فعالية استخدام بطاقة الوضية في ترقية مهارة الكتابة ( بالتطبيق على مدرسة الثنوية الاسلامية الحكومية الأولى تولونج أجونج )

Shofa Yulfina, Nunung (2009) فعالية استخدام بطاقة الوضية في ترقية مهارة الكتابة ( بالتطبيق على مدرسة الثنوية الاسلامية الحكومية الأولى تولونج أجونج ). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Menulis adalah salah satu kemampuan dasar yang mempunyai batasan sama baik dalam belajar bahasa ibu dan bahasa asing. Sedangkan kemampuan menulis salah satu ketrampilan dalam bahasa dimana aspek pikiran, struktur dan tulisan mempengaruhi kualitas isi dan penampilannya. Tujuan pengajaran menulis di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1 adalah siswa mampu menulis dengan baik dan benar. Akan tetapi siswa di sekolah ini tidak mempunyai kemampuan yang cukup untuk merealisasikan tujuan ini. Hal ini disebabkan karena semangat dalam belajar menulis rendah disamping tidak adanya media pembelajaran yang baik dan menarik. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang penggunaan flash card sebagai media pengajaran menulis.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1.Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan flash card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis bahasa Arab. 2.Mengetahui sejauhmana efektifitas pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan flash card dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa Madrasah Aliyah Tulungagung 1.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah experiment kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1 tahun ajaran 2008-2009 yang berjumlah 350 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB yang menjadi kelas experiment berjumlah 37 siswa dan siswa kelas XA yang menjadi kelas kontrol berjumlah 37 siswa. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, angket dan test.

Hasil analisa setelah peneliti melakukan proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan flash card dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1 terdapat perbedaan yang sangat jelas. Untuk mengetahui mengetahui tingkat perbedaan antara kemampuan siswa dalam menulis bahasa Arab adalah bahwa siswa yang mendapat nilai bagus di kelas kontrol sebesar 3% sedangkan di kelas experiment sebesar 62%, sehingga didapat perbedaan sebesar 59%.

Ditinjau dari kemampuan siswa kelas kontrol dan kelas experiment dalam skor post test pada kriteria baik sekali didapat kelas kontrol sebesar 0% sedangkan kelas experiment sebesar 38%. Dengan demikian berdasarkan kedua nilai skor tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas experiment sebesar 59% dan 38% pada skor pre test dan post test. Berdasarkan t-hitung sebesar
4,0919 pada taraf a0,05% dan 0,01% didapat nilai t-tabel dengan dk 72 yaitu sebesar 2,00 dan 2,660. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil hipotesa alternatif (Ha) diterima, sedangkan hasil hipotesa nihil (Ho) ditolak. Dari hasil penelitian ini maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Disamping itu peneliti berharap pada peneliti selanjutnya untuk membahas efektivitas penggunaan flash card dan mengembangkannya pada ketrampilan berbahasa lainnya selain menulis seperti menyimak, membaca dan berbicara.

ABSTRACT

Writing is one of the basic abilities which has the same limitation between teaching mother tongue and teaching foreign language. Writing skill is one of language skills where the thought and structure, as well as, the writing influence the quality of the content and the appearance that the students can write well is the purpose of the writing teaching at state Islamic senior high school of Tulungagung 1. But the student in this school do not have skill to realize this purpose. Because they do not have spirit to study, to write, and the teaching media in this school are not good and not interesting. So that this research talks about the use of flash card as the teaching medium in writing teaching.

The purpose of this research is to know: 1. Teaching implementation by using flash card in developing student’s skill in writing Arabic. 2. The effectivity of Arabic teaching by using flash card to developing student writing skill at state Islamic senior high school of Tulungagung 1.

This research uses the qualitative-experiment research, and chooses all of students in the tenth-year at state Islamic senior high school of Tulungagung 1 in 2008-2009 as the population which consist of 350 students. The samples of this research are the B-Class in the tenth year as the experiment class by choosing 37 students in it and the A-Class as the control class choosing 37 students in it also. This research uses observation, interview, questionnaire and test in collecting data.

According to the analysis of the researcher that there is a obvious difference in developing student students’ writing skill at state Islamic senior high school of Tulungagung 1. After teaching Arabic by using flash card to know the difference of the student's skill in writing Arabic is that the students who get good value in the control class reach 3%, mean while the student who get good value in the experiment class reach 62%, so that difference is 59%.

On the base of the skill of the control class and the skill of the experiment class in the score of the post test that the best criterion in the control class is 0%, mean while in the experiment class is 38%. So that, on the base of the two scores, there is a significant different between in the control class and in the experiment class which reaches 59% and 38% in the score of the pre test and post test. According to t-count that 4,0919 is the level 0,05% and 0,01% is found in t-table with degree of freedom 72 which reaches 2,00 and 2,660. So that the conclusion is that the alternative hypothesis (Ha) is accepted, mean while the result of the nihilistic hypothesis (Ho) is refused. From the result this research, it can be said that writing teaching by using flash card is effective in developing student's skill in writing. Besides, the researcher hope to the next researcher to develope the use of flash card in other skill beside writing, like listening, reading and speaking.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Syuhadak and Adam Mahmud Ibrahim, Faisal
Keywords: بطاقة الوضية; مهارة الكتابة; مدرسة الثنوية الاسلامية الحكومية الأولى تولونج أجونج; Flash Card; Kemampuan Menulis; Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1; Flash Card; Writing Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Mar 2017 04:11
Last Modified: 24 Mar 2017 04:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6029

Actions (login required)

View Item View Item