فعالية استخدام لوحة الجيوب في ترقية مهارة الكتابة ( بحث تجريبي في المدرسة الثنوية سوريا بوانا مالانج )

Rahmi, Novita (2009) فعالية استخدام لوحة الجيوب في ترقية مهارة الكتابة ( بحث تجريبي في المدرسة الثنوية سوريا بوانا مالانج ). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pengajaran bahasa arab telah berlangsung di seluruh Indonesia. Di sana di ajarkan empat kompetensi berbahasa, yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Tetapi sangat disayangkan, secara umum pengajaran bahasa arab belum mencapai tujuan yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam mencapai tujuan tersebut, diantaranya: kurikulum, metode dan media pengajaran, buku dan materi pelajaran, tujuan, potensi guru, latar belakang siswa, dan lain- lain.

Salah satu kompetensi berbahasa adalah menulis. Menulis adalah salah satu standar keberhasilan berbahasa Arab setelah kompetensi berbahasa yang lain. Menulis merupakan aplikasi dari kompetensi lainnya, dengan menulis ilmu-ilmu tersusun, kebudayaan tersebar, dan ilmu-ilmu berpindah dari generasi ke generasi.

Penelitian ini berlangsung di MTs Surya Buana Malang. Di sana ada beberapa masalah dalam pembelajaran kompetensi menulis, diantaranya: Guru bahasa arab belum menggunakan media pengajaran selain buku, papan tulis, spidol, dan penghapus, dan kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pembelajaran bahasa arab, siswa merasa bosan dan jenuh ketika mereka mengikuti pelajaran bahasa arab terlebih lagi pada pelajaran kompetensi menulis, ini akan berakibat kepada lemahnya kampuan siswa dalam bahasa arab.

Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitian pada salah satu media pengajaran, yaitu efektivitas penggunaan lauhat al-juyub dalam meningkatkan kompetensi menulis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek efektivitas penggunaan lauhat al-juyub dalam meningkatkan kompetensi menulis.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksperimen kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah para siswa MTs Surya Buana Malang tahun ajaran
2008/2009, dengan jumlah siswa 184 orang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah para siswa semester 2 kelas 2A dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas 2B dengan jumlah 23 orang di MTs Surya Buana Malang tahun ajaran 2008/2009. Adapun instrumen penelitian adalah observasi, angket, tes, dan wawancara. Proses analisis dalam penelitian ini diambil dari hasil tes siswa, pre-tes dan post-tes yang dilaksanakan di kelas control dan kelas eksperimen.

Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti melihat ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran kompetensi menulis dengan menggunakan lauhat al-juyub dan pembelajaran kompetensi menulis tanpa menggunakan lauhat al- juyub. Dengan media ini siswa mampu memahami materi kompetensi menulis dengan mudah sehingga mereka mendapat nilai yang bagus. Penggunaan lauhat al-juyub efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat,

paragrap, menyusun kata, dan menyampurnakan kalimat. Dapat diartikan bahwa penggunaan lauhat al-juyub efektif untuk meningkatkan kompetensi menulis siswa MTs Surya Buana Malang.

ABSTRACT

Arabic teaching has taken place in Indonesia. In Indonesia has touch four competences in language, there are listening, speaking, reading, and writing. But, generally arabic teaching still not yet getting the goal. There are some factors that influence the goal among, the curriculum, teaching aids, methods, the goal, background of students, subject matter, and etc.

One of language competences is writing. Writing is one of succeed standard Arabic teaching. after the others language competence. It is the application of the another competences, with writing of arrangement knowledges, spread of culture, and changing knowledge in one generation to generation.

The research goes on in MTs Surya Buana Malang. There are some problems in teaching writing competence, that are: Arabic teacher doesn’t use teaching aids except the books, white board, felt-tip marker, eraser of proclivity, lack of student attention in Arabic teaching, the students feel bored and surfeited when they take a class of Arabic teaching, even in writing, that is the cause of weak ability of students in Arabic language.

In this research, the researcher focused on one of teaching aids, is utilizing of pocket board to increase the writing competence.

The Research aim to obtain; know effective aspect from teach writing competence with the pocket board.

This research use descriptive experiment qualitative research, Population of this research cover student at MTs Surya Buana Malang, year 2008 / 2009, with 184 students. While sampel research is student in class 2A with 23 students and student in class 2B with 23 students in MTs Surya Buana Malang. As for research instrument is observation, test, inquiry, and interview.

The process analyze in this research taken from pre-test and post-test in control class and experiment class.

The result of experiment is researches get significant different from teach writing competence with the pocket board and teach writing competence without the pocket board. Student understood subject matter of writing competence be easy, therefore they get good grades for writing competence. And than using the pocket board to increase competence of students in writing the sentences, paragraph, arrange the words and to complete the sentences, it means that utilizing effectiveness pocket board to increase the writing competence in MTS Surya Buana Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Mohammed Bakheet Ahmed, Bakry
Keywords: لوحة الجيوب; مهارة الكتابة; Kompetensi Menulis; Pocket board; writing competence
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Mar 2017 04:11
Last Modified: 24 Mar 2017 04:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6025

Actions (login required)

View Item View Item