Mukhlasin, Mukhlasin (2009) فعالية استخدام علامات الإعراب في تعليم مهارة القراءة: في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية سوروه. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07930045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (866kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dari sekian banyak problematika pengajaran qiraah adalah strategi pemebelajaran, di samping kurikulum, buku ajar, persepsi tujuan pembelajaran dan kualitas sumberdaya pengajar. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitian pada setrategi yaitu dengan menerapkan rumus dalam pembelajaran qiraah dengan pertimbangan bahwa setrategi ini dianggap cocok untuk siswa Alliyah yang belum bisa membaca Arab tanpa harakat. Strategi ini merupakan usaha penulis untuk mempermudah belajar dan mengajar membaca Arab yang tak berharakat bagi siswa pemula artinya siswa yang belum bisa sama sekali membaca tulisan Arab tanpa berharakat, dan merupakan setrategi baru belum ada kajian yang membahasnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Bagaimana pembelajaran qiraah dengan penerapan rumus dan sejauhmana efektifitasnya yang diterapkan di MAN Suruh Kabupaten Semarang".
Hipotesis penelitian ini adalah bahwa pembelajaran qiraah dengan menggunakan rumus mempunyai efektifitas lebih tinggi dibandingkan lainnya (cara tarjamah).
Penelitian ini menggunakan metode uji coba yang dilaksanakan di MAN Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009 dan dengan membandingkannya dengan cara tarjamah. Adapun instrument penelitian ini menggunakan tes baik pra pembelajaran maupun pasca pembelajaran. Dan yang menjadi populasi adalah semua siswa MAN Suruh. Kelompok experiment berjumlah 90 siswa dan kelompok pengontrol 90 siswa sehingga berjumlah 180 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dilaksanakan proses pembelajaran cenderung samara karena tidak perbedaan yang signifikan antara keduanya yakni kelompok eksperimen mempunyai rata-rata 16,867 dan kelompok kontrol 15,889. Namun setelah dilaksanakan proses pembelajaran rata-rata kelompk eksperimen mencapai 37,90 atau meningkat 21,333 sedangkan pada kelompok kontrol hanya meningkat menjadi 20,067 atau meningkat 4,871 dan perbedaan rata keduanya adalah 17,83. Dengan demikian jelaslah bahwa pembelajaran membaca dengan penerapan tanda i'rab sangat efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Penelitian ini hanya membahas tentang penerapan tanda i'rab dalam pembelajaran qiraah dengan mengesampingkan pemahaman atau arti, dan harapan penulis untuk dilakukan penelitian yang sejenis dan dilengkapi dengan pemahaman teks.
ABSTRACT
Strategy instruction of reading is one of the problems of instruction beside curriculum, teaching book, perception of target of instructor and quality’s teachers. In the research, researcher focused it at strategy that is by Express Voice State Symbol in teaching of reading with consideration the strategy is very suited for student of Aliyah which can not yet read Arab without harakat. The strategy is one art of teaching in teaching activity to read the Arabic language, and this is a new strategy and no one research it yet.
Problem statement of this research is "How to teach the reading Arabic language by the Express Voice State Symbol and how far the Express Voice State Symbol can be effective at MAN Suruh sub-province Semarang.
Hypothesis of the research is that reading teaching by Express Voice State Symbol better than reading teaching by others method.
This research use experience practice of reading teaching by Express Voice State Symbol in MAN Suruh sub-province Semarang in school year 2008/2009 and comparing it with read teaching by translation. The instrument of the research is pretest and posttest. And the population of the research is all student of MAN Suruh. The experiment population is 90 student and the controlling population is 90 student and then 180 populations
Result of this research indicate that ability read experiment group and group control before executed by study process tend is same because difference not signifikan between both namely experiment group have mean 16,867 and group control 15,889. But after executed by process study of mean of kelompk tired experiment 37,90 or mount 21,333 while at group control only mounting to become 20,067 or mount 4,871 and difference flatten both is 17,83. Clear thereby that study read with applying of sign of Express Voice State Symbol very effective in reaching the target of study.
This research only studying about applying of sign of Express Voice State Symbol in study of reading despite meaning or understanding, and writer expectation to be conduct by research which of a kind and provided with the understanding of text.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم القراءة; علامات الإعراب; Strategi Rumus; Pembelajaran Qiraah; Express Voice State Symbol; instruction of reading | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2017 15:56 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6137 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |