تنمية تعليم مهارة القراءة باستخدام طريقة القراءة: بحث إجرائي صفي في مدرسة دار العلوم المتوسطة الاسلامية بجو مبانج-جاوا الشرقية

Yahya Ashari, Mohammad (2009) تنمية تعليم مهارة القراءة باستخدام طريقة القراءة: بحث إجرائي صفي في مدرسة دار العلوم المتوسطة الاسلامية بجو مبانج-جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ketrampilan membaca merupakan salah satu dari ketiga ketrampilan dasar , seperti ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara dan ketrampilan menulis, yang harus dikuasai oleh para siswa pada saat membelajari bahasa asing. Ketrampilan membaca merupakan ketrampilan yang urgen karena siswa yang kompeten dalam ketrampilan ini mampu menguak warisan budaya yang tertulis dalam teks-teks klasik dan mampu menganalisa perkembangan ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan kemajuan pengetahuan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Seorang siswa yang kompeten dalam ketrampilan membaca akan mampu memahami teks bacaan dengan baik, namun ada beberapa siswa yang mampu membaca Al- Qur’an dengan baik tidak mampu memahaminya. Hal ini menunjukkan bahwa antara ketrampilan membaca dan pemahaman terdapat suatu titik temu, sehingga ketrampilan membaca merupakan tujuan yang sentra dalam pelajaran Bahasa Arab di madrasah-madrasah. Dengan demikian, Para guru dituntut untuk mampu menerapkan berbagai farian metode pengajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan meresap di benak para siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode membaca untuk meningkatkan kompetensi ketrampilan membaca bagi siswa, meningkatkan prestasi belajar dan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan langkah- langkah yang tepat di MTs ‘Darul Ulum’ Jombang.

Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Peneliti membagi penelitian ini menjadi dua daur dan setiap daur meliputi empat langkah : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa madrasah yang berjumlah 196 siswa tahun pelajaran 2008/2009 dan 65 siswa kelas 2 - A dan kelas 2 - B menjadi sampel dalam penelitian tersebut. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan : (1) Pengamatan, (2) Angket, (3) Dokumentasi, dan (4) Wawancara.

Hasil penelitian tersebut adalah (1) metode membaca sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pengajaran membaca terutama dalam memahami kosa kata dan ungkapan dan memperbaiki pengajaran di MTs Darul Ulum Jombang dengan bukti bahwa nilai rata-rata siswa dalam tes pemahaman kosa kata dan ungkapan adalah 68,38. (2) metode membaca sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pengajaran membaca terutama dalam memahami kalimat dan alinea, memperbaiki pengajaran dan merangsang semangat belajar, partisipasi dan prestasi siswa di MTs Darul Ulum Jombang dengan bukti bahwa nilai rata-rata siswa dalam tes pemahaman kalimat dan alinea adalah 81,37.

ABSTRACT

Reading skill is a basic skill of the three skills, listening skill, conversation skill and writting skill, which have to be mastered by students in learning foreign language. Reading skill is an urgent skill, the student who has competent in this skill will be able to open the written culture inheritances in classic context and will be able to analyze the scientific development of science and technology in a whole human life. A student who has competent in reading skill will be understood the text well. And there are students will be able to read the holly Qur’an, but they can’t fathom a meaning. It shows that between reading skill and comprehension there is a meeting point. And then, the reading skill is a main purpose in learning Arabic at secondary islamic schools. So, the teachers were prosecuted in applying the various teaching method. Finally, the teaching becomes better and soaks into the student mind.

The research intents on knowing how to apply of reading method to upgrade the competenceof student’s reading skill, to upgrade achievement and to improve the learning process which is matching to the exact steps in MTs ‘DarulUlum’ Jombang.

The researcher used qualitative method by applying the case study research. He divided it into two cycles and in each cycle was enclosed four steps : planning, measuring, observation and reflection. The population of it was 196 students at MTs ‘Darul Ulum’ Jombang school year 2008/2009. The sample of it was 65 student in the VIII class of A and VIII class of B. And the data collection method in it was : (1) Observation, (2) Questionnaire, (3) Documentation, (4) Interview.

The result of the research were : (1) Reading method is an effective method for upgrading the learning of reading skill, especially in knowing about vocabularies and idiom. It was effectively for upgrading the learning process at MTs Darul Ulum Jombang and demonstrably by the equal class value that was 68,38. (2) Reading method is an effective method for upgrading the learning of reading skill, especially in knowing about sentence and paragraph, upgrading the learning process, raising the students spirit of learning, their participation and their performance at MTs Darul Ulum Jombang and demonstrably by the equal class value that was 81,37.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Masqon, Dihyatun and Muhammad Bakheet Ahmad, Bakry
Keywords: مهارة القراءة; طريقة القراءة; Ketrampilan Membaca; Metode Membaca; Reading Skill; Reding Method
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:20
Last Modified: 29 Mar 2017 04:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item View Item