Moeloek, Muhammad Nauval (2023) Pengaruh perencanaan karir dan konsep diri terhadap kesiapan kerja pada Siswa Kelas XII Jurusan Perawat Sosial Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
19410166.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sekolah Menengah Kejuruan adalah bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan. Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk siap bekerja dalam bidang tertentu. Namun pada realitanya banyak lulusan SMK yang masih menganggur. Berdasarkan data statistik pada Biro Pusat Statistik (BPS) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Februari 2022 berjumlah 8,4 juta jiwa. Sebanyak sekitar 1.876.661 lulusan SMK berstatus pengangguran di Indonesia per Februari tahun 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat perencanaan karir pada siswa; (2) Tingkat konsep diri pada siswa; (3) Tingkat kesiapan kerja pada siswa; (4) Pengaruh perencanaan karir terhadap kesiapan kerja; (5) Pengaruh konsep diri terhadap kesiapan kerja dan (6) Pengaruh perencanaan karir dan konsep diri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Perawat Sosial SMKN 2 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh antar varibael bebas dan terikat. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Perawat Sosial SMKN 2 Malang dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 87 subjek. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner atau angket dengan skala likert. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk sedangkan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat variabel perencanaan karir, konsep diri dan kesiapan kerja siswa pada ketegori tinggi. Hasil analisa koefisien regresi antara perencanaan karir terhadap kesiapan kerja sebesar 0,431 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh positif antara perencanaan karir terhadap kesiapan kerja. Selanjutnya koefisien regresi antara konsep diri terhadap kesiapan kerja sebesar 0,556 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh positif antara konsep diri terhadap kesiapan kerja. Kemudian uji signifikansi F yang diperoleh sebesar 49.703 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh positif antara perencanaan karir dan konsep diri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan Perawat Sosial SMK Negeri 2 Malang. Nilai R2 (R square) sebesar 0,542 artinya persentase kontribusi antara konsep diri dan konsep diri terhadap kesiapan kerja adalah 54,2%.
ENGLISH:
Vocational High School is a form of formal education that organizes vocational education. Vocational education is education that prepares students to be ready to work in certain fields. However, in reality, many SMK graduates are still unemployed. Based on statistical data from the Central Bureau of Statistics the Open Unemployment Rate in Indonesia in February 2022 amounted to 8.4 million people. A total of around 1,876,661 vocational graduates with unemployed status in Indonesia as of February 2022.
This study aims to determine: (1) The level of career planning, the level of self-concept and the level of work readiness (2) The effect of career planning on work readiness; (3) The effect of self-concept on work readiness and (4) The effect of career planning and self-concept on work readiness of class XII students of the Department of Social Nursing SMKN 2 Malang.
This study uses a quantitative approach to the type of regression using multiple linear regression analysis to determine the effect of the independent and dependent variables. The population in this study were students of class XII Social Nursing Department of SMKN 2 Malang and the sampling technique used random sampling with a total sample of 87 subjects. The research instrument used was a questionnaire or questionnaire with a Likert scale. The validity of the instrument used construct validity while the instrument reliability test used the Alpha Cronbach formula. The data obtained were analyzed using descriptive statistics, normality test and hypothesis testing using multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 25.
The results showed that the regression coefficient between career planning and work readiness was 0.431 with a significance value of 0.001 < 0.05, which means that there is a positive influence between career planning and work readiness with a moderate level of relationship. Furthermore, the regression coefficient between self-concept and work readiness is 0.556 with a significance value of 0.000 < 0.05, which means that there is a positive influence between self- concept and work readiness with a moderate level of relationship. Then the F
significance test obtained was 49,703 with a significance value of 0.000 < 0.05 which indicates a positive influence between career planning and self-concept on work readiness of class XII students majoring in Social Nursing at SMK Negeri 2 Malang. The R2 (R square) value is 0.542, meaning that the percentage contribution between self-concept and self-efficacy on work readiness is 54.2%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Hawabi, Agus Iqbal |
Keywords: | perencanaan karir; konsep diri; kesiapan kerja |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Muhammad Nauval Moeloek |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 10:41 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 10:41 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/54751 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |