استخدام مختبر اللغة لتنمية مهارة القراءة: بحث إجرائي صفي في المدرسة المتوسطة الاسلامية الأهلية الفلاح بانغكلان

Askin, Askin (2009) استخدام مختبر اللغة لتنمية مهارة القراءة: بحث إجرائي صفي في المدرسة المتوسطة الاسلامية الأهلية الفلاح بانغكلان. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Madrasah Tsanawiyah swasta al-Falah adalah salah satu dari banyak madrasah yang mempunyai lab. Bahasa, akan tetapi kebanyakan dari para siswa tersebut tidak bisa membaca dengan baik terutama dari segi ketepatan pelafalan bunyi (huruf), ketepatan dalam pengucapan bunyi (huruf) yang berdekatan (misalnya: ba', ta', tsa' .. dst), padahal membaca itu merupakan salah satu bagian yang penting dalam berbahasa.

Sebagian besar para siswa di Madrasah Tsanawiyah swasta al-Falah Bangkalan tersebut merasa malu dan takut untuk membaca materi bahasa arab di kelas atau di depan guru mereka, barangkali mereka merasa kesulitan dikarenakan dua masalah (malu dan takut), untuk mempermudah dan membuat mereka senang membaca peneliti menggunakan lab. Bahasa sebagai sarana yang mereka senangi. Karena membaca itu sangat penting bagi para pelajar sebagaimana pendapat Ahmad Madzkur, bahwa, "Membaca itu membantu para siswa untuk memperoleh berbagai pengetahuan dan memotivasi mereka untuk senang menulis yang baik. Dengan membaca, dapat menambah pengetahuan para siswa mengenai berbagai kalimat, jumlah dan ungkapan yang digunakan dalam tutur kata dan tulisan.

Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti berinisiatif melakukan penelitian ilmiyah di Madasah Tsanawiyah swasta al-falah Bangkalan sekitar penggunaan lab. Bahasa untuk meningkatkan kemahiran membaca. Dalam penelitian ini, peneliti membatasi hanya pada penggunaan lab. Bahasa untuk meningkatkan kemahiran membaca. Dan penelitian itu diaplikasikan dengan Penelitian Tindakan Kelas di kelas satu Madrasah Tsanawiyah swasta Al-falah Bangkalan.

Dan problematika penelitian ini adalah: " Sejauh mana peningkatan kemampuan para siswa dalam masalah kemahiran membaca di Madrasah Tsanawiyah swasta al-falah Bangkalan dengan menggunakan lab. Bahasa?". Problematika ini membutuhkan pertanyaan : " bagaimana memperbaiki proses pengajaran dengan menggunakan lab. Bahasa untuk meningkatkan kemahiran membaca para siswa di kelas satu Madrasah Tsanawiyah swasta al-falah Bangkalan ?

Teori penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi : (1) menyusun langkah-langkah pengajaran (2) Aplikasi (3) observasi (4) test dalam bentuk dua siklus. Adapun dalam pengumpulan data diperoleh dari kepala madrasah ,guru dan para siswa di Madrasah Tsanawiyah swasta Al-falah

Bangkalan tahun ajaran 2008-2009. adapun alat untuk pengumpulan data adalah : (1) praktik, (2) wawancara, (3) angket, (4) Test dan (5) data.

Adapun keberhasilan penelitian ini dirimuskan sebagai berikut : (1) Penggunaan laboratorium bahasa dalam pengajaran bahasa arab dapat meningkatkan kemampuan para siswa dalam kemahiran membaca. (2) Penggunaan laboratorium bahasa dalam pengajaran bahasa arab dapat meningkatkan keberanian para siswa dalam membaca materi bahasa arab (3) Penggunaan laboratorium bahasa dalam pengajaran bahasa arab dapat meningkatkan kemampuan para siswa untuk membedakan huruf-huruf yang serupa dan mampu membedakan harakat yang pendek dan panjang.

ABSTRACT

“Al-Falah” private Islamic Junior High School (MTs) is one of the many Islamic high schools owning language laboratory. Contrary with these facts, their students’ reading skills is relatively low especially in the aspect of pronunciation, especially the pronunciation of neighbouring alphabets (as: ba’, ta’, tsa’ … etc.). We know that reading skills is one of the important language skills.

Most of the students of “Al-Falah” private Islamic Junior High School (MTs) Bangkalan seem shy and afraid to read Arabic text in front of the class and in front of their teachers, may be the problem is feeling shy and afraid to do it. To make them like reading activity, the researcher uses the language laboratory. Reading skills is important skill for learners as Ahmad Madzkur stated, “Reading helps students increase their knowledge and at the same time motivate them to write well. By reading, the students can increase their knowledge about sentences and expressions used in conversation and writing.”

Based on the above problems, the researcher initiates a research in “Al-Falah” private Islamic Junior High School (MTs) Bangkalan on the use of language laboratory to develop students’ reading skills. In this research, the researcher focuses only on the use of language laboratory to develop reading skills. The research is done in the first year students of “Al-Falah” private Islamic Junior High School (MTs) Bangkalan.

The research question is: “How far can we increase the reading skills of the students of “Al-Falah” private Islamic Junior High School (MTs) Bangkalan by utilizing language laboratory?” This research question entail another question: “How can we make the teaching process better by utilizing language laboratory in order to increase the reading skills of the first year students of “Al-Falah” private Islamic Junior High School (MTs) Bangkalan?

The method used in this research is classroom action research consisting four activities: (1) planning the steps of the lesson, (2) acting, (3) observing, (4) testing that is done in two cycles. The data for this research are obtained from the headmaster, teachers, and students of “Al-Falah” private Islamic Junior High School (MTs) Bangkalan in academic year 2008-2009. The instruments used including practice, interview guide, questionnaire, test, and data.

The result of this research shows that: (1) the use of language laboratory in the teaching Arabic can increase the students’ reading skills, (2) the use of language laboratory in the teaching Arabic can increase the students’ courage in reading Arabic texts, (3) the use of language laboratory in the teaching Arabic can increase the students’ competence in differentiating the similar alphabets and the long and short harakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syuhadak, Syuhadak and Syaihoun Mohammed, Mohamed
Keywords: مختبر اللغة; مهارة القراءة; Lab. Bahasa ; Kemahiran Membaca; Language Laboratory; Reading Skills
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:21
Last Modified: 29 Mar 2017 04:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item