Ulil Kirom, Makhi (2010) تطوير تعلّم اللعة العربية باستخدام وسيلة برنامج أدوبي فلاش و أثره في ترقية رغبة التلاميذ: بالتطبيق على مدرسة منبع العلوم الابتدائية بمالابج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08720015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sekolah dasar adalah tahap dasar dalam pembelajaran, begitu juga dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti memilih tingkat ini karena pada tahap ini lah siswa mulai belajar bahasa Arab, dan kesan pertama dalam belajar sangat mempengaruhi siswa secara psikologis atau keilmuan. Dan agar dapat membuat kesan yang baik terhadap siswa, peneliti merancang sebuah media pembelajaran dengan program dasar Adobe Flash. Peneliti memilih program ini karena program ini dianggap paling sesuai sesuai dalam penggunaannya dalam pembelajaran.
Setelah peneliti selesai merancang media ini, kemudian peneliti melakukan percobaan, dan mengobservasi kondisi siswa sepanjang pelajaran dan pengaruh media yang dirancang terhadap pelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja media yang digunakan dalam proses pengajaran bahasa Arab untuk siswa di MI Mambaul Ulum, (2) Bagaimana cara mendesain materi pendidikan dengan menggunakan Program Adobe Flash dalam pembelajaran bahasa dalam bahasa Arab? (3) apa dampak penggunaan program Adobe Flash dalam peningkatan minat siswa MI Mambaul Ulum dalam pelajaran bahasa Arab?
Kelompok penelitian pengembangan ini terdiri dari siswa MI Mambaul Ulum tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV. Variabel independen dalam penelitian ini adalah program Tutorial Adobe Flash, dan variabel pengikat adalah keinginan siswa untuk belajar bahasa Arab.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) media yang digunakan pada MI Mambaul Ulum adalah media konvensional, papan tulis, buku, dan pena. (2) peneliti telah menyelesaikan perancangan media pembelajaran menggunakan program Adobe Flash, yang terdiri dari: (a) tampilan utama, (b) layer bantuan, (c) layar untuk mata pelajaran, (d) layar tentang program dan perancang program. (3) dan setelah dilakukan percobaan penerapan program terhadap siswa, diketahui bahwa alat yang dirancang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab. Berdasarkan proses desain dan hasil percobaan, dapat dikatakan bahwa desain program ini di butuhkan dalam mengembangkan dan meningkatkan proses pembelajaran bahasa Arab, terutama untuk siswa sekolah dasar.
ABSTRACT
The elementary school is a basic step in learning, as well as in learning Arabic. Researchers chose this level, because at this stage students begin to learn language arabic, and first impressions affect student learning in a psychological or scientific. And in order to make a good impression on students, researchers designed a basic program of learning media with Adobe Flash. Researchers chose this program because this program is deemed most appropriate based on its use in teaching.
After the researchers finished designing this media, then researchers conducted an experiment, and observing the condition of students throughout the lesson and the influence of media that are designed to the lesson.
Formulation of the problem in this research are: (1) What are the media used in the process of teaching Arabic to students at MI Mambaul Ulum, (2) How to design educational materials using Adobe Flash in the learning program in Arabic language? (Three), what impact the use of Adobe Flash in increasing students' interest in MI Mambaul Ulum Arabic lessons?.
Development research group consists of students Mambaul Ulum MI 2009/2010 academic year. The research sample consisted of fourth grade students. Independent variables in this research program is Adobe Flash, and variable binding is the desire of students to learn Arabic.
Results from this study are: (1) media used in MI Mambaul Ulum is conventional media, blackboards, books and pens. (2) Researchers have completed the design of instructional media using Adobe Flash program, which consists of: (a) the main view, (b) support layer, (c) screen to subjects, (d) the display of program and project designer. (3) and after the trial implementation of the program on students, it is known that the tools are designed to be used for students' motivation development in Arabic subjects. Based on the design process and the experiment results, it can be said that the design of the program is in need in developing and enhancing the process of learning Arabic, especially for elementary school students.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | برنامج أدوبي فلاش; تطوير تعليمي ;pengembangan pembelajaran; program adobe flash; Learning development; Adobe Flash Program | ||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:07 | ||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 09:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6210 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |