استخدام بطاقة الكلمات في تعليم مهارة الكتابة: بحث إجرائي صفي في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية جومبانج جاوا الشرقية

Junaidi, Didik (2009) استخدام بطاقة الكلمات في تعليم مهارة الكتابة: بحث إجرائي صفي في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية جومبانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Menulis merupakan aktifitas yang sangat rumit, karena dalam kegiatan menulis ini pembelajar dituntut untuk mampu menulis dengan benar dan mampu mengungkapkan pikiran dengan jelas dan teliti. Ketrampilan menulis dianggap sebagai ketrampilan berbahasa yang komplek karena menuntut banyak perasaan untuk bekerja. Maka tangan bekerja, mata mengikutinya, akal mengontrol dan mengatur. Oleh karena itu, maka pengajaran ketrampilan menulis ini dilakukan diakhir semua ketrampilan berbahasa. Penelitian ini memfokuskan pada peningkatan ketrampilan menulis dengan menggunakan media pengajaran yang lebih menarik, dalam hal ini dengan menggunakan kartu kata. Karena dengan kartu kata ini, siswa dapat memahami makna kata, ungkapan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan membuat kalimat bahasa Arab dengan benar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan menulis bahasa Arab dengan menggunakan kartu kata, Ketrampilan menulis yang dimaksud terdiri dari ketepatan penggunaan Qowaid, Struktur Kalimat dan Kosa kata.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari empat langkah, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (action), Pengamatan (observation) , dan Refleksi (reflection) yang dilaksanakan selama dua siklus. Populasi dari penelitian ini meliputi guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Megaluh Jombang, Tahun Pelajaran 2008-2009. Dan instumen penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan kartu kata dalam pengajaran ketrampilan menulis dapat meningkatkan: (1) kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa Arab dengan benar, (2) minat siswa untuk belajar bahasa Arab, (3) prestasi siswa dalam pelajaran bahasa Arab, dan (4) motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab serta mengurangi perasaan takut untuk belajar bahasa Arab di kelas.

Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini terhadap media pembelajaran lain dalam pengajaran bahasa Arab serta mengembangkan penggunaan media pembelajaran ini dengan tema yang lain.

ABSTRACT

Writing is a very complicated activity, because in this activity, a learner must not only be able to express his/her ideas clearly but also be able to use precise grammar as well. Writing tasks is also considered as complex tasks since there are many activities involved in it.. This research focuses on how to develop writing skills using word cards. By using these cards students will be able to understand the meaning of words and expressions, before starting making sentences in Arabic.

The goal of this research is to develop the writing skills using word cards, with the focus on developing students’ competence in grammars, developing students’ competence in utilizing structures, and developing students’ understanding of the meaning of words and expressions.

The methods used in this research is classroom action research consisting four steps of actions, namely planning, acting, observing, snd reflecting that is done in two cycles. The objects of this research are students and teachers of Arabic in State Islamic Junior High School (MTsN) Megaluh Jombang in academic year 2008-2009. The instruments used including observation sheet, interview guide, questionnaire, and test.

The result of this research shows that the use of word cards in teaching writing skills can increase: (1) students’ competence in making good and correct sentences in Arabic, (2) students’ interest in learning Arabic, (3) students’ achievement in learning Arabic, and (4) students’ motivation in learning Arabic and at the same time decrease the students’ fear in learning Arabic in the classroom.

For the next researcher expected to develop this research with the other media in teaching Arabic. And also develop the teaching and learning by using media in the other themes.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: بطاقة الكلمات; تعليم مهارة الكتابة; Kartu Kata; Pengajaran Ketrampilan Menulis; Word Cards; Teaching Writing Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:20
Last Modified: 29 Mar 2017 04:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item