Supriyanto, Supriyanto (2009) استخدام برنامج سويش ماكس الحاسوبي لتعليم مهارة الكلام ( بحث تطويري في مدرسة واحد هاشم الابتدائية الثالثة داو - مالانج ). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07910027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penulisan tesis ini membahas tentang pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan program komputer SWISHmax yang dikhususkan pada pengajaran keterampilan berbicara. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyyah Wahid Hasyim III Dau – Malang yang terletak di antara kota Malang dan Batu. Madrasah ini berada di bawah naungan Yayasan Islam Miftachul Ulum yang kondisi lingkungannya berbasis pondok pesantren sehingga dimungkinkan semua siswa telah mengenal bahasa Arab. Akan tetapi di dalam pengajaran bahasa Arab, banyak siswa yang tidak menguasainya dengan baik dan benar khususnya dalam penguasaan keterampilan berbicara. Lemahnya kemampuan berbicara ini disebabkan karena tidak efektifnya media pengajaran yang digunakan oleh guru. Oleh sebab itu, peneliti berusaha untuk memecahkan masalah tersebut dengan merancang media yang lebih menarik dan menyenangkan yaitu program Komputer SWISHmax.
Berdasarkan keterangan di atas peneliti merumuskan dua rumusan masalah, yaitu: ( ) bagaimana Produksivitas Program komputer SWISHmax untuk pengajaran keterampilan berbicara yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyyah Wahid Hasyim III Dau - Malang, ( ) Sejauh mana keefektivitasan Program komputer SWISHmax untuk pengajaran keterampilan berbicara di Madrasah Ibtidaiyyah Wahid Hasyim III Dau - Malang.
Adapun tujuan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu: ( ) Produksivitas Program komputer SWISHmax untuk pengajaran keterampilan berbicara yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyyah Wahid Hasyim III Dau - Malang, ( ) Mengetahui keefektivitasan Program komputer SWISHmax untuk pengajaran keterampilan berbicara di Madrasah Ibtidaiyyah Wahid Hasyim III Dau - Malang.
Berlandaskan tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif, sedangkan jenis rancangannya adalah penelitian pengembangan karena metode penelitian yang digunakan menghasilkan media pengajaran dan mengujikannya di kelas. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang belajar di kelas lima di Madrasah Ibtidaiyyah Wahid Hasyim III Dau – Malang tahun ajaran, dengan jumlah siswa yang memiliki keterampilan berbahasa yang sama.
Sedangkan hasil penelitian ini adalah: ( ) Program pengajaran dengan menggunakan komputer untuk keterampilan berbicara yang terdiri dari; (a) Pendahuluan, (b) Judul, (c) Petunjuk oprasional program komputer SWISHmax,
(d) pembagian pelajaran yang terdiri dari pelajaran yang ke enam, pelajaran yang ke tujuh, pelajaran yang ke delapan; ( ) Hasil tes sebelum penggunaan komputer SWISHmax siswa kelas lima yang tercermin dalam keterampilan berbicara sederhana, penggunaan susunan kalimat yang shohih dan membedakan bunyi harokat panjang dan pendek menunjukkan nilai %, ini menunjukkan bahwa hasil nilai keterampilan berbicara mereka rendah (tertolak). Adapun setelah meraka diajarkan dengan menggunakan program komputer SWISHmax ada peningkatan yang signifikan dengan total nilai %, ini menunjukkan bahwa nilai mereka ada peningkatan (diterima). Hal ini menunjukkan bahwasannya program komputer SWISHmax untuk pengajaran keterampilan berbicara di Madrasah Wahid Hasyim III Dau – Malang efektif.
Pada ruang lingkup penelitian ini, peneliti menyampaikan usulan – usulan bagi peneliti selanjutnya, yaitu: ( ) Diharapkan penelitian ini dapat digeneralisasikan dalam penelitian yang lainnya dengan judul yang lain pula, subjek ataupun jenjang lain, contoh: tema tentang kitabah, subjek pada mahasiswa, ( ) Penelitian tentang korelasi pembelajaran berbasis komputer dengan teknik pembelajaran yang lainnya.
ABSTRACT
This thesis discuss about Arabic teaching using SWISHmax Computer Program specifically on speaking skill. This research is applied in Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau-Malang, between Malang and Batu city. This school is under Miftachul Ulum Islamic Institute. The basic condition of the environment there is from Islamic school so that it is possible all students have known Arabic language. Nonetheless, in Arabic teaching there are still many students can’t master it well, specifically on mastering speaking skill. This lack speaking skill is caused by the medium teaching used by the teacher is not effective. Therefore, the researcher tries to solve that problem by making the media which is more interesting and fun, that is SWISHmax Computer Program.
There are two objectives of this thesis; they are ( ) the productivity of SWISHmax Computer Program to Arabic skill teaching which is applied in Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau-Malang, ( ) to know the effectively
of SWISHmax Computer Program to Arabic skill teaching in Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau - Malang.
According to the objective of the thesis above, the researcher uses descriptive analysis. In the other hand for this research device type is development research because the result of the research method used is media teaching and it is examined in the class. The population in this research is all students in the fifth class in Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau-Malang, for about students who have the same speaking skill.
The result of this thesis are: ( ) Teaching program using computer on speaking skill consist of; (a) Introduction, (b) Title/discussion, (c) The operational guidance of SWISHmax Computer Program, (d) Divide study which is consist of the sixth, seventh and eighth study; ( ) The result test before using SWISHmax Computer in the fifth class shows %, it shows that their speaking skill score is still weak/ unsatiefied (denied). Besides, after they are taught SWISHmax Computer Program, their score rises into %, it shows that there is an increasing in their score (received). It shows that SWISHmax Computer Program to speaking skill teaching in Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau – Malang is
effective.
In this thesis, the researcher gives some suggestions for the next researcher; they are: ( ) It is hoped that this research generalized on the other research and the other discussion, subject or another class, such us writing topic and on the University, ( ) The research about learning correlation based on the computer using another technique.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhar, Nasaruddin Idris and Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | برنامج سويش ماكس الحاسوبي; تعليم مهارة الكلام; Program Komputer SWISHmax; Pengajaran; Keterampilan Berbicara; SWISHmax Computer Program; teaching; speaking skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2017 11:11 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 10:00 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6038 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |