Zaini, Ahmad (2009) فعّالية استخدام الحاسوب في تعليم مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة إتحاد الأمة المتوسطة الإسلامية بمتارام. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07930005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Media Pengajaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena eksistensinya mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam upaya membangkitkan dan memusatkan perhatian para siswa pada pelajaran, menambah pengalaman belajar dan meningkatkan motivasi mereka sekaligus menjadikan mereka betul-betul siap menerima pelajaran.
Dalam era teknologi dan informasi seperti sekarang ini, sudah saatnya dan sepantasnya kita mampu memanfaatkan ketersediaan peralatan-peralatan modern yang ada di tengah-tengah kita seperti komputer untuk menciptakan proses dan hasil pembelajaran yang lebih berkualitas.
Pengajaran Bahasa Arab di MTs Ittihadil Ummah Mataram - menurut pengamatan peneliti - masih belum berjalan dengan efektif karena masih dijumpainya beberepa persoalan penting, diantaranya, minimnya siswa yang memiliki buku pelajaran. Sejalan dengan itu guru menjadi lebih banyak menghabiskan waktu pelajaran yang tersedia untuk mencatat materi pelajaran yang pada akhirnya para siswa merasa bosan, malas dan kurang antusias dalam menerima pelajaran.
Oleh karena itu, menghadapi permasalahan-permasalahan serupa, maka menjadi suatu keniscayaan bagi guru untuk dapat menuangkan inovasi dan kreativitasnya guna menciptakan dan mendesain strategi pengajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan, salah satunya melalui penggunaan komputer sebagai media pengajaran.
Rumusan Masalah : "Sejauhmana efektivitas penggunaan media komputer dalam pengajaran kemahiran berbicara di MTs Ittihadil Ummah Mataram?".
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan berlangsung dua siklus. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs Ittihadil Ummah Mataram dengan sampel siswa kelas 2 Tahun Pelajaran 2008-2009. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, serta tes kecakapan berbicara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer sebagai media pengajaran terbukti efektif meningkatkan kecakapan berbicara siswa kelas dua MTs Ittihadil Ummah Mataram dengan melihat kenyataan meningkatnya motivasi belajar para siswa yang pada akhirnya berefek pada meningkatnya kemampuan
berbicara mereka. Kemampuan dan kecakapan siswa dalam berbicara meningkat sebagaimana yang bisa kita lihat pada Tabel VII. Dalam tabel ini menunjukkan hasil tes lisan seluruh siswa yang lebih tinggi dari Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKM) dalam bidang studi bahasa Arab. Bukti ini menunjukkan bahwa semua siswa telah berhasil dalam pembelajaran kecakapan berbicara.
ABSTRACT
Teaching Aids is very important aspect in learning and teaching process, because its can give very big influence in awakening and make students give their all mind to the lesson, adding learning experience, improve their motivation, and make them really ready to accept the lesson
In the technological and information era like this time, we must to exploit the modern equipments like computer to create the result and process of study more quality.
According to researcher’s observation, the arabic teaching in Islamic Junior High School (MTs) Ittihadil Ummah Mataram is not yet effective because there is some important problems like student don't have Arabic language handsbook (textbook) which enough. Consequently, the teacher become more passing the time of learning and teaching to noting lesson items which is on finally they feel boring, lazy and less enthusiastic in accepting the lesson.
Therefore, to solve the problems like this, teachers have to create a creative ideas and innovation to create and design a more interesting instruction strategy so that can make teacing and learning process more effective, one of them is using computer as instruction media
The Problem statement of this research is "How far the effectiveness of the application of Computer in increasing the speaking Arabic skill (Classroom Action Research in MTs Ittihadil Ummah Mataram)?".
This research used Classroom Action Research (CAR) that consists of four steps: planning, action, observation and reflection. The instruments for this research were researcher him self, observation schedule, interview, and test (Oral or speaking skill tes).
The Result of research indicate that using computer as an instruction media was proven effectivelly to improve the speaking skill of Students at second class in MTs Ittihadil Ummah Mataram with the facts the increasing of students learning motivation which is on finally have effect to increase their ability on conversation or speaking. The increasing of their speaking ability can we see at
Tables of VII. In this tables we can see that the result of oral tes is higher than Learning Standard To minimize (SKM) in Arab language. This Evidence indicate that all student have succeeded in speaking skill study.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hiwayatullah, Ahmad Saeed and Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الحاسوب; تعليم مهارة الكلام; Komputer; Kecakapan berbicara; Computer; Speaking Skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 11:21 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 09:43 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6052 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |