Rica, Amiliya (2006) Analisis pengaruh Retail Marketing Mix terhadap keputusan pembelian di Swalayan Usaha Baru Wajak Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02220006.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia ritel, strategi pemasaran sangat penting karena hal ini berhubungan dengan keputusan pembelian seorang konsumen. Apalagi dengan adanya AFTA yang dimulai pada tahun 2003 dunia ritel Indonesia menghadapi realitas Global Retailing dimana peritel global dapata masuk ke Indonesia. Dengan demikian dunia ritel Indonesia menghadapi ttingkat persaingan yang cukup tinggi. Dan seiring dengan adanya modernitas perilaku pembelian konsumen juga mengalami perubahan sehingga strategi pemasaran ritel menjadi sangat penting untuk dapat menarik minat beli konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh retail marketing mix yang meliputi lokasi/ merchandise, pricing/harga, promosi/ atmosfer dalam gerai dan retail service terhadap keputusan pembelian di swalayan Usaha Baru Wajak Malang baik secara simultan maupun parsial. Alat analisis yang digunakan adalah rtgiesi linier berganda kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis melalui uji F dan uji ti
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwasanya Retail Marketing Mix mempunyai pengaruh yang signifikan hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.361 atau 36.1%. sedangkan berdasarkan uji F (simultan) diperoleh nilai FhHung 7.341 yang berarti lebih besar dari Ftabel (2.37) dengan demikian variabel Retail Marketing Mix secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di swalayan Usaha Baru Wajak Malang. Dan berdasarkan uji t (parsial) dapat diketahui bahwa variabel Retail Marketing Mix yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel X3 yaitu pricing/harga dengan nilai thitung 4.316 dan angka signifikansi .000 dan diantara variabel Retail Marketing Mix yang mempunyai pengaruh tidak nyata atau tidak signifikan adalah variabel X2 yaitu merchandise atau produk. Hal ini dibuktikan dengan angka signifikansi sebesar .154 atau nilai thiiung sebesar 1.448.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sajudinnoor, Sajudinnoor |
Keywords: | retail marketing mix; keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Adi Sucipto |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:12 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56479 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |