Fadhilah, Qurrotul (2005) Penerapan Strategi Pemasaran pada Perusahaan Maskapai Penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
01220095.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi pemasaran merupakan sarana untuk mengkomunikasikan tujuan perusahaan dengan arah yang hendak di tempuh untuk mencapai tujuan tersebut kepada para stakeholder atau pihak-pihak yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan. Maka jelas bahwa strategi pemasaran merupakan poin yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan jasa maupun non jasa agar tetap dapat tersaing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami dari penerapan strategi pemasaran pada perusahaan maskapai penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines Regior Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi/ wawancara dan dokumentasi. Sedang teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) yang dipadukan dengan IE Matrik untuk mengetahui posisi perusahaan.
Hasil penelitian diketahui bahwa PT. Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya menggunakan strategi tarif khusus dan tarif flexy. Pada analisa IE Matrik menunjukan posisi perusahaan pada tingkat pertumbuhan melalui integrasi horizontal. Artinya, pada posisi ini peiusahaan dapat melaksanakan perluasan pasar/ perbaikan fasilitas dan kualitas pelayanan dan juga merger dengan perusahaan lain dalam industri yang sama. Dari hasil analisa SWOT di peroleh beberapa alternatif strategi yaitu; a) strategi perluasan pangsa pasar, b) strategi efisiensi biaya, c) strategi peningkatan promosi/ d) strategi peningkatan daya saing perusahaan, e) strategi kebijakan harga bersaing dengan kompetitor yang disesuaikan dengan kondisi pasar, f) strategi peningkatan program reseach and developmen, dan g) peningkatan kualitas dan mutu pelayanan. Persaingan yang terjadi antar maskapai penerbangan sangat ketat sekali. Untuk itu sebaiknya PT. Merpati Nusantara Airlines menggunakan beberapa alternatif strategi diatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Suprayitno, Eko |
Keywords: | Strategi Pemasaran; Perusahaan Maskapai Penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 14:24 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 14:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56746 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |