تعليم القواعد باستخدام الجداول لتنمية مهارة القراءة: بحث تجريبي بجامعة مولانا مالك إبراهم الإسلامية الحكومية مالانج

Saidah, Lailatus (2010) تعليم القواعد باستخدام الجداول لتنمية مهارة القراءة: بحث تجريبي بجامعة مولانا مالك إبراهم الإسلامية الحكومية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08720010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Membaca adalah keterampilan penting yang berfungsi untuk memperoleh informasi, dan keberadaanya, merupakan alternative dari keterampilan lisan serta sebagai penguat bahwa keberadaanya merupakan jendela pengetahuan yang paling penting bagi manusia. Membaca adalah proses akal dalam bentuk pengubahan lambang-lambang tulis menjadi makna-makna pikiran atau bunyi. Dalam penelitian ini peneliti mengamati bahwa masih banyak mahasiswa perguruan tinggi yang masih lemah dalam membaca dengan keras teks-teks arab padahal kecakapan tersebut mendasari kecakapan membaca mereka yang lebih komplek. Membaca keras yang benar dengan melihat pada sisi qowaidnya adalah membaca dengan memperhatikan ketepatan harokat pada akhir kata sesuai dengan nahwu dan shorofnya, memperhatikan struktur kalimat yang ada, dan terhindar dari kesalahan. Oleh karena hal tersebut, dan agar supaya ungkapan dan pemahaman tidak salah serta memiliki rasa bahasa maka sudah selayaknya menempatkan qowaid nahwu pada posisi yang sebenarnya.

Berlandaskan pada hal tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengajar yang paling sesuai dalam pengajaran qowaid dengan media table untuk meningkatkan keterampilan membaca, serta mengukur efektifitas pengaruh variable bebas tersebut terhadap variable terikat. Peneliti berharap, penelitian ini menjadi salah satu model alternatif dalam pengembangan media pengajaran qowaid untuk meningkatkan keterampilan membaca keras mahasiswa. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap satu kelompok (The One Group Method). Penelitian ini diterapkan pada sample dari mahasiswa jurusan PBA semester dua Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu kelas (A) dan kelas (B) dengan jumlah 50 mahasiswa.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut:1)- Bahwa pengajaran qowaid dengan media table telah memberikan pengaruh positif terhadap mahasiswa dalam memahami materi nahwu yang diajarkan, serta meningkatkan motivasi dan semangat mereka dalam pengajaran nahwu, selain itu penggunaan media ini dapat menfokuskan mahasiswa pada latihan identifikasi kata-kata dalam kalimat serta menganalisanya untuk meningkatkan keterampilan membaca keras. 2)- Bahwa efektifitas pengajaran qowaid dengan menggunakan table dan latihan mahasiswa dalam mengidentifikasi kata-kata dalam kalimat untuk meningkatkan keterampilan membaca keras adalah mencapai nilai t-hitung (12,3) yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada tingkat 5% (2,02) dan pada tingkat 1% (2,70). Dan dari hasil tersebut dapat kita ketahui bahwa Pengajaran Qowa`id dengan Menggunakan Tabel untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca adalah efektif dan sesuai.

ABSTRACT

Reading is an important skill functioning to get information, and its existence is an alternative way of oral skill and a lasing that its existence becomes the most important way of the window of knowledge for human being. Reading is the process of sense in the modification form of written symbols to mind or sound meanings. In this research, the researcher observes that there are students who are still weak in reading Arabic texts loudly in which its proficiency underlies their more complex reading proficiency. The right reading loudly by seeing the grammar is the reading regarding the accuracy of vowel (harakat) in the end of words appropriating for their syntax (nahwu) and morphology (shorof), regarding the sentence structure, and avoiding from mistake. Therefore, putting grammar and syntax in the right place is a must, so that expression and understanding of Arabic is right.

Based on the explanation above, this research aims at knowing the most appropriate teaching process in learning grammar by using table to improve reading skill, and to measure the effectiveness of the independent variable toward the dependent one. The researcher expects that this research becomes one of the alternative models in the development of the way of teaching grammar to improve students’ reading skill loudly. This research uses experiment procedure in which the researcher designs the pre-test and the post-test toward one group (the one group method). This research applies the sample of the second-semester students of PBA (Arabic education) department of Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang, they are A-class and B-class containing of 50 students.

The result of this thesis are :(1) the teaching grammar by using table as the medium has given positive effect toward the students in understanding syntax (nahwu) taught to them, and improving their motivation and spirit in learning it. Besides, the using of this medium can make them paying attention in the training of identifying words in a sentence and analyzing them to improve reading skill loudly. (2) the effectiveness of teaching grammar by using table and students’ training of identifying words in a sentence to improve reading skill loudly achieves the t-point (12.3) in which it is bigger than the t- point in the level of 5% (2.02) and of 1% (2.70). Based on result above, we can know that teaching grammar by using table to improve reading skill is effective and appropriate.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syuhadak, Syuhadak
Keywords: مهارة القراءة; Penggunaan table dalam pengajaran qowa`id; Kemahiran membaca; the using of table in teaching grammar; reading skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:07
Last Modified: 08 Apr 2017 05:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item View Item