Mubarok, Jalaluddin (2016) Perancangan Pesantren Tahfidz di Kabupaten Nganjuk: Tema extending tradition. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12660069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan kebutuhan dunia pendidikan saat ini sudah mulai berkembang. Karena pendidikan adalah sebuah awal mula dari perkembangan peradaban manusia untuk mengenal dan mengerti apapun yang ada di dalam dunia ini. Terutama dengan adanya pendidikan awal dari Indonesia yang sudah lama ada. Pendidikan itu adalah pesantren.
Meninjau pentingnya pendidikan pesantren, dalam perkembangannya mulai dipilah menurut kebutuhannya. Terdapat pesantren dengan fokus salaf, dan pesantren khusus Al-Qur’an atau tahfidz. Namun pesantren qur’an yang ada saat ini masih kurang representatif. Salah satu faktor penyebabnya yakni dalam hal sulitnya menjaga, dan mengaplikasikan nilai al-Tahfidz, dikarenakan sebagian besar karena lingkungan sosial yang tidak mendukung.
Saat ini, perlunya sebuah pendidikan yang mengembangkan pendidikan pesantren tahfidz bagi usia setingkat SMP dan SMA. Pengembangan iini adalah pendidikan yang menerapkan sebuah tema Extending Tradition yang mensubstasikan nilai dan penerapan tahfidz Al-Qur’an. Tema ini dipilih untuk menghadirkan dan mengembangkan sebuah pesantren yang mengembangkan pesantren salafi dalam pesantren tahfidz yang akan dikembangkan tersebut.
Tema tersebut kemudian diturunkan sebagai nilai yang akan dikembangkan dan diterapkan pada perancangan pesantren. Konsep yang diambil dari penerapan tema yang dipilih diantaranya Tradisi Kebersamaan, tradisi keberlanjutan, dan tradisi bersosialisasi. Konsep tersebut yang kemudian masuk dalam sebuah perancangan yang sesuai dengan nilai Tahfidz dan nilai tradisi pesantren tersebut.
Perancangan ini berawal dari pencarian data dari survey lapangan, ditunjang juga dari al-Qur’an, hadits, internet dan buku. Data tersebut kemudian melalui proses analisis perancangan dengan 3 alternatif, kemudian dipilih satu dan selanjjutnya dibawa ke konsep perancangan yang menjadi dasar perancangan. Analisis perancangan hingga masuk kedalam konsep akan sesuai dengan tema yang dipilih.
Konsep yang kemudian diaplikasikan kedalam bangunan, mulai dari kebutuhan akan ruang publik, ruang bersama, dan ruang-ruang menghafal yang didesain sehingga mampu menghadirkan sebuah kebersamaan, keberlanjutan dan mampu untuk dapat bersosialisasi terhadap lingkungan, baik masyarakat maupun lingkungan alam diseitar tapak.
ENGLISH:
The development of the need world education today has begun to develop. It is because education is a beginning of the development of human civilization to recognize and understand about everything in this world, especially with the early education of Indonesia that has long existed. The education is known as Islamic boarding school.
Reviewing the importance of this Islamic boarding school education, in its development, it has been sorted based on their needs. There is a Islamic boarding school which focuses on Salaf, and Qur'an or tahfidz. However, the quran boarding school currently is still less representative. One of the contributing factors is the difficulty of maintaining and applying the value of al-tahfidz, due to most of the social environment that does not support.
Recently, the need for education that develops tahfidz boarding school education for junior and senior high school. This development is education which is applying a theme of Extending Tradition which comprises the value and application of tahfidz qur'an. This theme was chosen to present and develop a boarding school that develops the Islamic boarding school of salafi in tahfidz boarding school.
The theme is used as the value that will be developed and applied to the design of the Islamic boarding school. The concept of the theme is among tradition of togetherness, the tradition of continuity and tradition of socializing. The concept is appropriate with the tahfidz and the Islamic tradition values.
This design is begun from a finding of field surveys, also supported from the Qur’an, Hadith, internet and books. Then, the data is processed through the three alternatives, which is choosen one of them as the design concept of the base design. From the design analysis to the concept will be in accordance with the selected theme.
For the concept which is applied to the building is the need for public room, common room, and memorize room designed in order to create a unity, sustainability and be able to socialize on the environment, both society and the natural environment around the site.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mutiara, Elok and Setiyowati, Ernaning | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pesantren; tradisi; Tahfidz; Islamic boarding school; tradition; tahfidz | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Arsitektur | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2017 11:22 | |||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2017 11:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5882 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |