فعّالية استخدام بطاقات الأسئلة والأجوبة في تعليم القراءة: بالتطبيق علي المدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة الوطن باكيئ يالابلومبوك الشرقية

Hadi, Syamsul (2009) فعّالية استخدام بطاقات الأسئلة والأجوبة في تعليم القراءة: بالتطبيق علي المدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة الوطن باكيئ يالابلومبوك الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan siswa dalam membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Aktivitas membaca pada hakikatnya bukan sekadar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks dengan baik, tetapi merupakan aktivitas yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek kecakapan berbahasa lainnya dari seorang pembaca (siswa) untuk dapat memahami teks dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut, dalam proses pembelajaran membaca para siswa perlu dibekali dengan strategi atau teknik membaca yang tepat yang dapat memudahkan mereka dalam memahami teks.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media Kartu Tanya Jawab dalam mengembangkan keterampilan siswa membaca teks bahasa Arab pada aspek pemahaman yang meliputi; pemahaman informasi dalam teks (isi teks) dan pemahaman ide/pokok kalimat dalam paragraf. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest One Group dengan latar pembelajaran di kelas yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian yaitu, kelas VIII-A MTs. NW Bagik Nyala Lombok Timur dengan jumlah ٢٤ siswa.

Temuan penelitian ini bila dilihat dari hasil yang diperoleh pada aspek pemahaman membaca, yaitu; pemahaman terhadap isi teks (informasi rinci dan penggunaan kosakata) mengalami peningkatan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal siswa dengan rata-rata nilai ٦١،٢٥ dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata nilai ٨٥،٤٢ begitu juga pemahaman ide/pokok kalimat (menentukan ide pokok dan menyusun pertanyaan) mengalami peningkatan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal siswa dengan rata-rata nilai ٥٩،١٧ dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata nilai ٧٣،٣٣. Kemudian bila dilihat dari aspek kegiatan kelas, keterampilan para siswa dalam menggunakan teknik ini mengalami kemajuan cukup efektif dimana mereka telah terbiasa menggunakan "Kartu Tanya Jawab" dengan model membaca Interactive dalam kegiatan membaca.

Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes aspek pemahaman informasi dalam teks, menunjukkan hasil t-hitung (١٤, ٢٦٩) > t-tabel (٢>٠٦) pada p <٠>٠٥. Begitu juga hasil pada aspek pemahaman ide/pokok kalimat,
menunjukkan hasil t-hitung (٦،٥٤٩) > t-tabel (٢>٠٦) pada p <٠>٠٥. Artinya ada perbedaan cukup signifikan antara kemampuan memahami teks bacaan (isi informasi dan ide pokok kalimat) sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media "Kartu tanya jawab". Dengan demikian, bahwa penggunaan media Kartu tanya jawab efektif untuk mengembangkan keterampilan pemahaman membaca siswa. Sedangkan bila dilihat rata-rata nilai yang diperoleh dari kedua keterampilan tersebut, keterampilan pemahaman isi (informasi teks) lebih tinggi (efektif) dibandingkan dengan keterampilan pemahaman ide/pokok kalimat.

Berdasarkan dari hasil penelitian ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media yang dipakai peneliti dalam ranah pengajaran maharah qiroah (keterampilan membaca bahasa Arab) atau keterampilan yang lain seperti maharah kitabah (menulis), maharah kalam (berbicara), dan maharah istima' (mendengar), atau dengan menggunakan media yang lain.

ABSTRACT

Reading skill is one of language skill that needs to be improved and developed. Actually, reading activity is not merely pronouncing sound symbols in the text; it is also a complex skill that engages various aspects of skill that reader (student) has to comprehend the text as well. To reach that purpose, the reading teaching process also necessitates students to be supported by suitable reading strategy and technique that make them easy to comprehend the text.

The research aimed at knowing the effectiveness of Question and Answer Cards technique application in improving and developing students’ reading skill that comprises comprehension of text information (content) as well as comprehension of main ideas in each paragraph. Based on that purpose, it is expected that the result of this research becomes an alternative model potentially exercised for teaching Arabic reading skill. This research is experiment research. This research developed Pre-Test and Post-Test One Group design with reading teaching of forty students of Class VIII-A, MTs NW Bagik Nyala Lombok Timur, as its research sample.

The result of this research (from reading comprehension aspect) is that students’ comprehension of text developed significantly. This increase is manifest in the average score of students’ first competence ٦١،٢٥ that increased to the average score of ٨٥،٤٢ in the end of teaching activity. The similar case also appeared for comprehension of sentences’ main ideas (determining the main ideas and arranging questions): the average score of ٥٩،١٧ in the students’ first competence increased to be ٧٣،٣٣ in the end of teaching activity. From the aspect of class activity, students’ skill in exercising this technique also increased effectively. Students were familiar to apply Question and Answer Cards through Interactive model of reading in their reading activity.

Based on the statistic test of pre-test and post-test results it showed that the t-count result (١٤،٢٦٩) > t-table (٢>٠٦) at p <٠>٠٥. So does the result of pre- test and post test for comprehension aspect (the main idea): that the t-count result (٦،٥٤٩) > t-table (٢>٠٦) at p <٠>٠٥. It means that there was significant difference between students’ reading competence (information content and main ideas of the text) before and after the application of Question and Answer Cards. The application of “Question and Answer Cards” had effective and significant influence in developing students’ reading skill.

While from the aspect of average result students obtained from both kinds of reading skill, it showed that students’ competence in comprehension of the text content (text information) was more effective than their competence in comprehension of main ideas.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Shaikhoun Mohamed, Mohamed
Keywords: تعليم مهارة القراءة; بطاقات الأسئلة والأجوبة; Pengajaran Membaca; Kartu Tanya Jawab; Reading Teaching; Question; Answer Cards
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 09:20
Last Modified: 29 Mar 2017 09:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item View Item