Rusman, Maman (2010) إعداد كتاب تعليمي و فعاليته لتدريس القواعد النحوية: بالتطبيق على معهد "الماء الشوقى" الإسلامى تشربون. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08720016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tata bahasa Arab mempunyai peranan penting dalam menjaga kelestarian bahasa Arab, karena tata bahasa merupakan hal yang sangat urgen sebagai dasar pembelajaran pada setiap bahasa, dia berfungsi sebagai alat control yang akurat dan menjadi pedoman ketika dalam keraguan dan kebingungan. Pondok Pesantren “Alma Asy-Syauqy” Cirebon sangat interes terhadap materi pelajaran tata bahasa sebagai landasan untuk mempelajari berbagai ilmu keagamaan seperti, Tafsir, Hadits, Fiqh dan sebagainya dimana kitab-kitab tersebut dicetak dengan menggunakan nash-nash berbahasa Arab. Buku pelajaran tata bahasa yang utama dipelajari oleh santri Pondok Pesantren “Alma Asy-Syauqy” Cirebon pada Tingkat Dasar adalah “Al-Ajrumiyyah”. Berdasarkan hal itu maka peneliti menganggap penting untuk menyusun buku pendamping terutama pada pembelajaran tata bahasa, sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca buku-buku keagamaan di Pondok Pesantren “Alma Asy-Syauqy” Cirebon.
Masalah penelitian ini adalah: 1)– Bagaimana menyusun buku pendamping untuk pelajaran tata bahasa? 2)- Bagaimana efektifitas penggunaan buku pendamping untuk pelajaran tata bahasa pada tingkat dasar di Pondok Pesantren, "Alma Asy-Syauqy" Cirebon?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunan buku pendamping pada pelajaran tata bahasa dan mengetahui efektivitas penggunaan buku pendamping untuk pelajaran tata bahasa pada tingkat dasar di Pondok Pesantren, "Alma Asy-Syauqy" Cirebon. Dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (Experimental Research), dimana peneliti mendesain pre test dan post test pada satu kelompok. Adapun komunitas penelitian ini adalah santri tingkat dasar di Pondok Pesantren, "Alma Asy-Syauqy" Cirebon, dan sampel dalam penelitian ini adalah 20 santri dalam satu kelompok.
Hasil penelitian ini adalah: 1)- Penyusunan buku pendamping dengan memperhatikan: standar validitas, minat, orientasi pada kepentingan siswa serta standarisasi global. Disamping itu peneliti membaca buku-buku yang berhubungan dengan buku tata bahasa juga memperhatikan perkembangan bahasa santri dan budaya dilingkungan Pondok Pesantren. 2)- Penyusunan buku pendamping ini secara umum bisa dikatakan baik. Buku ini sangat efektif untuk pengajaran tata bahasa pada santri tingkat dasar di Pondok Pesantren “Alma Asy-Syauqy” Cirebon. setelah dipraktekan pada Proses Belajar Mengajar. Penggunaan buku ini mempermudah guru Tata Bahasa. Dan mempermudah santri untuk melaksanakan proses pembelajaran dan latihan.
ABSTRACT
Arabic structure principles have certain role to maintain the Arabic Language. This principle of nahwu is important, because it is the basics of learning language and also the reference when some ambiguities appear. Pesantren al-Ma’ as-Syauqi Al-Islami Cirebon shows it’s great interest in Arabic grammar material in order to study the religious sciences such as tafseer, hadith, fiqh, etc. and all of these studies are based on the books that are printed in Arabic texts. In the earlier, the books that used by the students in al-Ma’ as- Syauqi al-Islamic Cirebon is al-Ajrumiyah. Therefore, the researcher took initiative to compile a textbook especially for learning nahwu in order to analyze the problems that concern to the ability of reading religious books in Ma'had al-Ma’ as- Syauqi al-Islamic Cirebon.
The Statement of the problems in this research are: 1) How to compile learning nahwu principle’s book? 2) How is the affectivity of using the learning nahwu principle’s book in the first grade of Ma'had al-Ma' as-Syauqi al-Islamic Cirebon?
The objectives of this study are to identify the process of compiling learning nahwu principle’s book and the effectiveness of using nahwu textbook in the first grade of Ma'had al-Ma' as-Syauqi al-Islamic Cirebon. The methodology used in this research is experimental research in which the researcher chooses the pre- and post test to a group, contain of 20 peoples, from the students on the first grade of Ma'had al-Ma' as-Syauqi al- Islamic Cirebon.
The significances of this study are: 1) The finding of this research are expected to compose this textbook based on the validity standard of the importance, tendency, attention, learning acceptance, and international standards. Besides, the researcher also looks into some books and takes note of the language and culture of the students. 2) This research will be valuable source and effective way in compiling nahwu textbook for the students in the first grade of Ma'had al-ma' as-Syauqi al-Islamic Cirebon. Thus, the teachers and also the students get easily in learning and practicing Arabic grammar.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | القواعد النحوية; Buku Pendamping; Tata Bahasa Arab; Textbooks; nahwu principles | ||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:06 | ||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6211 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |