تطوير المادة التعليمية لتعليم قواعد اللغة العربية باستخدام طريقة التدريس القواعد خلال النصوص المتكاملة

Iffatinnuha, Iffatinnuha (2011) تطوير المادة التعليمية لتعليم قواعد اللغة العربية باستخدام طريقة التدريس القواعد خلال النصوص المتكاملة. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran tata bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur, kurang memperhatikan aspek penerapan dan latihan. Buku ajar tersebut berisi nudhum (syair-syair) Imrithi yang ditulis oleh guru di sekolah tersebut. Buku tersebut menyajikan tata bahasa secara langsung, contoh- contohnya sedikit dan tidak sesuai dengan bahasa yang sering digunakan, di dalam buku tersebut juga tidak terdapat latihan-latihan penerapan kaidah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan materi ajar tata bahasa Arab dengan menggunakan metode pengajaran tata bahasa melalui pemberian teks, mengetahui ciri khas materi ajar, dan mengetahui keefektifannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian R&D (Riset dan Pengembangan). Hasil pengembangan produk diajukan kepada beberapa ahli pembelajaran bahasa arab untuk memperoleh masukan, saran dan kritik guna perbaikan produk pembelajaran. Setelah selesai perbaikan produk, peneliti melakukan eksperimen dengan mengajukan materi yang telah dikembangkan kepada guru pengampu tata bahasa arab di madrasah tersebut untuk memperoleh penilaian dan tingkat penggunaannya pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Jimur Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 497 orang dengan rincian 182 siswa dan 315 siswi. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI program IPA-5 yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XI program IPA-4 yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas control. Peneliti mengambil sampel secara purposif acak. Instrumen yang digunakan berupa interview, observasi, tes dan angket.

Hasil penelitian ini adalah pengembangan materi ajar disusun melalui 6 langkah yaitu analisis kebutuhan, pengembangan memvalidasi merevisi, dan menguji coba. Sedangkan karakter bahan ajar ini bias dilihat dari beberapa aspek. Dari aspek tampilan buku, buku ajar

tersebut memperoleh skor 87% (baik), dari aspek dasar-dasar penyusunan buku, buku ajar tersebut memperoleh skor 88% (baik), dari aspek isi buku, buku ajar tersebut memperoleh skor 83% (baik), dari aspek bahasa yang digunakan, buku ajar tersebut memperoleh skor 88% (baik), dari aspek metode pengajaran, buku ajar tersebut memperoleh skor 88% (baik), dari aspek latihan, buku ajar tersebut memperoleh skor 85% (baik), sedangkan mengenai keefektifan bahab ajar ini, bahwa bahan ajar yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan kemampuan tta bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic menggunakan uji T-Test Independent dengan hasil 5,57 setelah dibandingkan dengan t-tabel skala 1% dan 5%.

ABSTRACT

The guiding book of Arabic grammar teaching which in used in madrasah aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur, a little part of using grammar and exercise. The guiding book is contain Imrithi Poem that had been written by teacher of grammar lesson of this school. The book more priority to the poem, a little part of example and less accordance with usage language.

The purpose of this research are to know how to develope subject matter of Arabic Grammar Teaching Based on Grammar Teaching Method Trought Giving Text, to know fhe character of the subject matter, and to know the effective of its.

The research design of this research is qualitative and quantitative approaches. And researcher used research and development (RnD) research method. After develop a study subject matter, the researcher consulted to whom was expert in Arabic teaching and asked the suggestion. Then, the researcher gave that study subject matter to Arabic grammar teacher in order to be valued and practiced in class to know how effective is that study subject matter. The population of this research were all student of class XI of Islamic high school of Tambakberas Jombang Jawa Timur, in academic year 2010/2011 which number are 497 student. The researcher took 42 as a sample from second degree in scientific 5 programme as experiment class. And 42 as a sample from second degree in scientific 4 programme as control class. The researcher divided those number purposively and randomly. The researcher collected the data using observation, interview, questioner and test.

The result of the research are: the development study subject matter of Arabic Grammar Teaching Based on Teaching Grammar Method Trought Giving Text are analyzing, developing, validating, revising and trying out. The character of the subject matter are showed by a score. The aspect of printing shows a score 87% (good), the principle of developing subject matter shows a score 88% (good), the content of the subject matter shows a score 83% (good), the language of subject matter shows a score 88% (good), the teaching method shows a score 88% (good), and the exercise shows a score 85% (good). And the effective of the subject matter showed by increasing of Arabic grammar skill of Islamic high school of Tambakberas Jombang Jawa Timur student with T-Test Independent value is 5,57 after conculted with table value on scale 1 % and 5 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Afifuddin Dimyathi, Muhammad and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: طريقة التدريس القواعد خلال النصوص المتكاملة ;تعليم قواعد اللغة العربية; تطوير; مادة التعليمية pengembangan; materi ajar; pengajaran tata bahasa Arab; metode pengajaran tata bahasa melalui pemberian teks; Developing; Subject Matter; Arabic Grammar Teaching; Teaching Grammar; Method Trought Giving Text
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:43
Last Modified: 11 Apr 2017 02:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item