Styawan, Achmad Yusuf Bagus (2023) Manajemen kurikulum program Takhassus Center untuk peningkatan kompetensi keagamaan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
210106220003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk individu yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan global. Pendidikan Islam, khususnya melalui madrasah, memiliki tanggung jawab khusus dalam mengembangkan aspek keagamaan peserta didik. Kepemimpinan yang efektif dalam lembaga pendidikan menjadi kunci untuk mencapai tujuan tersebut..
Merujuk pada fenomena yang telah dijelaskan, maka diperlukan kajian lebih mendalam, sebagai berikut: 1) Perencanaan Kurikulum Program Takhassus Center Untuk Peningkatan Kompetensi Keagamaan Peserta Didik. 2) Pelaksanaan Kurikulum Program Takhassus Center Untuk Peningkatan Kompetensi Keagamaan Peserta Didik. 3) Evaluasi Kurikulum Program Takhassus Center Untuk Peningkatan Kompetensi Keagamaan Peserta Didik.
Untuk menggali data dan menggambarkan secara jelas, maka digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan melalui tiga prosedur, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah diperoleh kemudian cek keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Temuan dan analisis penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan manajemen kurikulum program takhassus center untuk peningkatan kompetensi keagamaan peserta didik ini merupakan program takhassus ini menekankan pada kolaborasi dan partisipasi aktif semua pihak terkait, serta menetapkan tujuan yang jelas, indikator keberhasilan yang terukur, dan jadwal yang terstruktur untuk mencapai hasil yang optimal dalam pelaksanaan program takhassus di Madadrasah. 2) Pelaksanaan manajemen kurikulum program takhassus center untuk peningkatan kompetensi keagamaan peserta didik sudah dilakukan secara baik dan maksimal, pelaksanaan program takhassus ini menunjukkan upaya serius dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendalam dalam pengembangan kompetensi keagamaan peserta didik dengan integrasi metode, waktu yang terjadwal, dan pendampingan oleh tenaga pengajar yang kompeten merupakan faktor kunci dalam keberhasilan program ini. 3) Evaluasi manajemen kurikulum program takhassus center untuk peningkatan kompetensi keagamaan peserta didik yang sudah terstruktur pada setiap program juga menjadi landasan untuk perbaikan dan peningkatan kegiatan pembelajaran seputar kepesantrenan telah berhasil secara efektif karena program takhassus Center secara holistik memperhatikan aspek hafalan, pemahaman kitab kuning, dan praktik ibadah. Pendekatan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang kemajuan dan keberhasilan peserta didik dalam meningkatkan kompetensi keagamaan mereka. Evaluasi yang terstruktur pada setiap program juga menjadi landasan untuk perbaikan dan peningkatan kegiatan pembelajaran di masa mendatang.
ABSTRACT
Education has a central role in forming qualified individuals who are ready to face global challenges. Islamic education, especially through madrasas, has a special responsibility in developing the religious aspects of students. Effective leadership in educational institutions is the key to achieving these goals.
Referring to the phenomenon that has been explained, a more in-depth study is needed, as follows: 1) Takhassus Center Program Curriculum Planning for Increasing Students' Religious Competence. 2) Implementation of the Takhassus Center Program Curriculum to Improve Students' Religious Competence. 3) Evaluation of the Takhassus Center Program Curriculum to Improve Students' Religious Competence.
To explore the data and describe it clearly, a qualitative approach was used with a case study type of research. Data collection was carried out using interview, observation and documentation techniques. As well as data analysis techniques used through three procedures, including data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The data that has been obtained is then checked for the validity of the data using source triangulation and technical triangulation.
The results of the research findings and analysis show that 1) The curriculum management planning of the Takhassus Center program to improve students' religious competence is that this Takhassus program emphasizes collaboration and active participation of all related parties, as well as setting clear goals, measurable success indicators, and a schedule structured to achieve optimal results in implementing the takhassus program in Madadrasah. 2) The implementation of the takhassus center program curriculum management to increase students' religious competence has been carried out well and maximally, the implementation of this takhassus program shows serious efforts in creating an in-depth educational environment in developing students' religious competence with the integration of methods, scheduled times, and mentoring by competent teaching staff is a key factor in the success of this program. 3) Evaluation of the curriculum management of the Takhassus Center program to increase students' religious competence which has been structured in each program has also become the basis for improving and enhancing learning activities around Islamic boarding schools which have been successful effectively because the Takhassus Center program holistically pays attention to aspects of memorization, understanding of the Yellow Book, and practice of worship. This approach provides a comprehensive picture of students' progress and success in improving their religious competence. Structured evaluation of each program also becomes the basis for improving and improving learning activities in the future.
مستخلص البحث
للتعليم دور مركزي في تكوين أفراد مؤهلين ومستعدين لمواجهة التحديات العالمية. تقع على عاتق التربية الإسلامية، وخاصة من خلال المدرسة، مسؤولية خاصة في تنمية الجوانب الدينية لدى الطلاب. القيادة الفعالة في المؤسسات التعليمية هي المفتاح لتحقيق هذه الأهداف.
نظراً للظاهرة التي تم شرحها فإن الأمر يحتاج إلى دراسة أكثر تعمقاً، كما يلي: 1) تخطيط المنهج البرنامج مركز التخصص لدفع الكفاءة الدينية للطلاب. 2) تطبيق المنهج البرنامج مركز التخصص لتحسين الكفاءة الدينية للطلاب. 3) تقييم المنهج البرنامج مركز التخصص لتحسين الكفاءة الدينية للطلاب.
نتائج و تحليل البحث يدلّ على 1) أن تخطيط إدارة المنهج البرنامج مركز التخصص لدفع الكفاءة الدينية للطلاب هو برنامج التخصص يؤكد على التعاون والمشاركة الفعالة لجميع الأطراف، و وضع أهداف الواضحة و مؤشرات النجاح القابلة للقياس، وجدول منظم لتحقيق النتائج المثلى في التطبيق البرنامج التخصص في المدرسة. 2) التطبيق إدارة المنهج البرنامج مركز التخصص لدفع الكفاءة الدينية للطلاب بشكل جيد وأقصى حد، ويظهر تنفيذ برنامج التخصص هذا جهودًا في خلق بيئة التعليمية المتعمقة في تطوير الكفاءة الدينية للطلاب مع دمج الأساليب والأوقات المقررة والمرافقة من المعلمون الأكفاء عاملاً رئيسياً في نجاح هذا البرنامج. 3) تقييم إدارة المنهج البرنامج مركز التخصص لدفع الكفاءة الدينية للطلاب التي تم تنظيمها في كل برنامج أيضًا أساسًا لتحسين وزيادة أنشطة التعلم حول المدارس الداخلية الإسلامية التي حققت نجاحًا فعالًا لأن برنامج مركز التخصص يدفع بشكل كلي الاهتمام بجوانب الحفظ، وفهم الكتاب، وممارسة العبادة. يقدم هذا المنهج صورة شاملة عن تقدم الطلاب ونجاحهم في تحسين كفاءتهم الدينية. يصبح التقييم المنظم لكل برنامج الأساس لتحسين ودفع أنشطة التعلم في المستقبل أيضًا
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Tharaba, M. Fahim and Yaqien, Nurul |
Keywords: | Manajemen Kurikulum, Program Takhassus, Kompetensi Keagamaan; Curriculum Management, Takhassus Program, Religious Competency; دارة المنهج، برنامج التخصص، الكفاءة الدينية الكلمات المفتاحية |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Achmad Yusuf Bagus Styawan |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 09:58 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 09:58 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/60561 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |