Rosyadi, M. Irfan (2007) Pengaruh pesan Iklan terhadap keputusan pembelian Kartu Prabayar Mentari: Survey pada Indosat Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
02220026.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mentari terus melakukan perkembangan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Konsumen menginginkan layanan lebih/ mereka menghendaki kartu prabayar yang terbukti dapat digunakan dimana saja dan kapan saja dengan tingkat mobilitas yang lebih leluasa serta dapat menjelajah dibanyak kota. Mentari memenuhi hal ini dan terbukti mempunyai jangkauan yang sangat luas baik nasional maupun international yaitu menjangkau lebih dari 132 negara yanga ada di berbagai belahan dunia. Akhir-akhir ini .mentari gencar memasarkan produknya dengan iklan melalui berbagai media massa antara lain media cetak/ media elektronik/ serta media luar ruangan. Hal ini dilakukan dengan tujuan merebut hati konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan iklan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar mentari. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner/ wawancara dan dokumentasi. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji ValiditaS/ ReliabiHtas, dan Uji Asumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel/ dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan (Xi), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan sumber Pesan (?Cl)/ secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar mentari (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 6/868 > F Tdbei 2/46 dengan nilai p sebesar 0,000 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,192 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 19,2%. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial Isi Pesan dan Sumber pesan mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat sedangkan Struktur pesan dan Format pesan tidak berpengaruh secara signifikan dengan perhitungan t hitung variabel Isi Pesan (X٦) sebesar 2/130 > t UM 1,980) Struktur Pesan (X2) memiliki t hitung -0/264 < t tabel 1/980/ Format Pesan (X3) memiliki t hitung 0/740 < t tabel 1,980) dan Sumber Pesan (X4) memiliki t hitung 3,207 > t tabel 1,980. variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel sumber pesan (X4), sebesar 16/64 %, kemudian Variabel isi pesan (Xi) sebesar 12/04%, Variabel format pesan (X3) sebesar 6/91% dan Variabel struktur pesan (X2) sebesar 5/29%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur |
Keywords: | Pesan Iklan; Keputusan Pembelian |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 09:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 09:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56821 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |