استخدم مدخل التعليم السياقي لتنمية مهارة القراءة: بحث تجريبي في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية سمفانج اوليم آتشية الشرقية ننجروا آتشية دار السلام

Fadli, Mohammad (2010) استخدم مدخل التعليم السياقي لتنمية مهارة القراءة: بحث تجريبي في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية سمفانج اوليم آتشية الشرقية ننجروا آتشية دار السلام. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kemahiran membaca merupakan salah satu kemahiran berbahasa yang perlu di tingkatkan dan dikembangkan. Aktivitas membaca pada hakikatnya bukan sekedar mampu mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks, tetapi merupakan sebuah aktifitas yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek kecakapan berbahasa lainnya yang dimiliki seorang pembaca (siswa) untuk dapat memahami teks dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut, dalam proses pembelajaran membaca para siswa perlu dibekali dengan pendekatan atau teknik membaca yang tepat yang dapat memudahkan mereka dalam memahami teks

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemahiran siswa membaca teks bahasa Arab pada aspek pemahaman yang meliputi; pemahaman ide pendukung dalam teks (isi teks) dan pemahaman ide pokok dalam paragraf. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternative yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen. Desain penelitian yang di gunakan adalah The Equivalent Pretest- Postest Design Dengan latar pembelajaran di kelas yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian yaitu kelas II.A dengan jumlah siswa 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas II.B dengan jumlah siswa 38 sebagai kelas Kontrol.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bahwa penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) tersebut telah memberikan dampak positif bagi siswa dalam pembelajaran qiraah. Terdapat peningkatan motivasi dan semangat siswa untuk membaca, serta dalam memahami bacaan.(2) bahwa efektifitas penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan ketrampilan membaca telah terbukti secara nyata dan meyakinkan dengan bukti yang kuat berdasarkan hasil post-test kelompok eksperimen dan kelompok control dihasilkan nilai t= 7,36.

Dari hasil ini, kita mengetahui bahwa penggunaan pendekatan contextual teaching and learning dengan tehnik jigsaw efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca. Termasuk juga dari hasil angket tentang sikap siswa saat melaksanakan pembelajaran ketrampilan membaca siswa pada MTsN Simpang Ulim, dari data dapat diketahui bahwa siswa tertarik dalam belajar membaca dengan pendekatan ini. Juga pendapat dari para guru bahwa pendekatan contextual teaching and learning cukup efektif untuk meningkatkan ketrampilan membaca.

ABSTRACT

Reading skill is one of language skill that needs to be improved and developed. Actually, reading activity is not merely pronouncing sound symbols in the text; it is also a complex skill that engages various aspects of skill that reader (students) has to comprehend the text as well. To reach that purpose, the reading teaching process process also necessitates students to be supported by suitable reading approach and technique that make them easy to comprehend the text.

The research aimed at knowing the effectiveness of Contextual Teaching and Learning approach in improving and developing students’reading skill that comprises comprehension of supporting ideas as well as comprehension of main idea in each paragraph. Based on that purpose, it is expected that the result of this research becomes an alternative model potentially exercised for teaching Arabic reading skill. This research is exsperiment research, this research developed pre- test and post-test two group design (exsperiment class and control class) and each class 38 students, with reading teaching with using contextual teaching and learning approach of experiment class.

The result of this thesis are :(1) the using of Contextual Teaching and Learning approach the positive effect to the students in studying Arabic. This Contextual Teaching and Learning approach develops the motivation and the spirit of the students to studying Arabic and the fluency and bravery of the students in reading loudly, as well as in understanding a reading,(2) the effectiveness of using Contextual Teaching and Learning approach has proved and convinced through the strong evidence which is based on the result of post- test of two groups, it is found t = 7,36.

Based on result, we can know that the use of the contextual teaching and learning approach is effective in increasing the students’ ability in reading skill, it can be inferred from the questioners spread about the manner of the students when learning reading skill in MTsN Simpang Ulim, the data shows that the students are interested. In addition, the teachers say that the contextual teaching and learning approach with jigsaw method is effective for increasing students’reading skill.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Dimyathi, Afifuddin and Mohamed Bakheet Ahmad, Bakry
Keywords: مهارة القراءة; مدخل التعليم السياقي; Kemahiran Membaca; Pendekatan CTL Contextual Teaching; Learning; Reading Skill; Contextual Teaching; Learning Approach
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:07
Last Modified: 08 Apr 2017 05:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6207

Actions (login required)

View Item View Item