طريقة التعلم التعاوني و فعاليتها في تنمية مهارة الكتابة: بالتطبيق على المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الأولى فالمبانج سومطرة الجنوبية

Marzuqi, Taufiq (2009) طريقة التعلم التعاوني و فعاليتها في تنمية مهارة الكتابة: بالتطبيق على المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الأولى فالمبانج سومطرة الجنوبية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Menulis merupakan media komunikasi bahasa antar individu dalam menyampaikan maksud, pikiran, perasaan dan mencatat berbagai kejadian serta fenomena. Menulis merupakan aktifitas yang memiliki dua aspek : pertama, aspek mekanik, mencakup keterampilan mekanik khususnya penulisan huruf, ejaan dan tanda baca. Kedua, aspek rasio, menuntut adanya pengetahuan yang baik tentang nahwu, kosa kata dan penggunaan bahasa.

Pengajaran bahasa Arab (khususnya pengajaran keterampilan menulis) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang, menurut pengamatan peneliti masih belum menggembirakan. Aktifitas belajar mengajar masih menggunakan pendekatan, metode dan pola yang membuat siswa merasa jenuh dan tidak terlibat secara aktif di dalamnya. Dan aktifitas belajar masih terpusat pada guru tanpa memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan menulisnya. Kondisi inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan eksperimen dengan menerapkan pola Student Team-Achievement Division (STAD) dalam pengajaran menulis. Karena pola ini telah diuji-cobakan oleh para peneliti terdahulu dalam berbagai lapangan penelitian pendidikan.

Student Teams-Achievement Division (STAD) merupakan salah satu pola Cooperative Learning yang membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil yang tidak sejenis, yang terdiri dari siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Jumlah anggota setiap kelompok terdiri dari 4-6 orang siswa, yang saling bekerja sama di dalam kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama.

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui bagaimana penerapan pola Student Teams-Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang, 2) Mengetahui efektifitas penerapan pola Student Teams-Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam menerjemahkan ide, menyusun kalimat bahasa Arab yang sesuai, memilih kosa kata yang tepat, menggunakan tata bahasa dan menulis huruf Arab, 3) Mengetahui keterampilan menulis yang paling sesuai diajarkan dengan menggunakan pola Student Teams-Achievement Division (STAD).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang T.A. 2008/2009 yang terdiri dari 5 kelas. Kemudian peneliti menetapkan kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan memilih secara acak 25 orang siswa dari setiap kelas tersebut sebagai sampel. Instrumen penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pre-test dan post-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) Penggunaan pola Student Teams-Achievement Division (STAD) terbukti lebih efektif dibandingkan pola tradisional yang digunakan guru di kelas kontrol. 2) Penggunaan pola Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang, 3) Keterampilan menulis yang paling sesuai diajarkan dengan menggunakan pola Student Teams-Achievement Division (STAD) adalah pemilihan kosa kata yang tepat.

ABSTRACT

Writing is a media in language communication among people to deliver his/her intention, thought, and feeling and to make a note of many events and phenomenon. Writing is an activity involving two aspects: first, mechanical aspects ranges from mechanical skills especially writing letter, spelling, and punctuation mark. Secondly, ratio aspect that demands a good knowledge about nahwu, vocabulary, and language usage.

Arabic teaching (especially in writing skill teaching) in The State Islamic Senior High School 1 Palembang, according to the researcher observation is still not satisfying yet. Teaching learning activities still uses traditional approach, method, and pattern that make the students bored and to be passive in the class. Learning activities is still teacher-centered without giving big opportunity for the students to improve their writing skill. This condition encourages the researcher to make experiments by applying Student Team-Achievement Division (STAD) pattern in writing class because the previous researcher has tested it in many educational research fields.

Student Team-Achievement Division (STAD) is one of cooperative learning patterns, which dividing the students into heterogeneous sub-groups that consists of some students with different ability. The number of each group members is 4-6 students. They work in collaboration each other to gain their objective.

Purpose of this research is: 1) to know how the applications of Student Team-Achievement Division (STAD) pattern in improving students’ writing skill in The State Islamic Senior High School 1 Palembang. 2) To know the effectiveness of Student Team-Achievement Division (STAD) application in improving students’ competence in translating ideas, structuring appropriate Arabic sentences, selecting an appropriate vocabulary, and using a right Arabic grammar. And 3) to know the most appropriate writing skill to be taught using Student Team-Achievement Division (STAD) pattern.

This research uses experimental research method. The population is all students in class XI Science Majors of The State Islamic Senior High School 1 Palembang at academic year of 2008/2009. It consists of 5 classes. Further, the researcher determines class XI IPA 1 and XI IPA 2 as the experimental class and control class, respectively. The researcher also chooses 25 students from each class randomly as the sample. The research instruments is tests that comprises both pre-test and post-test.

The research results show that: 1) the application of Student Team- Achievement Division (STAD) pattern is proven to be more effective than traditional one applied in control class. 2) The application of Student Team- Achievement Division (STAD) pattern can improve students’ writing skill in The State Islamic Senior High School 1 Palembang. And 3) the most appropriate writing skill to be taught using this Student Team-Achievement Division (STAD) pattern is a right vocabulary selection.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syuhadak, Syuhadak and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: مهارة الكتابة; Student Teams; Achievement Division (STAD); Keterampilan menulis; Student Teams Achievement Division (STAD); writing skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:50
Last Modified: 03 Apr 2017 11:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item