استخدام الأفلام التعلمية لتنمية مهارة الكتابة: بحث إجرائي صفيّ في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الاولي بيما

Subhan, Subhan (2009) استخدام الأفلام التعلمية لتنمية مهارة الكتابة: بحث إجرائي صفيّ في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الاولي بيما. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (969kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tentang upaya peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan media film pendidikan pada siswa kelas III jurusan bahasa MAN I Kota Bima

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : " Bagaimana upaya peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan film pendidikan pada siswa kelas III jurusan bahasa MAN I Kota Bima

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa MAN I Kelas III Jurusan Bahasa (1) Kota Bima

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang berlangsung dalam dua siklus. Sumber datanya adalah guru dan siswa kelas III jurusan bahasa MAN I Kota Bima tahun pelajaran 2008/2009. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan, tes dan angket. Sedangkan analisisnya melalui analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Upaya peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan film pendidikan sesuai dengan rencana pengajaran yang telah ditetapkan. Upaya tersebut berhasil meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan bukti bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam tes kemampuan menulis yang diperoleh sebelum tindakan hanya 7 orang siswa atau 17,5% yang mencapai predikat baik, dan pada siklus pertama siswa yang berhasil mencapai predikat baik sebanyak 23 orang atau 58,5%, dan lebih meningkat lagi setelah tindakan pada siklus kedua, yaitu sebanyak 26 siswa atau 65% berhasil mencapai predikat baik, bahkan 5 orang siswa atau 15% dari mereka mencapai predikat sangat baik. (2) Penggunaan film pendidikan dalam pengajaran menulis telah membangkitkan semangat siswa untuk belajar menulis bahasa arab, karena media tersebut dianggap sangat menarik dan menyenangkan.

ABSTRACT

This research is about improving efforts of writing skill using educational movie media for students of class three, languages department at State Islamic Senior High School I Bima.

The Research problem of the study is: “How are the improvement efforts of writing skill using educational movie for students of class three, languages department at State Islamic Senior High School I Bima”.

The Significant of the study is to improve students writing skill of class three, languages department State Islamic Senior High School I Bima.

This research is kind of Classroom Action Research consisting of four phases, planning, implementation, observation, and reflection that take place in two cycles. The Data sources are from teachers and students of class three, languages department at State Islamic Senior High School I Bima in academic year 2008/2009. The methods of collecting data are interview, observation, test, and questionnaire. Besides, the analysis is through quantitative and qualitative data analysis.

The results of the study are: (1) The Improving efforts of writing skill using educational movie is appropriate with decided teaching planning. The effort is success to improve students writing skill. It is shown by evidence that achievement grade of student obtained by them before the activity with good predicate is only 17.5%, at first cycle, they who obtain good predicate are 58.5%, and more increasing again at second cycle activity, that is 65% student successfully reach good predicate, even 15% from them reach very good predicate. (2) Using educational movie in teaching writing is inspiring the students to learn writing Arabic, because the students consider that those media is attractive and favorability.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Nasaruddin, Nasaruddin and Mahmud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: استخدام الأفلام التعلمية; تنمية; مهارة الكتابة; Educational Movie; Improving; Writing Skill; Film Pendidikan; Meningkatkan; Kemampuan menulis; ;
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:50
Last Modified: 03 Apr 2017 11:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item View Item