إعداد التدربيات لمهارة الكتابة المقيدة: دراسة التجريبية في كتاب "تعليم العربية للمدرسة الثنوية" للأستاز الدكتور د. هدايت

Rohim, Syaifur (2010) إعداد التدربيات لمهارة الكتابة المقيدة: دراسة التجريبية في كتاب "تعليم العربية للمدرسة الثنوية" للأستاز الدكتور د. هدايت. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Bahwa keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan produktif yang diperhatikan oleh Kementrian Agama, dan ingin diajarkan pada siswa-siswa Madrasah Aliyah yang berada di bawahnya. Dalam rangka mensukseskan kegiatan pembelajaran Kementtrian Agama telah menerbitkan buku “Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Kurikulum 2008” yang ditulis oleh Prof. Dr. D Hidayat. sebagai buku ajar. Sesungguhnya penyusunan buku ajar adalah suatu yang kompleks yang mencakup penyusunan dan desain materi, penyusunan dan desain test, penyusunan dan desain latihan, uji lapangan untuk mengetahui sejauh mana kelayakan buku untuk dapat digunakan.

Dan bahwa ketrampilan menulis juga merupakan keterampilan yang diperhatikan oleh buku yang tersebut maka peneliti mengadakan pengamatan dan mendapati bahwa latihan yang disusun penulis untuk keterampilan menulis terbimbing jauh lebih sedikit dibanding dengan latihan yang disediakan untuk aspek keterampilan berbahasa lainnya. Bertolak dari temuan tersebut peneliti menyusun latihan baru untuk keterampilan menulis terbimbing dengan hasil akhir yang diharapkan adalah adanya buku latihan ketrampilan menulis terbimbing sebagai pendamping buku ajar.

Peneliti menyusun latihan keterampilan menulis terbimbing berdasarkan kurikulum KTSP 2008 dan bertujuan menghadirkan latihan baru dan mengukur tingkat efektifitasnya untuk meningkatkan keterampilan menulis terbimbing.

Peneliti telah menyelesaikan penyusunan latihan baru untuk keterampilan menulis terbimbing dalam sebuah buku pendamping untuk buku ajar dan dapat disimpulkan bahwa latihan yang disusun peneliti lebih efektif berdasarkan penegasan pakar, pendapat para guru, dan hasil uji lapangan yang diadakan di Madrasah Aliyah Muallimin NU Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental berusaha menentukan variabel-variabel utama yang berpengaruh pada variabel terikat pada eksperimen selain variabel yang dapat dijadikan pedoman diubah kepada keadaan tertentu untuk mengukur variabel terikat. Pada penelitian eksperimental peneliti tidak terikat pada batasan-batasan fakta tetapi
berusaha menguji terulangnya suatu keadaan secara konstan dengan memberikan perubahan-perubahan tertentu dan mengukur tingkat pengaruh atau hasilnya.

Dan dari hasil penelitiannya, peneliti menyarankan (1) berpijak pada dasar- dasar dan prinsip-prinsip ilmiah dalam menyusun latihan untuk kterampilan menulis terbimbing, (2) memperhatikan kebutuhan, motivasi, minat, dan kecenderungan peserta didik dalam rangka menyusun latihan keterampilan menulis terbimbing, dan (3) memperhatikan tuntutan kurikulum yang darinya sebuah buku ajar disusun.

Bahwa peneliti tidak mungkin mengadakan penelitian secara menyeluruh yang integratif untuk semua aspek keterampilan berbahasa yang menjadi bagian dari perhatian buku ajar, maka peneliti merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti (1) latihan yang disusun penulis untuk keterampilan menyimak, (2) latihan yang disusun penulis untuk keterampilan berbicara, dan (2) latihan yang disusun penulis untuk keterampilan membaca.

ABSTRACT

That writing skills are one of productive skills noticed by the Ministry of Religion and want to be taught to the students of Madrasah Aliyah below it. in order to succeed Ministry of Religion has published the book “Arabic Teaching for Class X of Madrasah Aliyah on KTSP 2008” written by Prof. Dr. D. Hidayat as the textbook. Indeed the textbook preparation is a complex that includes the preparation and design of materials, preparation and design of tests, planning and design of exercises, field tests to determine the extent to the feasibility of a book to use.

And writing skills are also the skills noted by the book. Then the researcher makes observations and found that the exercises prepared by the author for the skills of guided writing much less when compared with the exercises provided for other aspects of language skills. From these findings the researcher prepares new exercises for skills of guided writing with the expected end result is a book of exercises for skills of guided writing as companion of textbook.

Researcher prepare exercises for skills of guided writing based on the KTSP 2008 and aims to present a new exercises and measures its effectiveness to improve the skills of guided writing.

Researcher has completed the preparation of new exercises for skills of guided writing in a companion book to the textbook, an the affirmation of expert, a questionnaires distributed to a group of teachers, trial result in Madrasah Aliyah Muallimin NU Malang, it can be concluded that exercises compiled by him are more effective.

From the results of research, the researcher suggests to the teachers who want to arrange the exercise for writing skills (1) to base on fundamentals and scientific principles and theories that have been built by the scientists in preparing the exercises for skills of guided writing, (2) to pay attention to the motivations and the interests of students in learning, (3) to pay attention to the demands of curriculum that from it the textbook is compiled.

Because the researcher may not conduct integrative research thoroughly for all aspects of language skills that are part of the attention of the textbook, he recommend to the next researchers to conduct (1) evaluative research in exercises for listening skills that prepared by the author or experimental research to prepare the exercises of listening skills, (2) evaluative research on exercises prepared by the author or experimental research to prepare the exercises of speaking skills, (3) evaluative research on the exercises prepared by the author or experimental research to prepare exercises of reading skills.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Muhammad and Shaikhoun Mohamed Sulaiman, Mohamed
Keywords: مهارة الكتابة; Penyusunan, Latihan; Ketrampilan Menulis; Preparation; Exercises; Guided Writing Skills
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:12
Last Modified: 08 Apr 2017 05:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item