Ifawati, Nur Ila (2010) إستخدام البرمجة اللغوية العصبية في نتمية مهارة الكلام: دراسة تجريبية في مدرسة التنوير المتوسطة الإسلامية تالون, سومبرجا, بوجونغارا, جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fullltext)
08720028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Para linguis berpendapat bahwa prinsip utama untuk menyampaikan materi bahasa adalah pengajaran tentang mendengar dan berbicara sebelum menulis. Prinsip ini bermula dari asumsi bahwa pengajaran terbaik untuk bahasa harus sesuai dengan perkembangan bahasa manusia secara alami. Dalam pengajaran bahasa, berbicara merupakan salah satu kemampuan berbahasa, dan tujuan pengajarannya adalah kemampuan siswa untuk berkomunikasi melalui berbicara bahasa Arab.
Oleh karena itu, bahwa berbicara merupakan kemampuan penting dalam kehidupan manusia. Sebagai guru bahasa sebaiknya peduli tentang keterampilan ini, akan tetapi pada kenyataannya banyak guru yang tidak mengetahui pentingnya pendekatan mengajar dalam proses belajar mengajar (KBM). Beberapa diantara mereka menggunakan pendekatan kurang relevan dengan kondisi para siswa dan esensi materi ajar. Sementara beberapa dari mereka belum bahkan tidak percaya kegunaan dan relevansinya. Dengan demikian masalah yang coba dimunculkan dalam penelitian ini adalah kurangnya pendekatan yang baik dan menarik yang digunakan oleh guru bahasa Arab sehingga siswa merasa bosan dan jemu dalam belajar bahasa Arab. Dan Neuro Linguistic Programming (NLP) atau pemrograman bahasa syaraf (otak) adalah salah satu solusi alternatif yang dianggap sebagai pendekatan pengajaran baru dalam pembelajaran bahasa Arab yang dapat mendorong siswa untuk belajar serta mengusir bosan dan jemu ketika belajar bahasa Arab.
Hipotesa penelitian ini adalah, kemampuan siswa dalam kemahiran berbicara meningkat setelah menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbasis Pemrograman Bahasa Syaraf (NLP), dan penggunaan NLP sebagai pendekatan pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara di MTsI Attanwir Talun Bojonegoro adalah efektif .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan NLP dan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaannya pada siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara di MTsI Attanwir Talun Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok (Eksperimen dan Kontrol). Populasi penelitian ini adalah para siswi kelas dua, dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini ialah 42 siswi.
Dan hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan berbicara siswi pada kelompok eksperimen sangat baik, dengan hasil rata-rata 82, dan (2) kemampuan berbicara siswi pada kelompok kontrol adalah baik, dengan hasil rata-rata adalah 76, dan (3) tingkat efektifitas penggunaan NLP dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan keterampilan berbicara adalah mencapai nilai t-hitung (3,34) yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada tingkat 0,05 (2,02) dan pada tingkat 0,01 (2,71). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Neuro Linguistic Programming dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan keterampilan berbicara adalah efektif.
ABSTRACT
Linguis said that the basic principle to deliver Arabic language matter is teaching about listening and speaking before writting. This principle begins from a presupposition that the best teaching language must suitable with the growing of human's natural language. In learning language, speaking in Arabic language is one of the language skill. The teaching Arabic language's purpose is student's capability in communication or speaking with Arabic language.
So, speaking is an essential skill in human's life. As a language teacher should concern about this skill, but many teachers don’t know the important of teaching approach in the process of teaching and learning. Some of them use irrelevant approach with the condition and appropriate material to their student, and even more they don't understand with the advantage and relevance. The research problem shows the lack of good and attractive approach used by the Arabic language teacher so that students feel bored in learning the Arabic language. A Neuro Linguistic Programming (NLP) is one of the ways which plays an important role as the means of modern teaching that can encourage students to learn and eliminate a boring when learning.
The research hypothesis is the use of Neuro Linguistic Programming based teaching approach can improve students’ achievement in speaking skill. And the improvement of students’ achievement in speaking skill at Islamic Junior High School Talun Bojonegoro by using Neuro Linguistic Programming is effective.
This research aims to know the results of the use of a Neuro Linguistic Programming and to find out how effective the use of a Neuro Linguistic Programming is in improving student's speaking skill at Islamic Junior High School Talun Bojonegoro. This research uses the experimental method with design pre-test and post-test for both groups (Experiment and Control group). From the total of population in the second year students the researcher has taken 42 students consisting of females.
The results of the research is obtained as follow : (1) the students’ speaking achievement in the experimental group is very good, the average result is 82, and (2) the students’ speaking achievement in the control group is good, the average result is 76, and (3) the effectively level of a Neuro Linguistic Programming in teaching Arabic language for the improvement of speaking skill reach the degree of t-test (3.34), this greater than t-table at the level of 0.05 (2.02) and at the level 0.01 (2.71). This indicates that the use of a Neuro Linguistic Programming in teaching Arabic language for the improvement of speaking skill is effective.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Dimyati, Mohammad Afifuddin and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | البرمجة اللغوية العصبية; مهارة الكلام; Neuro Linguistic Programming; Kemahiran Berbicara; Neuro Linguistic Programming; Speaking Skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2017 09:44 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:26 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6253 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |