukum Kesetimbangan; Metode Lax Wendroff; Macroscopic Model; The Conservation Law; Lax Wendroff Method
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Matematika
Depositing User: Luluk Handayani
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:34
Last Modified: 26 Apr 2017 02:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item