Rusdiana, Laili (2009) تعليم مهارة الكلام باستخدام كتاب "القراءة الرشيدة" (بحث تحريري في المدرسة الثنوية بمعهد الملتزم بموجم كرطا). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06910007.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa disamping kemahiran mendengar, membaca dan menulis. Bahkan, keterampilan berbicara merupakan standart kompetensi yang utama dalam pembelajaran bahasa Arab di tingkat MTs. Oleh karena itu, materi yang pertama diajarkan adalah materi kalam, kemudian diikuti dengan materi qawa’id, qiraah dan kitabah (insya’).
Atas dasar di atas, terdapat problem tentang kurangnya kemampuan siswa dalam berbicara yang disebabkan antara lain oleh minimnya motivasi siswa, minimnya buku-buku berbicara Arab sebagai pedoman, juga peran serta siswa yang rendah dalam aktivitas proses pembelajaran dalam kelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kerja siswa dalam pembelajaran berbicara, serta untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran kemahiran berbahasa arab dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif yang mencakup hasil kerja siswa dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah. Sementara desain penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) yang melakukan uji coba keberhasilan berbicara dengan dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah tersebut dengan menggunakan tes T untuk mengetahui efektivitas penggunaan kitab ini. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan angket.
Hasil penelitian ini adalah : (1) pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah dapat meningkatkan kemampuan pengucapan berbahasa arab, (2) pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah dapat meningkatkan kemampuan struktur berbahasa, (3) pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Arab, (4) pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah dapat meningkatkan kemampuan kelancaran berbahasa, dan (5) pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan kitab al-Qiraah al-Rasyidah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman bahasa Arab.
ABSTRACT
Speaking skill is one of four language skill that all students must master in teaching Arabic; in addition to listening, reading and writing. Speaking skill is even a main standard of competence for Arabic teaching in MTs. level. Therefore, the first subject must be taught is speaking (kalam), then structure (qawa’id), reading (qiraah) and then composition (insya’) respectively.
Concerning the cases above, there is some problem about the bare minimum of the student’s ability in cases of the least amount of motivation, the inadequate of speaking for Arabic book, the minimum amount of student’s roles in the teaching process in class. The function of this kind of research is to produce some knowledge about
usage al-Qiraah al-Rasyidah book in the Arabic speaking teaching and also it can produce some knowledge about effectiveness of teaching speaking skill by using al-Qiraah al-Rasyidah book.
The research which is used to analyses is quantitative and qualitative research which covers the student’s worksheet in speaking learning by using al- Qiraah al-Rasyidah book, while the research design is experiment research (Quasi Experiment) which is done by trying the quality of the speaking skill with this kind of book. And the methods to the data are observation method, interview method, test method, and questionnaire method.
The results of the research are: (1) the using of al-Qiraah al-Rasyidah book can improve the ability of pronunciation in speaking proficiency, (2) the using of al-Qiraah al-Rasyidah book can improve the ability of understand the structure in speaking proficiency, (3) the using of al-Qiraah al-Rasyidah book can improve the ability of understand the vocabularies in speaking proficiency, (4) the using of al- Qiraah al-Rasyidah book can improve the ability of the fluency in speaking proficiency, (5) the using of al-Qiraah al-Rasyidah book can improve the ability of comprehension in speaking proficiency
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syuhadak, Syuhadak and Lubis, Torkis | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Keterampilan Berbicara, Materi, Pengucapan, Struktur, Kosakata; Kelancaran; Pemahaman; Teaching Speaking Skill; Text; Pronunciation; Structure; Vocabulary; Fluency; Comprehension | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2017 19:32 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2017 19:32 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5937 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |