Yuspa, Anida (2010) فعالية استخدام طريقة المناقشة السباقية في ترقية مهارة القراءة: دراسة تجربية بالتطبيق على مدرسة "المعارف" الثنوية الإسلامية بسنجاسارى مالانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08720005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (767kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Pengajaran keterampilan berbahasa bertujuan untuk membekali siswa dengan informasi dan pengetahuan penting yang diperlukan siswa dalam berbagai aspek kehidupan. Dan jelaslah bahwa tidak mungkin mencapai berbagai informasi dan pengetahuan tanpa membaca, oleh karena itu melatih kemampuan membaca yang baik sangatlah penting. Terkait dengan hal ini, pemilihan metode pengajaran yang baik dalam mengajarkan keterampilan membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan memperoleh berbagai ilmu pengetahuan, di samping itu juga membuat siswa gemar membaca. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan metode diskusi-lomba dalam pengajaran keterampilan membaca.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: ١. Sejauh manakah tingkat efektivitas penggunaan metode diskusi-lomba untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II Jurusan IPA MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam memahami kosa kata bahasa Arab?, ٢. Sejauh manakah tingkat efektivitas penggunaan metode diskusi-lomba untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II Jurusan IPA MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam memahami pengetahuan yang terkandung dalam kalimat?, ٣. Sejauh manakah tingkat efektivitas penggunaan metode diskusi-lomba untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II Jurusan IPA MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam memahami ide pokok pikiran yang terkandung dalam paragraf?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas penggunaan metode diskusi-lomba untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II Jurusan IPA MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam memahami kosa kata bahasa Arab, dalam memahami pengetahuan yang terkandung dalam kalimat, dan dalam memahami ide pokok pikiran yang terkandung dalam paragraf.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest dan posttest untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, angket dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa nilai t-hitung: ١٠،١٨, lebih besar dari nilai t-table pada taraf ١٪ yaitu ٢،٦٤ dan lebih besar dari taraf ٥٪ yaitu ١،٩٩. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan metode diskusi-lomba terbukti efektif untuk
Meningkatkan kemampuan siswa kelas II Jurusan IPA MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam memahami kosakata bahasa Arab, memahami ilmu pengetahuan yang terkandung dalam kalimat dan dalam memahami ide pokok pikiran yang terkandung dalam paragraf.
ABSTRACT
Reading is one of four language skills. The instruction of language skills is aimed to supply students with important information and knowledge which they need in many aspects of life. It’s clearly impossible to get information without reading. Therefore, reinforcing reading skills is very important. Related to this point, choosing a suitable instructional method in teaching reading skill may improve students’ competence in understanding and getting information. In this research, the researcher applies discussion-competition method in teaching reading skills.
The research problems are: ١) how is the effectiveness of using the discussion-competition method to upgrade the competence of second grade science-class students of Islamic Senior High School al Ma’arif Singosari Malang in vocabulary understanding?, ٢) how is the effectiveness of using the discussion- competition method to upgrade the competence of second grade science-class students of Islamic Senior High School al-Ma’arif Singosari Malang in the sentences understanding?, ٣) how is the effectiveness of using the discussion- competition method to upgrade the competence of second grade science-class students of Islamic Senior High School al-Ma’arif Singosari Malang in understanding the main idea of the paraghraf?.
This research is experimental research with pretest-posttest design for experiment and control groups. It has qualitative-quantitative approach and uses four instruments: observation, interview, questionnaire, and test.
The research findings show that t-test value: ١٠،١٨ higher than t-table value at ١٪ that is ٢،٦٤ and higher than t-table value at ٥٪ that is ١،٩٩, it means the hypothesis of this reseach is accepted. So, the conclusion is that the use of discussion-competition method is effective to upgrade the competence of second grade science-class students of Islamic Senior High School “Al-Ma’arif” Singosari Malang in understanding the vocabularies, the sentences, and the main idea of the paraghraf.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ainin, Mohammad and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | طريقة المناقشة السباقية; ترقية مهارة القراءة; Metode Diskusi; Lomba; Peningkatan Keterampilan Berbicara; discussing; competition method; reading skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:09 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 10:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6201 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |